Merpati Modena Salah Satu Merpati yang Mudah di Budidayakan

Banyak pecinta hewan yang memilih untuk memelihara burung hias sebagai hewan peliharaan. Selain dapat di jadikan hewan peliharaan burung hias dapat mempercantik halaman rumah dan membuat suasana rumah menjadi lebih menyenangkan dan hidup.

Salah satu burung hias yang cukup banyak di pelihara dan di minati yaitu jenis burung merpati. Burung merpati memiliki bulu yang indah dan penampilannya cukup memikat.

Di Indonesia jenis merpati cukup banyak dan unik-unik. Di mulai dari harganya yang paling murah sampai harga yang paling mahal.

Salah satu burung hias yang banyak di pelihara dan di budidayakan yaitu jenis burung merpati | image 1
Salah satu burung hias yang banyak di pelihara dan di budidayakan yaitu jenis burung merpati | image 1

Dari postur tubuhnya yang kecil sampai besar. Dari kepalanya tertutup bulu sampai bulunya berbentuk seperti kipas. Pokoknya banyak sekali keunikannya.

Nahh, kali ini kita akan membahas burung merpati hias yang di Indonesia juga cukup terkenal dan sering di kenal dengan sebutan merpati ternak yang baik. Apalagi kalau bukan merpati modena.

Merpati Modena si Merpati Cantik dari Itali

Merpati Modena berasal dari wilayah Modena (Itali) dan sudah di kenal sejak abad ke -13. Modena di bagi menjadi 2 jenis yaitu modena schietti (non marking) dan modena gazzi (marking).

Dari dua jenis tersebut yang paling terkenal yaitu modena gazzi. Modena gazzi memiliki badan putih serta kepala, sayap dan ekor berwarna-warni.

Merpati modena memiliki postur tubuh yang kecil. Panjang dari merpati ini yaitu 25 cm. Meskipun kecil, namun bentuk dari burung merpati modena gemuk dan padat.

Baca juga : 14 Jenis Merpati Pos yang Legendaris Sepanjang Masa

Burung merpati modena berasal dari Modena (Itali) | image 2
Burung merpati modena berasal dari Modena (Itali) | image 2

Seperti halnya jenis merpati yang lain, burung merpati modena juga bisa terbang. Meskipun terlihat gemuk, merpati modena cukup lihai dalam mengepakkan sayapnya.

Sebagai termasuk jenis merpati hias, modena cukup lumayan bagus dalam berkemampuan terbang. Memang harus tetap dilatih dan mengenali kandangnya agar bisa hafal dan balik kembali ke kandang saat di umbar.

Cara untuk membuat merpati bisa hafal dengan kandangnya sendiri yaitu memberikan kandang yang layak, berikan pakan dan minum secara rutin.

Merpati modena memiliki bentuk tubuh yang unik dan banyak dicari oleh para pecinta burung | image 3
Merpati modena memiliki bentuk tubuh yang unik dan banyak dicari oleh para pecinta burung | image 3

Lalu sesekali bisa dikeluarkan menggunakan sangkar yang lebih terbuka contohnya sangkar ayam atau jenis lainnya. Lakukan cara tersebut secara terus menerus selama 7 hari atau lebih. 

Jika dirasa burung merpati sudah mulai hafal dengan kandangnya sendiri maka bisa di umbar tanpa harus khawatir jikalau merpati hilang. 

Jenis-jenis Pakan Burung Merpati

Pakan merupakan salah satu hal yang cukup vital bagi burung peliharaan kita. Hal yang harus di perhatikan adalah kecocokan pakan dengan jenis burung yang kita rawat.

Pakan yang baik yaitu mengandung unsur-unsur protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Dan apabila semua unsur-unsur tersebut terpenuhi maka kesehatannya dapat tetap terjaga.

Salah satu pakan untuk burung yang mengandung protein yaitu kacang hijau | image 4
Salah satu pakan untuk burung yang mengandung protein yaitu kacang hijau | image 4

1. Protein

Protein sangat penting bagi burung, di karenakan apabila burung kekurangan protein akan menyebabkan kerdil, kanibalisme, murung, tidak mau berkicau, kurus dan bulunya akan rusak.

Beberapa pakan yang mengandung unsur protein yaitu seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, susu dan ikan.

Buah pisang dapat di jadikan pakan burung merpati. Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang bagus untuk burung. | image 5
Buah pisang dapat di jadikan pakan burung merpati. Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang bagus untuk burung. | image 5

2. Karbohidrat

Fungsi karbohidrat pada pakan yaitu untuk memperkecil oksidasi protein menjadi energi, pemabakar lemak, memelihara fungsi normal alat-alat pencernaan dan sebagai sumber energi.

Pakan yang mengandung karbohidrat yaitu pisang, kacang tanah dan pepaya. Beberapa pakan tersebut dapat Anda gunakan untuk pakan burung.

3. Lemak

Lemak baik bagi burung apabila pemberiannya tidak berlebihan. Jika pemberian pakan yang mengandung lemak berlebihan maka burung akan gemuk dan kegemukan itu mengakibatkan burung menjadi malas berkicau dan berkembang biak.

Burung sangat membutuhkan air untuk bertahan hidup | image 6
Burung sangat membutuhkan air untuk bertahan hidup | image 6

4. Mineral

Mineral sangat di butuhkan untuk pembentukan tulang dan darah, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat dan fungsi sistem pembuluh darah jantung.

5. Vitamin

Vitamin baik di berikan untuk burung | image 7
Vitamin baik di berikan untuk burung | image 7

Fungsi dari vitamin yaitu membantu memelihara sel-sel jaringan epitel, membantu pembentukan tulang, memperlancar metabolisme dan membentuk jaringan pengikat.

Vitamin-vitamin dan asam amino yang di butuhkan burung yaitu A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotiminade) B6, B12, C dan K3.

Baca juga : TERBARU !, Daftar Harga Lengkap Burung Merpati Hias

Peluang untuk membudidayakan merpati hias cukup bagus | image 8
Peluang untuk membudidayakan merpati hias cukup bagus | image 8

Mengapa burung merpati dapat pulang kembali kerumahnya setelah terbang jauh?

Menurut beberapa peneliti, burung merpati memiliki sistem kompas internal didalam tubuhnya sehingga merpati bisa terbang ke arah mana saja dan bisa pulang kembali ke rumahnya sendiri.

Mengapa burung merpati pada zaman dulu sering dimanfaatkan sebagai kurir surat?

Alasan mengapa pada zaman dahulu burung merpati sering digunakan untuk kuris surat karena burung merpati bisa mendeteksi posisi tempat dia berada berdasarkan medan magnet bumi. Selain itu ingatan burung merpati cukup bagus.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung merpati, jangan lewatkan kesempatan ini!

Segera order pesanan Anda melalui platform kami di jualayamhias.com. Kami siap mengirimkan untuk wilayah Jawa dan Luar Pulau Jawa yang terjangkau melalui kargo hewan.

Tunggu apa lagi ? Respon cepat dan informasi lebih lanjut dapat Anda dapatkan dengan langsung menghubungi nomor admin di bawah ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA merpati modena jualayamhias.com Koleksi Ayam Hias Terlengkap merpati modena Merpati Modena Salah Satu Merpati yang Mudah di Budidayakan
5/5 - (11 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!