Cara Membuat Kandang Ayam Joper dari Nol Sampai Panen (PART 3)

Sebelum lanjut ke artikel part 3 bagi yang belum membaca artikel part 2 bisa dibaca dahulu ya. Langsung klik link artikel kami berikut ini ya : Apa Saja Keunggulan Ayam Joper yang Perlu Anda Ketahui ? (PART 2)

Ayam Joper, atau lebih dikenal sebagai ayam kampung super, adalah salah satu jenis ayam kampung yang banyak menghasilkan daging.

Membuat kandang yang baik dan efisien adalah langkah pertama yang penting dalam memulai usaha peternakan ayam Joper.

Dalam beternak ayam joper pembuatan kandang menjadi faktor utama pendukung keberhasilan dalam ternak. | image 1
Dalam beternak ayam joper pembuatan kandang menjadi faktor utama pendukung keberhasilan dalam ternak. | image 1

Artikel ini akan membahas cara membuat kandang ayam Joper dari awal hingga panen, dengan fokus pada dua periode periode starter (1-2 minggu) dan periode grower (2 minggu hingga panen).

Cara Membuat Kandang Ayam Joper

1. Kandang Ayam Joper Periode Starter (usia 1-2 minggu)

Ketika merancang kandang untuk periode starter ayam Joper, pertimbangkan beberapa faktor kunci. Ukuran kandang sebaiknya minimal 1 x 1 x 0,4 meter untuk 100 ekor ayam, tetapi fleksibilitas ada dalam penyesuaian ukuran sesuai dengan kebutuhan dan anggaran peternak.

Selain itu, pilihan bahan kandang juga sangat penting, Anda dapat memilih antara bambu, papan, atau kawat ram sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Berikut merupakan salah satu kandang starter untuk ayam joper usia 1-2 minggu | image 2
Berikut merupakan salah satu kandang starter untuk ayam joper usia 1-2 minggu | image 2

Pastikan juga untuk memasang lampu pemanas dengan daya 5-10 watt yang sesuai dengan suhu di sekitar kandang, karena suhu yang nyaman sangat diperlukan untuk pertumbuhan ayam dalam periode starter ini.

Tak kalah penting lagi adalah memberikan pemeliharaan maksimal, termasuk perhatian terhadap nutrisi dan kondisi lingkungan yang optimal, karena masa keemasan ayam Joper terjadi pada periode ini.

BACA JUGA:  Cara Ternak Ayam Kampung Super Menggunakan Prinsip-Prinsip Sederhana

2. Kandang Ayam Joper Periode Grower (usia 2 minggu – panen)

Pada periode grower (2 minggu hingga panen), kandang ayam Joper harus dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ayam dengan baik. Di bawah ini adalah panduan untuk membuat kandang periode grower.

Kandang grower dapat dibuat dari berbagai bahan seperti bambu, papan, atau dinding semen. Pilihan bahan harus memenuhi kebutuhan pemeliharaan yang Anda rencanakan.

Bentuk kandang dapat disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan Anda. Dua jenis kandang yang umum digunakan adalah kandang postal dan kandang panggung.

Salah satu contoh kandang postal yang siap diisi oleh ayam joper usia 2 minggu sampai panen | image 3
Salah satu contoh kandang postal yang siap diisi oleh ayam joper usia 2 minggu sampai panen | image 3

a. Kandang Postal

Kandang postal cocok untuk ayam Joper yang berusia 2 minggu. Ukuran kandang pembesaran untuk 100 ekor ayam sekitar 5 meter x 3 meter.

Pastikan tinggi kandang sekitar 3 meter untuk menjaga suhu yang optimal. Lantai kandang dapat menggunakan sekam padi, serbuk kayu, dan kapur dengan ketebalan 5-10 cm.

Penting untuk menjaga kelembaban litter kandang dengan rutin membalik sekam setiap 3-4 hari. Sekam yang tidak dibalik dapat menjadi lembab dan berpotensi ditumbuhi jamur.

Kandang panggung sangat cocok diaplikasikan pada tanah berawa atau tanah yang tidak beraturan | image 4
Kandang panggung sangat cocok diaplikasikan pada tanah berawa atau tanah yang tidak beraturan | image 4

b. Kandang Panggung

Kandang panggung memiliki ukuran relatif sama dengan kandang postal, tetapi yang membedakan adalah lantainya tidak menyentuh tanah.

Jarak antara lantai kandang dengan tanah sekitar 1-1,5 meter dengan tinggi dinding/rangka sekitar 1,5-1,6 meter. Dinding dan lantai kandang biasanya terbuat dari bilah bambu dengan jarak antar bambu sekitar 1,5-2 cm.

Ini memungkinkan sirkulasi udara yang baik dan memudahkan pembersihan kandang. Pada malam hari, usahakan agar sekitar kandang dapat ditutup dengan tirai plastik/terpal untuk menjaga suhu dan keamanan ayam.

Lakukan pembersihan kandang secara rutin untuk menjaga kesehatan ayam. Kandang yang bersih adalah kunci untuk menghindari penyakit dan mengoptimalkan pertumbuhan ayam.

BACA JUGA:  Jual DOC atau Bibit Ayam  Kampung Super (Joper) untuk Daerah Aceh

Membuat kandang ayam Joper dari nol hingga panen memerlukan perencanaan yang matang dan perhatian terhadap detail.

Pastikan untuk memilih bahan yang sesuai, memberikan perawatan yang optimal, dan menjaga kebersihan kandang.

Dengan melakukan ini, Anda dapat memastikan kesuksesan dalam usaha peternakan ayam Joper Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam membantu Anda memulai peternakan ayam Joper yang sukses

Layanan Pemesanan Bibit/ DOC Ayam Kampung Super

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di sana, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit ayam kampung super, bebek atau ayam hias berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan layanan konsultasi :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA kandang ayam joper Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 kandang ayam joper Cara Membuat Kandang Ayam Joper dari Nol Sampai Panen (PART 3)
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!