Fungsi EM4 Bagi Ternak Ayam Kampung Super (JOPER)

EM4 merupakan singkatan dari Effectivite Microorganisme 4. Cairan yang dikenal degan nama EM4 ini terbentuk dari beberapa campuran mikroorganisme hidup yang tentunya bermanfaat dan berguna bagi proses penguraian. 

Produk EM4 merupakan EM cair berwarna coklat kekuning-kuningan yang berasal dari bahan – bahan organik.

Cairan EM4 ini sangat memberikan keuntungan bagi peternak.

Karena cairan yang memiliki ciri berbau asam dan manis ini sangat baik untuk pertumbuhan hewan ternak terutama ternak ayam.

Aroma asam dan manis yang dihasilkan cairan EM4 ini disukai oleh hewan ternak sehingga akan meningkatkan nafsu makan dan minum. 

Ayam Kampung Super (JOPER) adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina dengan masa panen 60 hariSource: twitter.com
Ayam Kampung Super (JOPER) adalah persilangan dari ayam bangkok pejantan dengan petelur betina dengan masa panen 60 hari

Saat ini peternak tidak perlu kawatir dalam penggunaan EM4 untuk hewan ternak, penggunaanya sangat aman karena cairan ini tidak mengandung bahan – bahan kimia. 

EM4 mampu memperbaiki jasad renik di dalam saluran pencernaan ayam sehingga kesehatan ayam akan meningkat, tidak mudah stres dan kotoran tidak bau atau akan berkurang baunya.

Apa saja Fungsi EM4 bagi Ayam Kampung Super ? 

Ternayata EM4 sangat bermanfaat loh bagi kesehatan hewan ternak, terutama pada peternakan Ayam. Banyak peternak yang mengeluhkan tentang kotoran ayam yang berbau menyengat.

Sehingga bau tersebut akan menganggu kesehatan, terutama pada kesehatan manusia. Tentu hal inilah yang tidak diinginkan oleh suatu peternakan.

BACA JUGA:  Pemeliharaan Ayam Kampung Super dari DOC Sampai Masa Panen

Tetapi kali ini Anda sebgai peternak tidak perlu merasa kawatir akan bau kotoran ayam yang menyengat. Hal ini dapat diatasi dengan cara memberikan cairan EM4 pada ternak ayam Anda.

Mau tau apa saja keuntungan atau manfaat yang dihasilkan dari EM4 untuk kesehatan ayam ini ? Berikut untuk point – pointnya 

Fungsi EM4 bagi ternak ayam joper yakni memperbaiki dan meningkatkan kesehatan ternak | Fungsi EM4Source: blibli.com
Fungsi EM4 bagi ternak ayam joper yakni memperbaiki dan meningkatkan kesehatan ternak | Fungsi EM4

Fungsi EM4 bagi kesehatan Ayam JOPER (Ayam Kampung Super) :

1.Meningkatkan kualitas daging ayam kampung super 
2. Memperbaiki dan meningkatkan kesehatan hewan ternak
3. Menyeimbangkan mikroorganisme yang menguntungkan organ percernaan ayam kampung super 
4. Mengurangi tingkat kematian ayam kamung super 
5. Memperbaiki tingkat kesuburan ayam 
6. Mencegah bau tak sedap pada kandang ayam joper terutama pada kotoran yang dihasilkan
7. Mencegah strees pada ayam joper. 

Selain itu kegunaan EM4 juga tidak hanya untuk hewan ternak seperti ayam saja, tetapi bisa juga digunakan untuk tumbuhan.

Manfaatnya pun juga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Seperti, meningkatkan jumlah produksi tanaman, menjaga kestabilan hasil pertanian atau perkebunan, memfermentasi bahan organik, meningkatkan kualitas panen dan masih banyak lagi manfaatnya. 

Bagimana cara menggunakan EM4 sebagai capuran pakan Ayam Kampung Super ? 

A. Pakan Ayam 

Larutkan cairan EM4 sebanyak 1 – 2 cc per 1 – 1,5 litter air. Kemudian semprotkan cairan yang telah dicampurkan tersebut ke pakan ternak yang akan diberikan pada ayam.

Perlu diketahui, pemberian untuk unggas EM4 dapt dicampurkan dengan pakan alternatif.

Pakan alternatif tersebut dapat berupa dedak, konsetrat dan jagung.

Untuk ukurannya dapat diberikan dengan perbandigan 10 bagian. EM Bokashi + 10 bagian dedak + 2 bagian konsentrat + 2 bagian jagung. 

B. Air Minum

Untuk pemberian pada air minum ternak ayam, peternak dapat mencampurkan larutan EM4 sebanyak 1 – 2 CC ke dalam 1 – 1,5 Litter air.

BACA JUGA:  3 Jenis Obat Herbal untuk Mengobati Penyakit Snot pada Ayam

Pemberian minum ini dapat diberikan setiap hari agar kesehatan ayam tetap terjaga. 

Cairan EM4 juga dapat diberikan dengan cara dicampurkan pada air minum hewan ternak | Cairan EM4Source: 8villages.com
Cairan EM4 juga dapat diberikan dengan cara dicampurkan pada air minum hewan ternak | Cairan EM4

C. Limbah Ternak

Untuk mengurangi bau yang dihasilkan kotoran ayam agar tidak terlalu menyengat, maka peternak dapat menggunakan cairan EM4. Caranya adalah dengan mencampurkan EM4 dengan gula dan air. Pencampuran ini tetap menggunakan perbandingan 1 : 1 : 100.

Setelah itu diamkan campuran tersebut selama 2 hari, hal ini bertujuan agar proses fermentasi berjalan dengan baik. Perlu diketahui bahwa larutan ini dapat disemprotkan pada limbah ternak dengan kapasitas 1 ton. Limbah yang telah difermentasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan organik yang bermanfaat untuk pertanian. 

Limbah kotoran ayam yang telah diberi EM4 dapat menyuburkan tanah | Pupuk TanahSource: 8villages.com
Limbah kotoran ayam yang telah diberi EM4 dapat menyuburkan tanah | Pupuk Tanah

D. Kerbersihan Sanitasi

Untuk pembuatannya sama halnya dengan pembuatan EM4 untuk limbah ternak. Hanya saja untuk keperluan kebersihan kandang maka penyemprotan dilakukan dengan dosis 1 – 2 litter per meter persegi. Perlu diingat bahwa penggunaan larutan ini tidak boleh melebihi dari 3 bulan. 

Hal – hal yang perlu diperhatikan saat memberikan EM4 untuk Ayam Kampung Super

Untuk pemberiannya pada ayam kampung super, sebagainya peternak jangan mencampurkan larutan EM4 dengan bahan kimia seperti urea ataupun pestisida kimia. Disarankan juga untuk air yang digunakan untuk mencampurkan EM4 adalah air sumur atau air tanah. 

Berikut merupakan fungsi EM4 untuk ayam kampung super. SemogA ilmu yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat dan dapat memberikan solusi bagi ternak ayam Anda.

Saat ini ternak ayam kampung super telah banyak dibudidayakan karena memiliki masa panen yang singkat yakni 60 hari panen | Ayam Kampung SuperSource: Nura Sikin
Saat ini ternak ayam kampung super telah banyak dibudidayakan karena memiliki masa panen yang singkat yakni 60 hari panen | Ayam Kampung Super

Bagi Anda yang menginginkan untuk beternak ayam kampung super. Kami dari jualayamhias.com menyenyediakan bibit/DOC Ayam Kampung Super usia baru saja menetas. Kami siap mengirimkan pesanan baik Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa dengan harga terjangkau dengan kargo hewan terpecaya. 

BACA JUGA:  Jual DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (Joper) untuk Daerah Jambi

Informasi lebih lengkap mengenai cara pemesanan, daftar harga, cara pengiriman dan biaya ongkir. Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini : 

Kata terkait : EM4, fungsi EM4, ayam kampung super, DOC ayam kampung, harga DOC ayam kampung, bisnis peternakan yang menguntungkan, cara bikin em4 peternakan, contoh membuat em4 peternakan, em4 peternakan untuk fermentasi, ternak DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC Ayam Kampung Super

5/5 - (16 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: