Mengenal Entok yang Potensial untuk dibudidayakan

Entok adalah sejenis burung atau hewan unggas yang mirip dengan bebek yang biasanya diternakkan hanya untuk diambil daging maupun telurnya. Ukuran badan entok agak besar dibanding dengan bebek, ukuran badan entok jantan bisa mencapai  86 cm dengan berat sekitar 3 kg, untuk entok betina memiliki ukuran badan 64 cm dengan berat sekitar 1,3 kg. Jika dijadikan hewan peliharaan berat entok bisa mencapi 7 kg untuk entok jantan dan 5 kg untuk entok betina.

19989801 1579931955413880 2093452924280428916 n 1 Harga Entok Dewasa Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 Harga Entok Dewasa Mengenal Entok yang Potensial untuk dibudidayakan
Entok salah satu unggas yang potensial untuk dibudidayakan

Warna kulit hewan ini dominan berwarna putih kehitaman, kaki berwarna kuning, paruh berwarna kuning, muka berwarna merah, mata berwarna hitam.

Mentok yang biasa hidup di Indonesia adalah jenis mentok rimba, hewan ini hidup sekitar semak-semak, entok juga dapat hidup di rawa-rawa, sungai, lahan pertanian dan pada malam hari.

Kebiasaan masyarakat yang memelihara entok hanya untuk di ambil dagingnya selain itu ternak entok biasa dimanfaatkan untuk mengerami ayam maupun itik lokal.

Jika dilihat dari segi makanannya, hewan ini tergolong hewan omnivora, hewan ini pemakan segalanya. Entok yang hidup liar biasanya memakan ikan kecil, biji-bijian. entok yang dipelihara biasanya diberi pakan seperti nasi bekas, ampas kelapa, ampas singkong, dedak maupun pur.

Entok sangat menyenangi tempat hidup yang dekat dengan air.
Entok sangat menyenangi tempat hidup yang dekat dengan air.

Biasanya entok betina memproduksi telur sebanyak 8-16 butir, setelah memproduksi telur entok akan mengerami telurnya kurang lebih selama 35 hari atau 2-3 minggu.  

Pada dasarnya anakan entok memilki sifat parocrial artinya lahir dengan mata terbuka dan bisa berenang. Setelah anakan entok menetas dari telurnya dan keluar dari cangkangnya mereka tidak pernah terpisah dari indukannya untuk mendapat kehangatan.

Anakan entok akan hidup bersama induknya selama 10-12 minggu untuk dapat hidup mandiri.

BACA JUGA:  Mengenal Pakan Entok untuk Menghasilkan Entok yang Berkualitas

Bagi anda yang ingin memulai usaha beternak Entok kami dari jualayahias.com menyediakan DOE atau Bibit Entok usia 4 – 7 hari yang siap kami kirimkan ke seluruh Wilayah Pulau Jawa.

Untuk keterangan seputar cara pemesanan, daftar hara, cara perawatan dan informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami sekarang di nomor berikut :

4.8/5 - (151 votes)

6 pemikiran pada “Mengenal Entok yang Potensial untuk dibudidayakan”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: