0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Sejarah Ayam Ketawa

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Sejarah Ayam Ketawa

Konon pada zaman dahulu pemilik ayam ketawa sangat langka, karena dahulu yang memiliki jenis ayam ketawa yaitu rata-rata kaum bangsawan. Rasa hormat kepada kaum bangsawan itulah yang membuat para masyarakat ikut menghormati dan menyegani ayam ketawa ini.

Ayam Ketawa atau yang biasa disebut dengan Ayam Jantan dari timur ini adalah ayam lokal asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Dalam bahasa bugis Ayam Ketawa disebut dengan Manu Gaga. Habitat asli Ayam Ketawa ini yaitu di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan sekitar 183 km arah utara dari Makassar. Didaerah asalnya ayam ketawa biasa diternakkan didaerah Baranti, Panca Rijang, Benteng, Simpo Arasi’e dan hanya dipelihara dilingkungan keluarga.

Dilihat dari fisik dan bentuk tubuhnya memang Ayam Ketawa hampir sama dengan ayam kampung pada umumnya. Keunikan Ayam Ketawa terdapat pada bagian penghujung suara kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa. Ayam ini termasuk jenis ayam yang produktif rata-rata dapat menghasilkan 13 butir per periode bertelurnya. Daya tetas tinggi akan terjadi pada telur pertama hingga ketiga, pada telur keempat dan selanjutnya sudah dapat dipastikan telur terisi embrio. Sesuai dengan penyebutan Ayam Ketawa di daerah asalnya. Bagi di daerah asalnya Ayam Ketawa baik jantan maupun betina memiliki sebutan sendiri-sendiri. Untuk Ayam Ketawa Jantan disebut  dengan Lai, sementara untuk Ayam Ketawa betina disebut dengan Birang.

Ayam Ketawa memiliki keunikan pada bagian kokoknya yang mirip seperti ketaw manusia.
Ayam Ketawa memiliki keunikan pada bagian kokoknya yang mirip seperti ketaw manusia.

Sesuai dengan jenis suara kokoknya Ayam Ketawa memiliki tiga jenis suara yaitu :

a. Ayam Ketawa jenis Garetek

Merupakan jenis suara kokok Ayam Ketawa yang nada intervalnya cepat.

b. Ayam Ketawa jenis Gaga

Suara Gaga ini adalah jenis suara kokok Ayam Ketawa yang memiliki nada interval yang lambat.

c. Ayam Ketawa jenis Dodo

Jenis suara Dodo ini memiliki ciri khas kokoknya yang mendayu-dayu

Ayam Ketawa memiliki 3 jenis suara yaitu geretek, daga dan dodo
Ayam Ketawa memiliki 3 jenis suara yaitu geretek, daga dan dodo

Tidak hanya itu saja dari jenis bulunya pun Ayam Ketawa dapat dibedakan dengan beberapa jenis yaitu :

1. Ayam Ketawa Bakka

Ayam bakka adalah salah satu jenis ayam ketawa yang memiliki bulu dengan warna dasar hitam dan biasanya ada sedikit campuran kuning, hijau atau putih. Jenis ayam ketawa ini memiliki kaki berwarna kuning atau hitam.

2. Ayam Ketawa Korro

Memiliki warna dasar hitam yang dihiasi warna bulu hijau atau putih dan kuning mengkilap dengan kaki kuning atau hitam.

3. Ayam Ketawa Bori Tase’

Jenis ayam ketawa ini memiliki bulu dominan merah dan dihiasi dengan warna kuning keemasan. Untuk bagian ekornya berwarna hitam.

4. Ayam Ketawa Ijo Buota

Ayam Ketawa Ijo Buota memiliki warna dasar hijau yang dihiasi merah, yang diselingi warna hitam pada bagian sayapnya, dengan kaki yang berwarna kuning.

5. Ayam Ketawa Cepagga

Memiliki warna dasar bulu antara warna hitam dan merah hati, sedangkan memiliki mata berwarna putih. Lapping dalam bahasa bugis memiliki arti menampung harta, sehingga dipercaya Ayam Ketawa ini mampu menampung harta.

Untuk harga ayam ketawa tergantung dengan jenis nya.
Untuk harga ayam ketawa tergantung dengan jenis nya.

Harga ayam ketawa sebenarnya tidak terlalu mahal. Untuk usia 1 bulan sampai dewasa harganya hanya ratusah ribu rupiah.

Berikut daftar harga ayam ketawa :

Berikut daftar harga Ayam Ketawa :

1 Bln Rp 110,000 / ekor
2 Bln Rp 135,000 / ekor
3 Bln Rp 185,000 / ekor
4 Bln Rp 235,000 / ekor
5 Bln Rp 285,000 / ekor
Dewasa Rp 435,000 / ekor

Ayam Ketawa merupakan jenis ayam hias yang memiliki keunikan dibagian kokoknya. Pada setiap penghujung kokoknya ayam ini mirip dengan orang yang sedang tertawa. Dibeberapa daerah di Indonesia sering diadakan kontes Ayam Ketawa. Dalam kontes tersebut setiap juri akan menilai dari keindahan suara kokoknya, selain itu ada penilaian lain untuk dapat memenangkan Ayam Ketawa dalam kontes tersebut yaitu postur tubuhnya.


Keunikan ayam ketawa terletak pada suaranya yang mirip seperti suara ketawa manusia

Saat ini peternak ayam ketawa sudah cukup banyak. Mereka tertarik memelihara ayam ketawa karena keunikan dan keindahan yang dimiliki ayam tersebut. Beternak ayam ketawa tidaklah sulit, cara beternak ayam ini sama seperti jenis ayam kampung lain hanya saja pakan yang di berikan untuk pakan ayam ketawa lebih di perhatikan. Karena pakan juga sangat berpengaruh terhadap suara kokok yang akan di hasilkan.





Asal ayam ketawa berasal dari Sidrap, Sulawesi Selatan

Bagi anda yang ingin memelihara Ayam Ketawa , kami menyediakan mulai dari usia anakan hingga usia dewasa siap produksi, kami siap mengirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Atau bagi anda yang lebih memilih telur Ayam Ketawa untuk ditetaskan menggunakan indukan lain maupun menggunakan mesin penetas kami siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia. Apabila ada yang tertarik untuk ternak ayam hias kami dari jualayamhias.com juga menyediakan berbagai jenis ayam hias.
Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata Terkait:
Ayam Hias, Ternak Ayam Hias, Ternak Ayam Ketawa, Peternak Ayam Ketawa, Telur Ayam Ketawa, Jual Ayam Ketawa, Harga Ayam Ketawa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: