0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Bebek Betina Mojosari : Cara Beternak Bebek Petelur

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Bebek Betina Mojosari : Cara Beternak Bebek Petelur

Pemeliharaan Bebek yang Baik

Cara Beternak Bebek Petelur

Cara beternak bebek petelur dikalangan peternak berbeda-beda. Bebek merupakan nama burung untuk beberapa spesies burung dalam keluarga anatidae. Bebek pada umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran kecil dibandingkan dengan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek dan banyak ditemukan diperairan seperti di sungai, rawa dan air laut. Bebek sering disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh dengan Bebek namun mempunyai kemiripan dalam penampilan misalnya loon, grebe dan coot.

Dari tahun ke tahun permintaan bebek semakin meningkat, baik dari daging, telur dan bulunya, oleh karena itu jika Anda ingin memulai beternak bebek tentu masih terbuka peluang yang cukup besar. Terdapat 3 jenis bebek yaitu Bebek Pedaging, petelur dan Hias (ornamen). Tentu dalam memulai beternak, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang berhubungan dengan dunia peternakan.

Mengenal Bebek Petelur Mojosari

Nama aslinya adalah bebek mojosari, siapa yang tidak mnegenal bebek mojosari yang terkenal akan penghasil telur dengan jumlah yang banyak ini?. Tentu Anda sekalian sudah mengenal jenis bebek petelur unggul yang satu ini bukan. Bebek Mojosari merupakan bebek penghasil telur, bebek inibanyak ditemukan di desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Dan wilayah persebaran bebek petelur ini hingga ke daerah Jaw Timur dan Jawa Barat.

Saat ini bebek petelur ini sudah banyak dikembangkan di berbagai wilayah di Indonesia, bukan hanya dijawa saja. Tapi ternyata sudah menyebar dari Sumatra hingga Papua. Masa bertelur untuk bebek mojsari dapat berlangsung pada usia memasuki 22 – 24 minggu. Memiliki lama produksi hingga 3 tahun. Produktifitas telur bebek yang dihasilkan dapat mencapai 200 – 220 butir, bahkan bisa mencapai 230 – 250 butir per tahunnya. Tentu hasil yang cukup tingii bukan.

Bebek Hibrida
Bebek Hibrida

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam beternak Bebek Petelur ?

1. Mempersiapkan bibit Bebek Petelur

Dalam memulai usaha budidaya bebek petelur tentu yang harus dipersiapkan dan diperhatikan adalah Bibit/DOD. Pemilihan DOD bebek yang berkualitas dan sehat tentunya akan memberikan hasil yang maksimal dalam masa panen.

Adapun ciri – ciri DOD yang sehat adalah sebagai berikut :

  1. Tidak cacat dan sakit
  2. Bulu bersih dan tidak mengkilap
  3. Mata bersih dan bersinar
  4. Ukuran antara kaki, kepala dan leher yang proposional
  5. Tidak ada kotoran yang menempel pada kloaka
  6. Bergerak aktif dan licah
  7. Gemar bersuara

2. Prosedur Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan bebek petelur dari usia DOD hingga dewasa memang memerlukan perhatian yang khusus. Kesalahan dalam pemeliharaan terutama kurangnya nutrisi pada pakan akan mengakibatan pertumbuhan bebek menjadi kurang optimal. Peternak harus senantiasa meninjau kondisi bebek agar bebek selalu dalam keadaan sehat dan kondusif.

Dalam pemeliharaan bebek juga terdapat tiga sistem pemeliharaan, diantaranya ada pemeliharaan secara instensif, ekstensive dan semi intensif. Namu jika peternak menginginkan hasil yang maksimal dalam pemeliharaan bebek petelur. Maka sebaiknya menggunakan pola sistem pemeliharaan instensif. Karena peluang yang dihasilkan dalam produktivitas bertelur juga akan lebih besar.

Pemeliharaan sistem intensif banyak diterapkan oleh peternak, karena bebek dalam posisi dikandangkan. Hal ini juga dapat mempermudah peternak dalam mengontrol kesehatan bebek, pakan serta mempermudah dalam pemanenan telur bebek.

Berkembangnya sistem pemeliharaan intensif dilatar belakangi dengan semakin sempitnya lahan untuk beternak namun semakin banyak permintaan Bebek. Oleh karena itu peternak dituntut untuk selalu menjaga mutu daging atau telurnya.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Lokasi kandang yang baik untuk membuat kandang adalah jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari lokasi bencana (banjir dan tanah longsor), mudah dalam pendistribusiannya, dekat dengan sumber pakan dan jauh dari sumber bibit penyakit.

Kandang yang dibuat sebaiknya diberikan atap sebagian dan sebagian atapnya tidak kemudian disekelilingnya diberi pagar berupa bilah bambu atau jaring paranet. Kandang yang beratap dipakai untuk tidur dan bertelur. Itulah sebabnya dalam pembuatan kandang, lantainya perlu diberikan sekam atau jerami agar tetap hangat dan dapat mencegah telur pecah.

Bagian yang terbuka merupakan tempat untuk minum dan makan. Lantai kandang ini bisa tanah biasa, anyaman bambu atau semen. Upayakan kandang agar tidak becek dan tetap kering. Usahakan bebek mendapatkan sinar matahari.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Pakan campuran yang dapat diberikan untuk Bebek

Protein

Protein terdiri dari beberapa unsur yaitu karbohidrat, lemak, mineral dan unsur yang lainnya, sehingga protein memang sangat diperlukan oleh bebek. Kebutuhan protein yang dibutuhkan bebek adalah :

  • Bebek usia 0-4 minggu membutuhkan protein sebanyak 18-20%.
  • Bebek yang berusia 5-21 minggu, protein sebanyak 14-16%.
  • Bebek usia 21 minggu ke atas (sudah bertelur) membutuhkan protein 15-17%.

Hasil utama usaha beternak Bebek adalah daging dan telurnya, bebek betina sebagai induk untuk menghasilkan telur, sedangkan bebek jantan sebagai penghasil daging dan kotoran sebagai pupuk tanaman.

DOD Hibrida
DOD Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indonesia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:
Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, ternak bebek petelur modern, pakan ternak bebek petelur, cara ternak itik petelur tanpa air, cara ternak bebek petelur kering, analisa usaha bebek petelur, kandang bebek petelur, harga bebek petelur, ternak bebek entok, makanan bebek, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, kandang bebek, cara ternak bebek, ciri-ciri bebek, budidaya bebek, beternak bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, harga telur bebek, bebek pedaging, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor

**Linda Rahmawati Choiriyah**

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: