Fakta, Apakah Burung Merpati Bisa Dimakan?

Pertanyaan tentang apakah burung merpati ini apakah bisa dimakan?, sebenarnya pertanyaan ini terasa cukup aneh bagi sebagian orang yang sudah berulang kali makan daging burung merpati. Dan di beberapa daerah di warung-warung pecel lele banyak yang menyediakan merpati goreng atau juga merpati bakar.

Memang kadang ada juga yang menggunakan burung puyuh untuk jadikan burung puyuh goreng. Namun merpati goreng mempunyai kenikmatan tersendiri yang mungkin tidak mau di ganti dengan puyuh goreng.

Ternyata daging merpati dapat di masak dan rasanya sangat lezat | Image 1
Ternyata daging merpati dapat di masak dan rasanya sangat lezat | Image 1

3 Manfaat daging burung merpati:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan yang ada dalam burung merpati memang ada kemiripan dengan sumber makanan hewani lainnya. Dengan mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup, daging burung merpati bisa bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

Penyembuhan luka biasa kita dapati bagi orang yang ingin mempercepat kesembuhan setelah operasi atau setelah kecelakaan.

2. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium dan Vitamin D yang terkandung dalam daging merpati ini tentu saja akan mensuplai kebutuhan tulang tubuh akan zat ini.

Namun memang perlu didukung dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga ringan jalan kaki maupun aktivitas lainnya yang menunjang kesehatan tulang yang baik.

3. Menjaga kesehatan otak

Asam folat yang terkandung dalam daging merpati dipercaya memberikan kebaikan dalam kesehatan otak.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung

Dengan pengolahan yang tepat daging burung dara atau merpati ini akan menekan resiko penyakit jantung dikarenakan kandungan mineral nya akan berperan mendukung anti oksidan yang meminimalkan resiko peradangan dalam tubuh.

Daging burung merpati bukan termasuk jenis hewan yang haram untuk di makan menurut agama Islam | Image 2Source: murianews.com
Daging burung merpati bukan termasuk jenis hewan yang haram untuk di makan menurut agama Islam | Image 2

Apakah burung merpati halal dimakan?

Dan bila ditinjau dari syariat islam pun burung merpati termasuk jenis hewan yang  halal untuk dimakan. Dan di dalam Islam burung yang di larang untuk di makan adalah jenis burung yang bercakar tajam.

BACA JUGA:  Wow!, Merpati Norwich Cropper Si Cantik dari Inggris

Untuk burung yang haram yang dimaksud dengan bercakar tajam dan dilarang untuk dimakan adalah jenis burung elang/rajawali dan burung gagak.

Untuk burung merpati sendiri ada sekitar 300 jenis yang ada di dunia ini. Beberapa jenis nya Anda bisa membaca ulasan kami di artikel Mengulik 18 Merpati Hias di Dunia.

Bisa menjadi informasi dan wawasan baru untuk kita, ternyata jenis merpati yang cocok untuk dijadikan merpati pedaging yakni merpati jenis American Giant Runt. 

Karena jenis merpati ini cepat gemuk dan mempunya daging yang relatif lebih tebal bila dibandingkan dengan merpati jenis lainya.

Merpati american giant runt | Image 3Source: pertanianku.com
Merpati american giant runt | Image 3

Tapi merpati lain juga tetap memiliki kenikmatan tersendiri walaupun secara ketebalan dan besaran daging nya memang tidak bisa dibandingkan dengan merpati jenis Giant Runt ini.

Namun untuk merpati kategori hias memang pemilik atau penghobi akan merasa sayang. Bagaimana tidak sedih saat melihat merpati yang sangat cantik seperti merpati jenis Chinese Owl atau jenis Jacobin terhidang di atas piring.

Jadi melihat hal ini Anda tentu bisa menangkap peluang untuk beternak burung merpati yang tujuan nya digunakan sebagai merpati pedaging. Nantinya pemasaran ke warung makan penyedia olahan daging merpati menjadi lahan pasar yang empuk dalam menjalankan bisnis.

Bagi Anda yang berminat untuk memelihara burung merpati silahkan bisa order di sini. Untuk pemesanan hubungi nomor dibawah ini : 

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: