Mengenal Sejarah Ayam Batik Itali dan Ayam Batik Kanada

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Sejarah Ayam Batik Itali dan Ayam Batik Kanada

Ayam Batik Itali dan Kanada

Ayam batik adalah sejenis ayam hias yang memiliki motif menyerupai motif kain batik yaitu memiliki 2 jenis warna bulu yang ada pada tubuhnya menyerupai corak batik. Ayam batik ada dua macam yaitu ayam batik itali yang memiliki perpaduan warna putih dan hitam. Dan ayam batik kanada, yang memiliki warna hitam dan ke emasan. Nama inggris dari ayam batik adalah Sebright, yang berasal dari nama pengembang ayam ini yaitu Sir John Saunders Sebright. Mulai dikembangkan pada abad ke-19 melalui program perkembangbiakkan selektif yang dirancang untuk menghasilkan jenis hias.

Pada awal mulanya, Ayam batik ini memiliki klub penggemar tersendiri. Awalnya dirawat sebagai unggas untuk pameran. Yang paling terkenal adalah ‘Bantam Breeds’. Meskipun saat itu populer, namun sering kali ada kesulitan untuk diperkembangbiakkan. Warisan yang diberikan berupa warna tertentu yang memiliki karakteristik unik, sehingga terus dipelajari secara ilmiah, sehingga ayam batik itali ataupun kanada ini ada dan sampai di Indonesia pada saat ini. Mereka memiliki postur yang relatif kecil, bertelur kecil dan dikembangkan bukan untuk tujuan utama sebagai ayam pedaging melainkan sebagai ayam hiasan / pameran.

jual ayam batik
Ayam Batik

Ciri-ciri ayam batik itali

Ayam batik Itali ini merupakan jenis ayam hias yang memiliki corak batik yang indah dengan kombinasi warna putih dan hitam diseluruh tubuhnya.  Warna bulu ayam batik itali ini jika dilihat seperti corak kain batik, padahal sebenarnya memang seperti itulah warna natural dari ayam tersebut. Ayam batik itali juga bentuknya tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk hiasan di halaman rumah Anda. Untuk ukurannya, ayam batik itali jantan biasanya berbobot 600 gram, sedangkan untuk ayam batik itali betina rata-rata hanya berbobot 500 gram. Hal lain yang membuatnya tampil indah adalah karena kelincahan dan kegesitannya. Ayam batik itali jantan lebih gesit dibandingkan ayam batik itali betina. Silahkan bagi Anda yang ingin membeli ayam batik itali ini, bisa menghubungi kami kapan saja. Kami menyediakan telur ayam dan ayam batik itali berbagai usia, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, hingga indukan ayam batik itali berkualitas.

Ayam Batik Itali
Ayam Batik Itali

Ini adalah Foto ayam batik kanada, memiliki warna khas perpaduan dari dua warna hitam dan keemasan. Biasa disebut dengan Sebright Gold. Untuk ukurannya, sama dengan ukuran ayam batik itali. Rata-rata berat badan ayam batik kanada jantan adalah sekitar 600 gram, dan untuk betina sekitar 500 gram. Sifat-sifatnya juga agresif, lincah dan rajin bergerak. Dari segi produktifitas telur, ayam batik kanada dan ayam batik itali termasuk ayam yang rajin bertelur. Hal ini dibuktikan dalam satu tahun rata-rata ayam batik betina bisa bertelur antara 6-7 kali dengan jumlah telur sekitar belasan butir.

Ayam batik mirip dengan ayam kate, benarkah ?

Sekilas ayam batik memang mirip dengan ayam kate yang membedakan hanya pada corak bulunya saja. Dengan adanya hal tersebut banyak orang saat ini mengawinsilangkan ayam batik dengan ayam kate. Namun percobaan tersebut tidak semua berhasil karena corak bulu yang di hasilkan berwarna pudar berbeda dengan yang aslinya.







Batik Itali & Batik Kanada

Kapan Ayam Batik mulai dikawinkan?

Usia produktif ayam batik itali dan ayam batik kanada ynag siap untuk dikawinkan sebenarnya pada usia sekitar 5-6 bulanan bisa. Tetapi akan lebih bagus lagi jika usianya 8 bulan sampai 12 bulan mulai dikawinkan karena hal tersebut akan menghasilkan anakan yang tangguh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Ayam batik jantan cenderung agresif, hal ini menjadi keuntungan peternak karena kemampuan produksi akan lebih baik bila di bandingkan jenis ayam yang kurang agresif.

Apa saja pakan ayam batik itali dan kanada ?

Ayam batik adalah salah satu jenis ayam yang mudah dalam pakannya. Pakan ayam batik sama seperti jenis ayam kampung lainnya. Anda dapat menggunakan BR atau Voer . Pakan tersebut dapat Anda dapatkan di toko pakan terdekat dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Berikut daftar harga ayam batik itali dan ayam batik kanada :

1 Bln Rp100.000/ekor
2 Bln Rp125.000/ekor
3 Bln Rp150.000/ekor
4 Bln Rp200.000/ekor
5 Bln Rp250.000/ekor
Dewasa Rp300.000 /ekor

Berikut video dari Program Acara Dunia Binatang Trans 7 saat beberapa waktu yang lalu kami dari jualayamhias.com menjadi narasumbernya.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam batik itali ataupun ayam batik kanada berkualitas. Kami siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia untuk semua daerah yang terjangkau kargo hewan. Bagi Anda yang menginginkan telur Ayam Batik  untuk di tetaskan sendiri kami juga menyediakannya.  :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait:
ayam batik itali, ayam batik itali, ayam batik kanada, sejarah ayam batik itali, sejarah ayam batik itali, sejarah ayam batik kanada, sejarah ayam batik kanada, harga ayam batik, cara ternak ayam batik, cara ternak ayam batik itali, kandang ayam batik, pakan ayam batik, budidaya ayam batik itali

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: