Mudahnya Beternak Ayam Mutiara

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mudahnya Beternak Ayam Mutiara

Mudahnya Beternak Ayam Mutiara – Ayam Mutiara terlihat unik dengan bintik-bintik putih seperti mutiara di bulu tubuhnya. Secara ilmiah sebenarnya ayam mutiara termasuk dalam jenis burung maka jangan kaget saat melihat Ayam Mutiara ini bisa terbang. Ayam Mutiara atau disebut sebagai Guinea Fowl merupakan salah satu jenis unggas yang berasal dari Afrika.Pada habitat aslinya ayam mutiara hidup dengan cara bergerombol di daerah sabana dan semak.

Bagi yang pertama kali melihat ayam mutiara ini mungkin akan menganggap kalau ayam mutiara adalah hewan yang di lindungi. Karena keunikanya kita bisa membayangkan ayam mutiara ini hidup di hutan atau di alam liar. Hal ini lah yang akan menghiasi rumah kita. Selain warna yang unik ayam mutiara juga mempunyai suara yang khas.

Ayam Mutiara Dewasa

Jenis ayam ini akan mulai memproduksi telur ketika memasuki umur 26 – 30 minggu atau 6 – 7 bulan, masa bertelur ayam mutiara bergantung pada pemberian pakan. Jika pemberian pakan baik dan teratur maka akan membuat produktifitas telur lebih stabil. Jumlah telur yang dihasilkan oleh ayam mutiara relatif cukup banyak, tetapi ayam mutiara ini tidak pandai dalam mengerami telurnya sendiri.

Dalam pemeliharaanya ayam mutiara tergolong jenis ayam yang masuk dalam kategori mudah untuk di ternakan. Mengenai makanan ayam mutiara sangat mudah seperti layaknya kita memberi makan ayam kampung.

Cara Membedakan Ayam Mutiara Jantan dan Betina adalah sebagai berikut : 

Ayam Mutiara Jantan

  • Memiliki bengkakan di atas hidung yang terlihat sangat jelas
  • Mempunyai pial bawah berwarna merah terang dan lebar
  • Memiliki tanduk ujung bagian atas tegak & berisi dengan warna lebih gelap dan tumpul

Ayam Mutiara Betina

  • Bengkakan diatas hidung tidak nampak dengan jelas
  • Pial bawahnya berwarna merah pudar dan kebih kecil
  • Tanduk pada ujung atas serong ke belakang, kurang berisi dan agak tajam

Baca selanjunya di : 

Apa Makanan yang Cocok Untuk Ayam Mutiara?

Makanan ayam mutiara tergolong sederhana dan mudah dalam menyiapkannya. Kita bisa memberikan voer atau BR dengan kita campur dengan katul bisa juga kita tambahkan dengan potongan sayuran. Jika anda memiliki nasi sisa bisa juga di campurkan di makanan tadi. Nah, mudah bukan cara mempersiapkan pakannya.

Voer Untuk Pakan Ayam Chocin

Voer Untuk Pakan Ayam Mutiara

Ayam Mutiara biasanya bertelur di musim hujan mengapa demikian? baca artikel Ayam Mutiara yang Hanya Bertelur di Musim Hujan  dan dalam sekali masa bertelur Ayam Mutiara bisa menghasilkan lebih dari 50 butir telur. Dalam menetaskan telur ayam mutiara terdapat dua cara yaitu dengan pengeraman dan dengan menggunakan mesin penetas. Bagi pemula yang ingin menetaskan telur ayam mutiara dapat deilakukan dengan menggunakan bantuan induk ayam kampung yang sedang mengeram. Dalam waktu 28 hari telur ayam mutiara sudah menetas.Ayam mutiara selain mudah dalam pilihan pakanya juga kuat terhadap penyakit yang menyerang ayam.

Saat Ayam Mutiara sudah mengenal rumahnya dia kapan saja bisa pergi terbang, tapi tidak usah khawatir karena Ayam Mutiara akan kembali ke kandangnya juga. Tapi di sarankan memang untuk membuat kandang yang lega untuk Ayam Mutiara ini. Selain agar ayam mutiara lebih nyaman hal ini untuk mengantisipasi keluhan dari tetangga karena Ayam Mutiara yang terbang di genting rumah yang membuat genting bergeser dan atap bocor saat musim hujan tiba.

Ayam Mutiara Dewasa

Ayam Mutiara Dewasa

Membuat kandang di dekat pintu masuk merupakan ide yang cerdas karena Ayam Mutiara akan menjadi alarm alami yang akan bersuara keras saat ada orang asing masuk di rumah kita.

Beberapa waktu yang lalu kami dari jualayamhias.com terpilih menjadi narasumber Trans 7 untuk program acara Dunia Binatang. Dan berikut ini ada videonya mengenai liputan ternak ayam mutiara tersebut.

Saat produksi telur berlimpah Anda bisa menggunakan mesin penetas telur otomatis atau cara mudahnya anda juga bisa menggunakan indukan ayam lain yang sedang mengeram sebagai pengganti indukan ayam pengeram. Untuk tutorial caranya silahkan baca di artikel kami Cara Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain.
Hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan telur ayam mutiara, anakan atau bibit sampai indukan dewasa ayam mutiara siap produksi. Cek juga daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA.
Jika anda ingin memelihara ayam mutiara silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
harga ayam mutiara, jual ayam mutiara, makanan ayam mutiara, usaha ayam mutiara, beli ayam mutiara, artikel ayam mutiara, ternak ayam mutiara, ayam mutiara

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 32 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Mutiara
No HP
08564 77 23 888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

14 Responses

  1. […] Silahkan baca juga! Mudahnya Beternak Ayam Mutiara […]

  2. Arnol says:

    Kira kira klo k sulawesi selatan brapa harganya bos…?

  3. edy says:

    Terima kasih sharingnya pak,mohon info cara membedakan jantan dan betina bila umur ayam tersebut masih muda ?
    Terima kasih

    • Admin2 jualayamhias.com-Hasti says:

      Untuk anakan di bawah 4 bulan masih estimasi . Tapi kami bisa tebak dengan mengamati dari bentuk paruh, hidung, kepala serta postur tubuhnya. Ketepatan tebakan kami sekitar 95 %.

  4. heri says:

    thanks gan buat informasinya.. sangat membantu

  5. Puluang bagus di daerahku mas ak jd pengen coba bisnis ini kalau beli sedikit sedikit bolehkah mas soalya blm unya modal

  6. admin says:

    Makasih mas agus untuk ongkir sendiri via pesawat sekitar 650 per 10 kg…. Mas untuk harga ayam silahkan Per Ekor
    Mutiara 1 Bulan Rp80.000
    Mutiara 2 Bulan Rp100.000
    Mutiara 3 Bulan Rp120.000
    Mutiara 4 Bulan Rp170.000
    Mutiara 5 Bulan Rp230.000
    Mutiara Indukan Rp265.000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: