UNTUK PEMULA – 7 Hal yang Penting Anda Ketahui Sebelum Ternak Ayam

UNTUK PEMULA – 7 Hal yang Penting Anda Ketahui Sebelum Ternak Ayam

UNTUK PEMULA - 7 Hal yang Penting Anda Ketahui Sebelum Ternak Ayam

UNTUK PEMULA : “7 Hal yang Penting Anda Ketahui Sebelum Ternak Ayam”

Ternak ayam memang salah satu hobi yang menarik untuk ditekuni. Anda bisa memulai ternak ayam dari skala besar maupun kecil. Jika Anda mempertimbangkan untuk mulai memelihara ayam di kebun atau area rumah, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. 

Ayam Cemani Dewasa (12)

Ayam Cemani selain unik ayam jenis ini juga cukup banyak menghasilkan telur dengan kandungan protein yang cukup tinggi

Memang kegiatan memelihara ayam untuk sebagian orang bukanlah tugas yang mudah walaupun terlihat sederhana. Anda harus siap dengan biaya dan perawatan yang diperlukan seperti pembuatan kandang, pembelian pakan dan juga bibit ayam tersebut. Di jualayamhias.com kami mencoba memudahkan Anda sebagai peternak pemula dengan untuk mempelajari hal-hal yang harus diketahui sebelum memulai memelihara ayam.

  1. Periksa kesiapan lingkungan Anda

Untuk yang tinggal di lingkungan perumahan biasanya ada standar khusus bila ingin memelihara hewan. Bau yang mungkin di timbulkan serta suara ayam kadang menimbulkan masalah tersendiri bagi tetangga sekitar. Bila ternak ayamnya skala kecil mungkin tidak begitu masalah namun bila ayamnya mulai banyak akan muncul tantangan tersendiri dalam mengelolanya. Bagi yang tinggal di lingkungan pedesaan memelihara ayam memang sangat cocok dilakukan saat memang memiliki lokasi luas. Di lahan atau lokasi yang luas memiliki kelebihan tersendiri karena ayam bisa diumbar sehingga bisa mengurangi pemberian pakan.

  1. Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk kandang ayam

Sebelum menyiapkan kandang ayam, Anda harus mengukur ruang yang tersedia. Ada banyak jenis kandang ayam, dengan berbagai macam bahan dan bentuk yang Anda sukai. Pertimbangan biaya juga bisa menjadi acuan bagi Anda dalam menentukan kandang ayam tersebut. Sangat di anjurkan Anda mampu membuat pagar atau batas agar ayam Anda tidak keluar dan mengganggu tetangga, minimal kotoran ayam bisa menimbulkan situasi yang tidak mengenakan bagi tetangga. Dalam hal batasan pagar ayam ini juga berfungsi untuk mengurangi resiko ayam Anda terserang penyakit karena bukan hal tidak mungkin ayam Anda bisa tertular penyakit dari ayam tetangga.

  1. Memperhatikan cuaca 

Jika kandang ayam di luar ruangan, ingatlah bahwa kandang perlu kuat terhadap kondisi luar. Hujan, angin, panas, kelembaban, dan dingin bisa berdampak pada ketahanan kandang ayam .

Ada area teduh dan area yang terkena sinar matahari menjadi penting karena ideal nya kandang tidak terlalu lembab maupun terlalu kering. Paling bagus memang kadang menghadap ke timur dan terkena sinar matahari.

  1. Buat anggaran untuk pemilihan atau persiapan kandang ayam

Jika Anda akan membuat kandang ayam Anda sendiri, buat anggaran dengan bahan-bahan yang Anda butuhkan; biaya dapat berubah tergantung pada jenis bahan yang dipilih.

Jaring Kandang Ayam

Penggunaan Jaring Kandang Ayam bisa dipilih untuk memudahkan dalam pemasangan dan tentu saja memangkas biaya pagar cukup besar

Kreativitas bisa Anda gunakan dalam pembuatan kandang ini. Misalkan untuk struktur bisa terbuat dari bahan yang tahan terhadap elemen: baja galvanis dan lembaran PVC atau kayu olahan. Untuk atapnya paling baik jika atapnya tahan air. Perlu juga di persiapkan mengenai tempat minum, tempat makan dan juga tempat bertelurnya.

  1. Desain kandang ayam di dalamnya

Setelah memilih strukturnya, Anda harus mendesain kandang ayam di dalamnya. Di dalam ayam akan hidup berkatifitas, tidur dan bertelur. Itu harus menjadi tempat di mana mereka merasa aman dan nyaman, pada suhu yang baik dan dengan ruang yang cukup. Sebagi rumusnya Anda bisa menggunakan rumus luas kandang minimal 30 cm persegi untuk setiap empat ekor ayam. Dan lantai kandang ayam harus diatur sedemikian rupa untuk menghindari kelembaban.

  1. Memiliki pengetahuan dan wawasan tentang berbagai jenis ayam

Sebelum memulai ternak, pikirkan jenis ayam apa yang ingin Anda beli. Ada berbagai jenis ayam, dari berbagai ukuran, bulu, karakter maupun suara. Anda dapat membeli ayam asli tanpa persilangan ataupun ayam persilangan. Dalam pemilihan ayam ini tentu saja berpengaruh ke jumlah anggaran yang Anda rencanakan.

  1. Hitung biaya bulanan

Pengeluaran tidak berakhir ketika ayam dan kandangnya sudah siap. Ayam membutuhkan makanan dan air bersih tersedia setiap hari. Kandang ayam akan membutuhkan pembersihan dan pemeliharaan yang baik. Dan ayam mungkin memerlukan vaksin dalam masa pertumbuhan maupun perawatanya.

Kandang Minimalis Ayam Serama

Model kandang minimalis untuk Ayam Serama ini juga bisa Anda terapkan

Dan yang terpenting, biayanya tidak hanya mengenai uang, tetapi juga waktu yang perlu Anda berikan untuk hewan kesayangan Anda tersebut.  Setiap hari Anda perlu memeriksa bagaimana ayam Anda berkembang, apakah mereka makan dengan baik, apakah mereka bertelur, apakah mereka saling berkelahi/tarung, kondisi kesehatan mereka, dll.

Setelah Anda membaca 7 poin di atas bagi yang belum pernah memulai ternak bisa jadi muncul pemikiran kalau ternak ayam itu cukup ribet. Namun memang di balik keribetan itu akan tergantikan oleh kebahagian saat Anda melihat gerak-gerik ayam, mengamati bulunya, mendengarkan suara kokok nya serta mengambil daging atau telurnya bila di perlukan. Anda juga bisa memberikan hadiah yang istimewa kepada kerabat ataupun teman bila ternak ayam Anda sudah memproduksi anakan ayam.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda lebih semangat lagi untuk memulai ternak. Jika ada hal-hal yang perlu didiskusikan Anda bisa tulis di kolom komentar atau hubungi kami kapan saja. Anda juga dapat mendapatkan berbagai jenis ayam berkualitas di tempat kami. Kami mampu mengirimkan ke seluruh Indonesia. Hubungi kami di whatsapp:

0856 4772 3888

0812 2028 8686

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: