0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Jual Burung Merpati Kipas Indah dan Mekar

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jual Burung Merpati Kipas Indah dan Mekar

Merpati Kipas – Burung merpati salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia. Di Indonesia merpati sudah tidak asing lagi kita temui. Biasanya wilayah yang paling banyak kita temui burung merpati yaitu di pedesaan. Alasan mengapa di pedesaan banyak yang memelihara burung merpati yaitu di pedesaan masih banyak tempat atau ruang untuk burung merpati terbang dengan bebas, selain itu masih banyak terdapat pepohonan hijau yang bisa untuk bertengger.

Memelihara burung merpati bagi sebagian orang tidak hanya untuk di ikutkan lomba saja namun banyak juga dari sebagian orang memelihara burung merpati karena hobi dan ingin menikmati bulunya yang indah. Di Indonesia burung merpati sangat banyak jenisnya salah satunya yang cukup terkenal juga yaitu merpati kipas (fantail).

Burung merpati kipas ini di temukan di India pada tahun 1926. Keunikan dari merpati kipas ini yaitu bulu di bagian ekornya memiliki bentuk seperti kipas. Seringkali juga merpati kipas ini disebut merpati merak alasannya karena bila ekornya sedang mengembang sempurna, bentuknya mirip seperti ekor merak.

Perhatikan ekor burung merpati kipas berikut ini :

Merpati Kipas
Merpati Kipas

Ciri-ciri burung merpati

  1. Ekornya mengembang besar
  2. Memiliki jambul lancip di kepala
  3. Kakinya berbulu lebat/bersimbar

Pakan dan Minuman Burung Merpati

Untuk burung merpati kipas ini Anda bisa memberikan pakan seperti beras merah, jagung, kacang merah, konsentrat berbentuk biji atau BR. Selain beberapa macam pakan tersebut, bisa juga di berikan pakan penunjang seperti sayur atau buah yang sudah di haluskan seeperti kangkung, wortel, bayam atau selada.

Sedangkan untuk minumnya Anda bisa memberikan 2 kali sehari dan pastikan air dalam keadaan bersih dan terhindar dari bahan kimia.

Sangkar Burung Merpati

Untuk sangkar burung merpati, Anda bisa sesuaikan berapa jumlah burung merpati yang mau Anda pelihara. Jika Anda memelihara satu pasang burung merpati maka ukuran sangkar harus cukup untuk menampung 2 ekor merpati. Ukuran sangkar jangan terlalu sempit dan jangan terlalu besar, karena jika kandang terlalu sempit bisa menghambat pertumbuhan dan merpati menjadi merasa tidak nyaman. Dan jika terlalu lebar akan menyebabkan bulu merpati mudah rontok. 

Proses Penjodohan Burung Merpati

  1. Pilihlah indukan jantan dan betina yang akan di jodohkan atau di kawinkan.
  2. Masukkan kedua burung tersebut ke dalam kandang yang sama atau dalam satu kandang.
  3. Tutuplah kandang pada saat malam hari untuk memperlancar proses penjodohan.
  4. Lakukan pemandian dan penjemuran pada pagi hari di bawah terik sinar matahari.
  5. Biarkan burung merpati memakan pakan setelah pemandian dan penjemuran.
  6. Supaya proses perkawinan lancar maka bila burung sudah melihatkan ciri-ciri akan bertelur maka Anda harus menyiapkan jerami, kayu-kayu kecil, batang lidi atau bahan-bahan yang bisa di jadikan sarang. 
  7. Proses mengerami sampai menetas membutuhkan waktu sekitar 20 hari. Biasanya merpati menghasilkan 3 butir telur.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memelihara burung merpati kipas ini ?

Jual Burung Merpati American Fantail (Kipas)
Jual Burung Merpati American Fantail (Kipas)

Dan jika Anda tertarik untuk memelihara burung merpati kipas ini dirumah Anda, yukk bisa segera order ditempat kami. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk pemesanan bisa langsung hubungi kami via WA atau telepon di nomor : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
kandang merpati kipas, jenis merpati hias, jenis merpati hias, jenis burung merpati, jual burung merpati, burung merpati hias

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: