Cara Mempercepat Pertumbuhan Anak Ayam dengan Serbuk Vita Chicks

Cara Mempercepat Pertumbuhan Anak Ayam dengan Serbuk Vita Chicks

Cara mempercepat pertumbuhan ayam salah satunya dengan memberikan Serbuk Vita Chicks

Cara Mempercepat Pertumbuhan Anak  Ayam dengan Serbuk Vita Chicks – Memelihara ayam memang harus dilakukan secara sabar dan telaten supaya ayam tumbuh dengan baik dan sehat. Asupan-asupan nutrisi ataupun vitamin memang diperlukan dalam pemberian makanan untuk ayam, agar pertumbuhan ayam sesuai yang di harapkan. Jangan sampai hal-hal yang tidak kita fikirkan akan terjadi pada hewan peliharaan kita.Salah satu penyakit tersebut adalah lambatnya pertumbuhan anak ayam. Walaupun penyakit ini jarang dijumpai peternak, sebagai langkah antisipasi peternak harus selalu siap dengan berbagi faktor yang akan terjadi. 

Lambatnya pertumbuhan ayam disebabkan oleh faktor internal ketika masih dalam telur dan faktor eksternal yang keluar dari manajemen. Faktor DOC juga sangat mempengaruhi pertumbuhan anak ayam, baik berupa penyimpangan DOC, lolosnya DOC yang seharusnya di Culling dipenetasan, usia induk, bahkan juga bisa disebabkan oleh penyakit ISS (Infection Stunting Syndrom) ataupun bisa dikarenakan efek samping dari jarak transportasi yang jauh.

Ayam yang sehat akan tumbuh optimal dengan bobot yang sesuai target peternak
Ayam yang sehat akan tumbuh optimal dengan bobot yang sesuai target peternak

Biasanya faktor-faktor tersebut dapat terlihat sekitar 10-14 hari. Untuk mengetahui kulaitas DOC dapat dilakukan dengan cara pembandingan performa pengguna DOC dengan produsen yang sama dan kisaran waktu yang sama.

Apa penyebab pertumbuhan Ternak Ayam menjadi terganggu ?

Salah satu penyebab terganggunya pertumbuhan anak ayam yaitu penyakit ISS (Infection Stunting Syndrom), penyebab penyakit ini memang belum diketahui secara pasti. Namun ada beberapa virus yang diduga menjadi penyebabnya. Antara lain reovirus, anterovirus, parvo virus, calicivirus, rota virus non-spesifik, partikel yang mirip toga virus, dan corona virus. Dari berbagai macam virus inilah yang menjadi penyebab lambatnya pertumbuhan anak ayam.

Ketika ayam masih menginjak usia anakan, anak ayam akan mudah terserang penyakit., Untuk itu perlua upaya pencegahan dengan memberikan vaksin dan vitamin yang tepat agar kesehatan tetap terjaga
Ketika ayam masih menginjak usia anakan, anak ayam akan mudah terserang penyakit., Untuk itu perlua upaya pencegahan dengan memberikan vaksin dan vitamin yang tepat agar kesehatan tetap terjaga

Bagaimana cara mengobati DOCAyam agar cepat tumbuh besar ?

Pertumbuhan anak ayam yang tidak seragam memang membuat bukan masalah yang kecil bagi peternak. Karena dengan adanya hal tersebut akan mempengaruhi pada masa panen. Masa panen ayam akan menjadi tidak terkontrol, karena ada ayam yang sudah siap panen dan ada anak ayam yang masih berusia kecil. 

Untuk mengantisipasi terjadinya ganguan melambatnya pertumbuhan ayam sehingga menyebabkan ketidakseragaman ini dapat diatisipasi dengan rutin memberikan vaksin dan tentunya pemberian vitamin juga. Adapun untuk jenis vitamin yang dapat diberikan peternak pada ayam yang diternakkan yakni menggunakan Vita Chicks.

Apa itu Vita Chicks ?

Vita Chicks adalah serbuk yang mengandung multivitamin yang dikombinasikan dengan Growth Promoter Antibotic yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam. Selain itu indikasi lain yang terdapat dalam serbuk Vita Chicks ini adalah untuk mepercepat pertumbuhan, mencegah kekurangan vitamin, mengatasi stres, mengurangi angka kematian pada anak ayam.

Pemberian vita chick ini sangat dikeromendasikan untuk usia ayam dibawah 1,5 bulan. Karena diusia inilah anak ayam akan rentan terhadap serangan penyakit Tetapi tidak menutup kemnungkinan ayam yang sudah menginjak usia dewasa dapat diberikan vitamin ini agar lebih terjaga kesehatannya. 

Vita Chicks adalah serbuk yang mengandung multivitamin yang dikombinasikan dengan Growth Promoter Antibotic yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam.
Vita Chicks adalah serbuk yang mengandung multivitamin yang dikombinasikan dengan Growth Promoter Antibotic yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam.

Mengapa vitachick sangat dikeromendasikan untuk menjaga pertumbuhan anak ayam, bahkan dapat mempercepat pertumbuhannya juga ? Karena di dalam serbuk vita chick tersebut terdapat berbagai vitamin yang sangat bermanfaat diantaranya adalah vitamin A, D,E,K,B dan lain sebagainya. Keterangan vitamin lainnya tersebt dapat diamati pada kemasan serbuk vita chick tersebut. 

Berapa Dosis dan Aturan Pakai yang dianjurkan ? 

Agar pemberian vserbuk vita chick dapat sesuai dengan takaran yag dianjurkan dan sesuai dengan usia ayam. Serbuk vita chick ini memang berguna untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam, untuk memenuhi kekurangan vitamin, mengatasi stres (perubahan cuaca, vaksinasi, perjalanan, pindah kandang) dan meningkatkan daya tahan tubuh anak Ayam. Maka peternak diharapkan dapat memberikan serbuk tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya anjuran tersebut sudah tertera dalam kemasan serbuk tersebut.

Dosis dan Anjuran pemakain obat untuk diberikan ke Ternak Ayam biasanya sudah tertera di kemasan Serbuk Vita Chicks
Dosis dan Anjuran pemakain obat untuk diberikan ke Ternak Ayam biasanya sudah tertera di kemasan Serbuk Vita Chicks
  • Untuk anak ayam umur 0-2 minggu : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari
  • Untuk anak ayam umur 3-4 minggu : 5 gram tiap 12 liter air minum per hari
  • Untuk anakan ayam umur 5 minggu- dewasa : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari ( ketika mengalami gangguan )

Untuk jadwal pemberiannya peternak dapat memberikannya setiap hari, bisa dilakukan pada wkatu pagi, siang ataupun sore. Serbuk vita chick ini diberikan dengan dicamprkan dengan air bersih. Jika air minum tersebut sudah habis, peternak dapat mengantinnya dengan yang baru. Usahakan agar air minum tersebut habis dalam waktu 24 jam, jika terlewat dari waktu tersebut peternak dapat membuangair tersebut dan diganti dengan yang baru. 

Bagaimana jika ayam sudah terlanjur terkena penyakit ? 

Banyak dikalangan peternak tidak mengetahui bagaimana tanda – tanda ayam yang sakit. Peternak biasanya mengetahui ayam tersebut sakit bila ayam sudah lemas dan tidak kuat untuk berdiri, bahkan bisa langsung mendadak mati. Adapun untuk ciri – ciri ayam yang sakit sebagai berikut ini :

Kenali Ciri – ciri Ayam yang Sakit 

  • Mata ayam terlihat lesu
  • Jengger berwarna kusam atau pucat
  • Ayam menjadi lemas dan sering tertidur
  • Nafsu makan dan minum hilang 
  • Bulu terlihat beratakan dan kotor
  • Ayam sering tidur diatas kotoran sendiri
  • Kotoran ayam cenderung basah dan terdapat cacing di dalamnya

Jika salah satu dari ternak ayam mengalami ciri – ciri ayam yang sakit diatas segera lakukan tindakan. Tindakan yang dapat dilakukan yakni segera memisahkan ayam dengan ayam yang lainnya. Letakan ayam di dalam kandang tersendiri yang jauh dari ayam – ayam yang lainnya. Karena ayam yang terlanjur sakit akan lebih mudah menyebabkan penyakit pada kawan lainnya. 

Selain memberikan vitamin usahakan agar peternak juga selalu memberikan pakan yang berigzi serta menjaga kandang agar tetap bersih
Selain memberikan vitamin usahakan agar peternak juga selalu memberikan pakan yang berigzi serta menjaga kandang agar tetap bersih

Setelah ayam dipisah, usahakan agar segera memberikan obat pada ayam yang sakit. Sesuaikan obat ayam tersebut dengan penyakit yang diderita si ayam. Jika ada kematian ayam yang sakit tersebut segera bakar ayam tersebut atau dependam dalam tanah. Usahakan agar lokasi pemendaman atau pembakaran ayam tersebut jauh dari lokasi kandang. Hal ini agar mengantisipasi ayam tersebut menyebarkan virus penyakit kembali. 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai pemeliharaan ayam yang baik, silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikur ini : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ternak ayam, cara mengobati ayam yang sakit, obat untuk mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan anak ayam, cara mengobati lambatnya pertumbuhan anak ayam, penyakit gangguan pertumbuhan pada anak ayam, serbuk vita chicks, obat vita chicks, obat ayam vita chicks, ciri – ciri ayam sakit, anak ayam, ayam sehat

Image Sources:

  • joper di kandang postal: Meilani Sawitri

 

2 Responses

  1. erien says:

    pak disini jual bibit anak ayam potong juga tidak?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: