8 Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes

8 Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes

8 Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes | Cover

Keberadaan Burung Kenari memang menjadi salah satu ikon menarik bagi pecinta burung hias. Bahkan banyak yang menjadikan burung kenari sebagai ajang kontes. Untuk kontes burung kenari ini biasanya di setiap daerah telah banyak yang mementaskan, biasnaya terdiri dari komunitas – komunitas pecinta burung hias.

Kontes burung kenari ini memang sudah lama diadakan dan pengikutnya pun telah banyak. Hal ini dikarenakan burung kenari memiliki keindahan warna dan suara kicauan yang indah. Bagi Anda yang tertarik untuk memlihara burung kenari ini alanagkah baiknya untuk memilih burung kenari yang berkualitas. Mengapa demikian ? agar saat dipentaskan burung kenari tersebut memiliki penampilang yang sesuai dengan apa yang diharapkan sebelum memutuskan untuk dipelihara. 

Burung Kenari merupakan salah satu burung yang memiliki suara kicau yang bagus dan sering dijadikan perlombaan | Kenari
Burung Kenari merupakan salah satu burung yang memiliki suara kicau yang bagus dan sering dijadikan perlombaan | Kenari

Para pecinta burung tentu mengganggap bahwa burung kenari adalah burung yang memiliki keindahan tersendiri dan senang bernyanyi. Hal ini dikarenakan, burung ini memang dikenal orang karena suaranya yang merdu dan bentuk fisik burung yang indah dan unik.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat merawat Burung Kenari agar kualitasnya bagus ?

1. Jenis kelamin

Jika Anda menginginkan burung kenari untuk dikonteskan sebagainya menggunakan burung yang berjenis kelamin jantan. Selain bisa untuk kontes, kenari jantan juga memiliki harga jual yang tinggi, sangat bagus untuk dijadikan peluang bisnis. Burung kenari jantan juga memiliki kicauan yang lebih indah dibandingkan dengan burung kenari betina.

2. Bentuk badan

Selain memilih jenis kelamin, postur tubuh juga sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup burung kenari. Hal ini akan berpengaruh pada saat peternak  akan membudidayakan. Pilihlah burung kenari yang ideal, seperti burung kenari tidak gemuk, memiliki leher yang panjang, bentuk kaki serta ekornya yang indah.

Pilihlah burung kenari yang ideal, seperti burung kenari tidak gemuk, memiliki leher yang panjang, bentuk kaki serta ekornya yang indah. | Kenari bertengger
Pilihlah burung kenari yang ideal, seperti burung kenari tidak gemuk, memiliki leher yang panjang, bentuk kaki serta ekornya yang indah. | Kenari bertengger

Selain itu, pilih burung kenari yang memiliki gerakan lincah, gesit dan selalu aktif bergerak. Burung kenari yang memiliki postur tubuh yang gemuk, bisa kita tebak jika burung kenari tersebut memiliki sifat pemalas terutama saat berkicau.

3. Bentuk paruhnya

Pilihlah burung kenari yang memiliki bentuk paruh yang agak lebar, terutama pada bagian pangkal paruh yang relatif agak tebal dan panjang. Bentuk paruh kenari inilah yang tergolong bagus dalam berkicau dan mempunyai kualitas suara yang bagus. Selain itu, yang lebih membuat unik, apabila burung kenari berkicau ia selalu membuka lebar paruhnya.

Baca juga!

4. Bentuk kepalanya

Burung kenari yang bagus dalam kontes memiliki bentuk dan ukuran kepala yang cenderung kotak. Kepala yang berbentuk kontak biasanya ia lebih agresif serta memiliki “jiwa petarung” yang bagus.

5. Bentuk leher

Pilihlah burung kenari yang memiliki bentuk leher yang relatif agak panjang, jika kenari memiliki leher panjang, menandakan bahwa panjang pula berkicaunya. Namun, harus kita imbangi dengan pelatihan yang rutin agar suara kicauan kenari tersebut agar lebih enak untuk Anda dengarkan. Ciri kualitas burung kenari yang bagus adalah jika burung kenari berkicau akan mengeluarkan gelembung udara pada bagian lehernya.

Agar menghasilkan suara burung kenari yang bagus, maka Anda sebagai peternak perlu memberikan jenis pakan yang memiliki gizi serta vitamin yang tinggi | Kenari di dalam sangkar
Agar menghasilkan suara burung kenari yang bagus, maka Anda sebagai peternak perlu memberikan jenis pakan yang memiliki gizi serta vitamin yang tinggi | Kenari di dalam sangkar

6. Suara kicauan

Jika Anda menginginkan burung kenari memiliki suara yang bagus, sebaiknya Anda juga mengetahui jenis suara burung kontes. Artinya Anda harus sering mendengarkan suara kicau burung Anda agar lebih mudah membedakan suara burung kenari yang bagus dan jelek.

7. Tingkah Laku

Pilihlah burung kenari yang memiliki tingkah laku yang agresif, aktif bergerak memiliki nafsu makan yang tinggi hal itulah yang menjadi ciri bahwa burung kenari Anda sehat.

Baca Juga !

8. Mental tempur

Mental yang kuat sangat dibutuhkan untuk burung kenari yang akan mengikuti kontes. Hal ini agar burung kenari bisa beradaptasi dengan lingkungan saat akan dibawa ke area kontes. Pada umumnya mental burung kenari lebih cenderung berhubungan erat dengan tingkat stres.

Jika burung kenari mudah stres, ia tidak akan mau berkicau. Oleh karena itu, pelatihan mental besar berguna untuk melatih agar burung kenari mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya.

Pakan Burung Kenari agar Memiliki Suara Bagus 

Agar menghasilkan suara yang bagus tentu Anda sebagai pemelihara pasti akan memberikan jenis makanan yang bagus untuk si burung. Anda pasti tidak akan asal – asalan dalam memberikan pakan untuk burung kenari. Merawat burung kenari memang sangat penting, terutama pada pakan. Pakan menjadi sumber utama dalam proses pertumbuhan burung kenari. Dengan pemberian pakan yang sesuai tentu akan meningkatkan kesehatan burung sehingga kualitasnya bagus. 

Dalam pemeliharan Burung Kenari pakan menjadi salah satu hal terpenting agar kesehatan kenari tetap terjaga dan menghasilkan kicauan yang bagus | Pakan Burung Kenari
Dalam pemeliharan Burung Kenari pakan menjadi salah satu hal terpenting agar kesehatan kenari tetap terjaga dan menghasilkan kicauan yang bagus | Pakan Burung Kenari

Adapun anda sebagai peternak perlu mengetahu beberapa jenis pakan burung kenari ini agar menghasilkan stamina serta suara yang bagus. Berikut jenis – jenisnya : 

  1. Kroto (Telur semut rangrang)
  2. Ulat Hoongkong
  3. Buah Pepaya
  4. Mentimun
  5. Buah Jeruk
  6. Kubis
  7. Gambas atau Oyong
  8. Wortel
  9. Selada
  10. Jagung Muda

Untuk pakan burung kenari sebenarnya tidak hanya pada point – point diatas. Tetapi masih banyak lagi jenisnya. Anda sebagai peternak sebagiknya dalam memberikan pakan burung kenari perlu mengetahui nilai gizi yang terkandung. Hal ini bertujuan agar makanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan burung kenari. 

Baca juga ! 

Perlu diketahu juga bahwa burung kenari memiliki makanan favorit yang berbeda – beda. Sehingga Anda dapat memberikan makanan sesuai dengan apa yang disukai kenari. 

Kata terkait : Burung kenari, warna kenari termahal, jenis kenari, kenari yang bagus untuk apa, cara memilih kenari, jenis kenari lokal, harga burung kenari, jenis burung kenari, jual burung kenari, burung kenari wikipedia, kenari makanan, burung kenari gacor, suara burung kenari, kenari jakarta

Image Sources:

  • Gambar 3: thesprucepets.com
  • Gambar 1: resizeme.club/
  • Pakan Kenari: burungnya.com
  • Cover: idntimes.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: