0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Perawatan Ayam Kampung Super (Joper) Sejak Umur 21 Hari- Dewasa

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Perawatan Ayam Kampung Super (Joper) Sejak Umur 21 Hari- Dewasa

Ayam Kampung Super (JOPER)

Perawatan Ayam Kampung Super (Joper) Sejak Umur 21 Hari- Dewasa

Ayam Kampung Super dalam proses ternaknya memang tidak lepas dari perawatan yang baik. Perawatan ayam adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh peternak yang bertujuan agar hewan yang diternakkan tetap sehat dan dapat tumbuh dan berkembang. Perawatan sendiri dapat meliputi pemberian pakan dan minum secara teratur, pencegahan penyakit, menjaga kebersihan tempat untuk beternaknya. Selain itu merawat ayam memang diperlukan untuk menjaga ayam selalu bersih agar terhindar dari segala penyakit.

Ayam Kampung Super merupakan ayam dari hasil persilangan antara ayam kampung dengan ayam ras, yakni dari ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Ayam ini memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibanding dengan ayam kampung biasa. Pada umur 40-60 hari ayam ini sudah dapat dinikmati hasilnya. Biasanya ayam ini dijual untuk diambil dagingnya. Namun untuk para peternak ayam jawa super yang beskala kecil biasanya daging ayam ini hanya dikonsumsi sendiri dirumah.

Baca juga:

Ayam kampung super dari DOC hingga dewasa memerlukan perawatan yang berbeda sesuai dengan tingkatan umurnya. Mulai dari DOC hari pertama sampai umur 21 hari yang masih bersama dengan indukannya, sampai ayam kampung super yang sudah berumur 21 hari hingga dewasa. Semua itu membutuhkan perawatan secara maksimal.

 

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Bagaimana cara merawat ayam kampung super umur 21 hari sampai dewasa?

Untuk merawat ayam kampung super yang berusia 21 hari keatas, berikut cara-cara yang harus anda lakukan : 

  1. Berikan lampu penerangan yang cukup, sehingga ayam dapat beraktivitas makan dan minum.
  2. Persediaan makan dan minum harus mencukupi, tempat makan dan minum jangan sampai kosong.
  3. Harus mempertimbangkan cara pemberian makan dan minumnya, sehingga makan dan minumannya tidak akan tumpah.
  4. Pemberikan pakan setiap hari secara teratur.
  5. Pada satu tempat makan biasanya dapat menampung makan untuk ayam berjumlah 50 ekor, dan pemberian air lakukan secukupnya dan persediaan yang mencukupi.
  6. Ayam diberikan obat tradisional sejenis ramuan yang dicampur kedalam air minum.
  7. Lakukan penyemprotan kandang setiap 1 atau 2 minggu sekali.
  8. Lakukan pengecekan kondisi kesehatan ayam secara rutin, biasanya ayam yang terserang penyakit tidak semangat, ngorok pada waktu malam hari, nafsu makan menurun dan hingga mati.
  9. Apabila ada ayam yang terserang penyakit maupun mati segera lakukan tindakan, pisahkan ayam tersebut dari ayam yang masih sehat, lebih baik bila ayam yang mati langsung dibakar. Hal ini untuk menghindari penyakit menulari ayam lainnya.

 

DOC Ayam Kampung Super
DOC Ayam Kampung Super

Peralatan Pakan dan Minum untuk Ayam Kampung Super Usia 21 Hari Sampai Panen

Selain perawatan yang berbeda berdasarkan usia, tempat pakan dan minum pun dibedakan pula. Sejak DOC ayam kampung super hingga masa panen tempat pakan dan minum berbeda beda. Untuk ayam kampung super usia 21 hari sampai masa panen, tempat pakan dan minum yang digunakan adalah :

– Tempat Pakan

Saat ayam kampung super berusia 21 hari keatas, tempat pakan yang digunakan adalah tempat pakan gantung baik yang manual maupun yang otomatis. Namun dalam hal proses pembesaran ayam kampung super, pada umumnya peternak menggunakan tempat pakan gantung manual. Karena tempat pakan gantung manual bisa digunakan sampai masa panen tiba. Kapasitas dari tempat pakan gantung ini pun bervariasi, ada yang 5 kg, 7 kg, ataupun 10 kg. Satu tempat pakan gantung manual ini bisa digunakan untuk 50 ekor ayam. Perlu diingat, semakin besar ayam maka kapasitas tempat pakan gantung pun harus lebih besar pula.

Tempat pakan ayam gantung manual
Tempat pakan ayam gantung manual

– Tempat Minum

Saat ayam kampung super berusia 21 hari keatas, tempat minum yang digunakan adalah tempat minum manual tipe 2 galon (7,2 liter). Tempat minum ini juga bisa digunakan sampai masa panen tiba. Satu buah tempat minum manual tipe 2 galon bisa digunakan untuk 50 – 60 ekor ayam.

Tempat minum ayam ukuran dua galon
Tempat minum ayam ukuran dua galon

Pemberian Probiotik, Herbal, dan Vitamin

Selain perawatan, pemberian pakan, dan peralatan pemberian pakan, yang juga perlu diperhatikan adalah mengenai pemberian probiotik, herbal dan vitamin. Hal itu ditujukan untuk menjaga kesehatan dari ayam kampung super. Untuk probiotik sendiri bisa dibeli di toko pakan ayam dan anda pun juga bisa membuatnya sendiri herbal untuk ayam. Pemberian probiotik dan herbal dilakukan setiap hari melalui air minum. Dosis pemberian tergantung pada kemasannya.

Sama halnya dengan probiotik, dosis pemberian vitamin juga tergantung dengan yang tertulis pada kemasan. Pemberiannya juga bisa dilakukan melalui air minum dan diberikan secara rutin. Pada saat cuaca ekstrim dan pergantian musim, pemberian vitamin dilakukan secara intens. Serta pada saat proses penyembuhan penyakit, pemberian vitamin juga harus rutin agar mempercepat proses penyembuhan.

Mengenai pakan Anda bisa membaca di Cara Mudah Mempersiapkan Pakan dalam Ternak Ayam Kampung Super

 

Setelah kita melakukan perawatan ayam jawa super atau ayam kampung super dari DOC hingga dewasa dengan cara yang benar. Ayam akan tumbuh secara optimal sehingga kita tinggal menunggu masa panennya dan dapat menikmati hasilnya apabila ayam yang kita ternakan bertujuan untuk usaha ataupun bisnis.

 

Jika anda menginginkan DOC atau bibit Ayam Kampung Super, kami di jualayamhias.com kami menyediakan DOC ayam Kampung super. Dan jika anda menginginkan indukan maupun anakan lain di jualayamhias.com kami juga menyediakan. Silahkan lihat daftar harga di jualayamhias.com dan silahkan hubungi kami di nomor layanan pelanggan kami di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

 

One Response

  1. […] petelur atau ayam potong. Apalagi masa panen yang cukup singkat sekitar 55-60 hari saja. Tentu para peternak dapat menghitung biaya yang dikeluarkan dan modal yang telah dikeluarkan sehingga cepat diketahui […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: