4 Tips dalam Mempersiapkan Kandang Entok yang Baik

Saat akan memelihara entok, hal pertama yang harus kita persiapkan adalah mempersiapkan kandang entok.

Entok termasuk salah satu unggas yang senang bila diumbarkan bahkan bila dilepasliarkan di alam bebas. Untuk itu kita perlu mempersiapkan kandang sesuai dengan karakter entok.

Dalam pembuatan kandang entok, perlu diperhatikan jumlah entok yang akan kita pelihara serta dari jenis umurnya. Jika entok yang kita pelihara dalam jumlah banyak bisa disesuaikan.

Entok termasuk salah satu hewan yang relatif tahan terhadap penyakit. Tips berikut perlu Anda perhatikan dalam pemeliharaannya.

5 Tips dalam Mempersiapkan Kandang Entok

1. Lantai Kandang

Salah satu lantai kandang entok sistem kering. Untuk lantai kandang sistem kering peternak dapat menggunakan lantai berbahan dasar semen atau langsung dengan tanah
Salah satu lantai kandang entok sistem kering. Untuk lantai kandang sistem kering peternak dapat menggunakan lantai berbahan dasar semen atau langsung dengan tanah.

Lantai kandang entok bisa terbuat dari tanah atau semen. Untuk semen memang mempunyai kelebihan yaitu mudah kala membersihkan nya. Usahakan kandang entok selalu kering.

Dengan kondisi kandang yang kering akan menghambat pertumbuhan bakteri, virus ataupun jamur sehingga harapan nya entok akan tumbuh dengan lebih sehat.

Entok termasuk hewan yang menyukai air namun kita bisa membuat kandang tanpa membuatkan kolam untuk mereka. Bila memang anda mempunyai area yang sangat luas, anda dapat membuatkan mereka kolam untuk entok agar mereka dapat bermain air.

2. Jaga Jarak Kandang

Perhatikan jarak kandang entok dengan pemukiman karena sudah menjadi konsekuensi akan muncul bau dari entok tersebut.

Hal ini juga sangat penting bila Anda memiliki tetangga yang dekat, bau yang tidak sedap bisa masuk ke rumah tetangga Anda.

Pilihlah lokasi yang jaraknya paling jauh dengan rumah tinggal dan tanyakan ke pada tetangga apakah mereka terganggu dengan bau tersebut

3. Pisahkan dengan ayam atau hewan lain

Sebaiknya kita memisahkan kandang entok dengan ayam lain. Pemisahahan ini sangat bermanfaat dalam memonitor hewan peliharaan kita.

Dari sini kita dapat mengamati pakan yang di konsumsi setiap ayam, dan akan menyulitkan bila hewan peliharaan kita campur semua.

4. Tempat pakan dan minum

Sebaiknya tempat pakan dan minum ada di luar kandang hal ini akan membuat area kandang lebih mudah di bersihkan.

Gunakan juga tempat pakan dan minum yang mudah di bersihkan.

Masa panen entok berlangsung sekitar 70 - 75 hari dengan bobot mencapai 1,4 hingga 2 kg per ekor. | Entok sedang makan
Masa panen entok berlangsung sekitar 70 – 75 hari dengan bobot mencapai 1,4 hingga 2 kg per ekor. | Entok sedang makan

Jika Anda ingin memulai beternak entok silahkan hubungi kami kapan saja. Di jualayamhias.com menyediakan DOE atau bibit entok berkualitas.

Kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia. Dengan harga terjangkau dan layanan pelanggan yang bisa Anda hubungi kapan saja di:

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Image Sources:

  • Entok sedang makan: Facebook.com

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: