0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Ternak Ayam Ringneck Pheasent yang Bertelur Sepanjang Tahun

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Ternak Ayam Ringneck Pheasent yang Bertelur Sepanjang Tahun

Mengenal Ternak Ayam Ringneck Pheasent yang Bertelur Sepanjang Tahun – Ayam Ringneck Pheasant atau ayam pegar kalung merupakan salah satu jenis ayam pegar yang cukup banyak peminatnya. Postur tubuhnya yang besar dan bulunya yang indah menjadikan banyak orang yang jatuh hati pada ayam pegar kalung ini. Di samping itu produktivitasnya yang tinggi menjadikan orang menjatuhkan pilihan karena jumlah ternaknya cepat bertambah.

Ayam ringneck pheasant mempunyai ciri-ciri yaitu bulu tubuhnya berwarna merah kecoklatan, kepala berwarna biru dengan pial berwarna merah. Bulu pada bagian ekor berwarna kuning muda. Sementara di lehernya ada bulu berwarna putih yang mengelilinginya sehingga sekilas seperti kalung. Maka tak mengherankan bila ayam ringneck pheasant dikenal dengan ayam pegar kalung.

Ringneck pheasant berasal dari negeri tirai bambu Cina dan Tibet. Di sana ada banyak jenis pegar yang ada di habitat aslinya. Dari sekian banyak jenis pegar, yang paling cepat perkembangannya di bandingkan dengan golden pheasant/ pegar  emas, silver pheasant/ pegar perak, lady amhers pheasant/ pegar lady, yellow pheasant/ pegar kuning, reeves pheasant/ pegar reeves dan beberapa jenis pegar lainnya. Disamping itu tiap jenis mempunyai warna bulu yang berbeda. Untuk pejantan warnanya lebih mencolok dibandingkan betina.

Warna bulu ringneck pheasant jantan lebih mencolok ketimbang yang betina

Warna bulu ringneck pheasant jantan lebih mencolok ketimbang yang betina

 

Ayam pegar kalung termasuk ayam yang bisa memakan segalanya dari jenis tumbuhan maupun binatang. Mereka menyantap sejenis serangga, jangkrik, telur semut bahkan ikan yang kecil-kecil. Sementara untuk tumbuh-tumbuhan mereka bisa memakan dedaunan, buah apel yang dipotong kecil, pepaya matang dan berbagai jenis biji-bijian.

Melihat bulu mereka yang indah kita akan membayangkan alangkah lucunya jika mereka sedang mengasuh anak mereka yang masih kecil-kecil. Namun ternyata mereka bukanlah unggas yang biasa mengasuh anak-anak mereka. Mereka bahkan kurang mempunyai kemampuan dalam mengerami. Jadi pada saat bertelur, mereka akan menyembunyikan telurnya disuatu tempat yang tersembunyi dan hangat di dalam tanah serta meletakkan ranting-ranting untuk menyamarkan dari para predator yang mengganggu.

Adapun ciri – ciri ayam ringneck pheasant adalah sebagai berikut :

  • Jenggernya berwarna merah
  • Memeiliki ekor panjang
  • Bulunya didominasi warna kecoklat dihiasi dengan bintik – bintik berwarna hitam
  • Kepalanya berwarna kebiru – biruan
  • Memiliki warna bulu seperti kalung pada bagian lehernya
  • Ayam ini termasuk jenis ayam yang akgresif
  • Ukuran telurnya sedang dan telurnya berwarna biru keabu – abuan cenderungnya ke warna kecoklatan
  • Termasuk jenis hewan homnivora
  • Memiliki kemampuasn terbang walaupun ayam tersebut suka hidup di tanah

     

    Kandang ayam pheasant sebaiknya di berikan atap di atasnya agar tidak terbang

    Kandang ayam pheasant sebaiknya di berikan atap di atasnya agar tidak terbang

Setelah sekitar 25 hari, telur yang melalui proses pengeraman alami di dalam tanah akan mulai menetas. Anakan yang masih kecil akan memakan makanan yang ada di sekitarnya. Warna bulu pegar kalung jantan dan betina masih sama. Untuk itu sulit membedakan saat mereka berumur dibawah 5 bulan. Saat mereka berumur 5 bulan keatas, bulu jantan mulai terlihat lebih terang dibandingkan warna bulu betina. Di samping warna bulunya, yang dapat membedakan jantan betinanya dengan melihat postur tubuhnya. Pejantan lebih besar dibandingkan betina.

Baca selanjutnya di : 

Ringneck pheasant mempunyai keistimewaan yaitu bertelur sepanjang tahun. Berbeda dengan jenis golden, silver dan lady yang berproduksi hanya setahun sekali yaitu pada musim hujan saja. Dan itu mempengaruhi harga jual dan populasi di dunia.  Diantara jenis pheasant yang perkembangannya cepat salah satunya jenis pegar kalung. Ringneck sendiri mulai masa berproduksi setelah berumur 1 tahun lebih. Ringneck dapat berproduksi hingga umur 8 tahunan. Jadi cukup lama masa produksinya.

Kandang ayam pheasant sebaiknya di berikan atap di atasnya agar tidak terbang

Ring Neck Pheasent dapat berproduksi atau menhasilkan telur selama 8 tahuna

Pakan Ayam Ringneck Pheasant

Pakan yang baik adalah pakan yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, mineral danvitamin – vitamin yang terkandung di dalammnya.Pakan merupakan asupan yang mengandung gizi penting bagi hewan terutama pada jenis ayam ringneck Pheasant ini.  Jenis ayam ini merupakan jenis yang paling cepat perkembangannya dibandingkan dengan jenis – jenis pheasant yang lainnya.
Pada ayam ringneck pheasant ini peternak dapat memberikan pakan berupa :

  • Dedak
    Dedak untuk pakan ayam pheasant

    Dedak untuk pakan ayam pheasant

  • Bekatul
    Bekatul untuk pakan ayam Ringneck Pheasant

    Bekatul untuk pakan ayam Ringneck Pheasant

  • Voer atau BR
    Voer untuk pakan ringneck pheasant

    Voer untuk pakan ringneck pheasant

  • Jagung halus
    Jagung halus untuk pakan ayam pheasant

    Jagung halus untuk pakan ayam pheasant

  • Beras merah 
    Beras Merah untuk pakan ayam pheasant

    Beras Merah untuk pakan ayam pheasant

  • Biji – bijian lainnya 
    Biji-bijian bisa untuk pakan ayam pheasant

    Biji-bijian bisa untuk pakan ayam pheasant

  • Pepaya
    Pepaya bisa di gunakan untuk pakan ayam pheasant

    Pepaya bisa di gunakan untuk pakan ayam pheasant

Namun berikanlah sesekali dua kali buah pepaya matang karena buah pepaya ini sangat disenangi oelah ayam pheasant dan dapat berfungsi sebagai obat antibiotik. Untuk saat ini keberadaan ayam pheasant masih jarang ditemukandi Wilayah Indonesia serta populasinya masih sedikit dan harganya yang relatif tinggi tidak membuat peminat ayam hias d Indonesia menjadi menyurut.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ringneck pheasant, kami menyediakan dari anakan, remaja hingga dewasa yang siap berproduksi. Kami juga menyediakan berbagai jenis ayam pegar lainnya. Kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ringneck pheasant dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
kandang pheasant, anakan ringneck pheasant, makanan ayam pegar kalung, penyakit pada ayam pegar kalung, harga pegar kalung

 

One Response

  1. […] Mengenal Ternak Ayam Ringneck Pheasant yang Bertelur Sepanjang Tahun  […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: