Cara Mudah Pembuatan Pakan Ayam Alternatif Menggunakan Ampas Tahu

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Mudah Pembuatan Pakan Ayam Alternatif Menggunakan Ampas Tahu

Cara Pembuatan Ampas Tahu Menjadi Bahan Alternatif untuk Pakan Ayam

Cara Mudah Pembuatan Pakan Ayam Alternatif Menggunakan Ampas Tahu – Saat ini budidaya hewan ternak semakin digemari dikalangan para pengusaha. Para pengusaha ini memualai karirnya dengan beternak ayam. Dengan beternak ayam banyak keuntungan yang didapatkan, selain keuntungan yang banyak perawatan untuk beternak ayam pun relatif cukup mudah dilakukan. Peluang usaha untuk pembudidayaan ternak ayam ini masih terbuka lebar.

Dalam usaha budidaya ayam peternah dihadapkan dengan kebutuhan yang sangat utama yaitu pemberian pakan. Untuk beternak ayam tentunya pakan yang harus diberikan kepada hewan ternaknya harus mengandung gizi serta vitamin yang baik untuk menunjang pertumbuhan pada ayam. Akan tetapi peternak sering dihadapkan pada masalah mahalnya harga pakan sehingga banyak peternak yang mengalami kerugian karena harga pakan ayam terus melonjak dan tidak stabil. Hal inilah yang ditakutkan para peternak dan menjadi pemicu berhentinya sebuah usaha pembudidayaan ternak ayam.

Tetapi ketakutan tersebut telah teratasi karena pada saat ini banyak inovasi – inovasi baru yang memanfaatkan sisa bahan pangan manusia atau bisa kita sebut sebagai limbah sebagai bahan alternatif penganti pakan pada ayam. Bahan baku penyusun pada pakan ayam memang sangat bagus untuk proses pertumbuhan ayam, jadi kebutuhan bahan baku pun cepat habis karena banyak peternak yang menggunakannya sebagai pakan ayam. Saat ini peternak telah menjumpai bahan pakan alternatif yang banyak kita jumpai dipasaran maupun di lingkungan masyarakat.

Peternak ayam dapat mengurangi penggunaan bahan baku dari pabrik guna mengurangi jumlah pengeluaran dana yang lebih besar sehingga dapat menghemat modal usaha yang ada dan mengantinya dengan bahan pakan yang didapat dari pemanfaatan limbah rumah tangga.

Cara Membuat Pakan Ayam dari Ampas Tahu

Limbah merupakan buangan ata sisa yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik dari kegiatan industri maupun kegiatan domestik atau rumah tangga.Pada umumnya banyak limbah yang masih dapat di daur ulang menjadi bahan bernilai guna, seperti botol plastik yang dapat disulap oleh pengrajin menjadi barang yang bernilai tinggi. Selain itu, limbah yang dapat dimanfaatkan oleh para peternak dalam pembudidayaan hewan ternaknya adalah limbah ampas tahu.

Ampas Tahu Bahan Alternatif untuk Pakan Ternak Ayam

Ampas Tahu Bahan Alternatif untuk Pakan Ternak Ayam *sumber gambar

Limbah Ampas tahu merupakan sisa dari dari pengelolahan bahan pangan tahu. Ampas tahu ini dapat didapatkan dengan harga yang realtif murah, sehingga banyak peternak yang memanfaatkan ampas tahu sebagai bahan alternatif untuk pakan ayam. Ampas tahu memiliki kandungan protein yang tinggi yang baik untuk produktifitas pada ayam. Namun dalam pemberian ampas tahu pada ayam peternak tetap harus menjaga kadar pemberian agar tidak terlalu banyak dan usahakan agar dalam pemberian pakan tidak tersisa pada wadah pakan karena ampas tahu akan menjadi lebih cepat membusuk sehingga wadah pakan akan ditumbuhi jamur jika tidak dibersihkan secara rutin.

Keuntungan dalam penggunaan Ampas Tahu sebagai bahan alternatif
pengati pakan ayam :

  • Ampas tahu memiliki harga yang relatif lebih ekonomis dibadingkan dengan pakan lain
  • Kandungan nutrisi yang ada pada ampas tahu masih tinggi sehingga masih bisa diberikan sebagai pakan ternak ayam
  • Ketersediaan ampas tahu masih berkelanjutan

Kekurangan daalam penggunaan ampas tahu sebagai bahan alternatif
penganti pakan ayam :

  • Ampas tahu masih mengandung air yang besar
  • Ampas tahu mudah sekali mengalami pembusukan
  • Tidak dapat bertahan lama
  • Serat kasar yang terkandung didalam ampas tahu masih banyak

Cara Pembuatan ampas tahu untuk pakan ayam sebagai berikut :

Bahan :

  • 25 kg Ampas tahu
  • 2 – 3 lembar Ragi Tempe atau 5 – 7 butir ragi tape
  • 500 gram Mineral B12 atau 0, 5 mineral feed supplement A medion

Cara Pembuatan :

  1. Peras ampas tahu hingga saat ampas ditekan kadar airnya sudah mulai berkurang
  2. Masukan ampas tahu tersebut kedalam paci guna untuk mengkukus ampas tahu. Kukus ampas tahu selama 30 menit
  3. Dinginkan ampas tahu tersebut dan hampakan ampas tahu ke lantai dengan dilapisi sebuah karpet atau sepanduk bekas
  4. Tebarkan ragi tape atau ragi tempe dan mineral diatas ampas tahu yang telah dingin kemudian aduh rata hingga semua bahan tercampur
  5. Setelah bahan tercampur kemudian masukan ampas tahu tersebut ke dalam ember atau drum plastik untuk diperam selama 2 – 3 hari hingga tercium bau wangi sebagai tanda bahwa proses fermentasi selesai.
  6. Keringkan ampas tahu dengan cara dimasukan kedalam oven, pengeringan ini bertujuan agar ampas tahun dapat awet hingga 2 bulan.Cara mengawetkan ampas tahu dapat dilakukan dengan cara menggunakan oven tersebut, dengan hal itu ampas tahu dapat bertahan hinga beberapa bulan kedepan Jika peternak tidak dapat mengeringkan menggunakan oven tetap simpan ampas tahu tersebut didalam ember, lalu ambil sedikit demi sedikit untuk langsung diberikan kepada ternak.

Sedangkan pembuatan pakan ampas tahu untuk ayam broiler adalah sebagai berikut :

Bahan :

  • Ampas Tahu
  • Bawang Putih
  • Probiotik
  • Molase
  • Garam Yodium

Cara Pembuatan :

  1. Haluskan bawang putih dan campur menggunakan air secukupnya
  2. Setelah bawang putih halus kemudian campurkan air bawangtersebut dengan a,pas tahu yang telah siap didalam ember kemudian aduh hingga rata
  3. Campurkan probiotik dengan air matang dan molase kemudian aduk hingga tercampur semua
  4. Diamkan campuran tersebut selama 10 menit
  5. Kemudian campurkan bahan tersebut dengan garam beryoduim yang telah dihaluskan terlebih dahulu
  6. Lalu caampur semua bahan tersebut dengan ampas tahu yang sudah tersedia didalam ember aduk secara merata hingga tidak terdapat bahan yang mengumpal di dalam bahan tersebut.

Pakan Ayam Fermentasi Kering

Pakan ayam fermentasi kering merupakan upaya dalam mengawetkan pakan untuk memenuhi kebutuhan pakan hewan. Dalam proses fermentasi pakan ini biasanya dilakukan oleh peternak yang memiliki letak peternakan yang jauh dengan ketersediaan sumber bahan pakan. Untuk menekan biaya transportasi biasanya peternak berusaha mendapatkan bahan pakan sebanyak – banyaknya untuk disimpan. Tetapi hal ini tentunya akan mengurangi kesegaran dan kualitas nutrisi pakan.

Hal tersebut dapat membuat hewan ternak tidak begitu menyukai pakan yang tidak segar dan nutrisi yang terkandung dalam pakan sudah berkurang. Ini akan mengakibatkan laju pertumbuhan ternak menjadi tidak maksimal dan akan berdampak pada nilai jualnya.Dengan hal tersebut peternak telah memiliki cara agar tetap menjaga kualitas nutrisis pakan ternak walaupun disimpan dengan jangka waktu yang lama dengan cara fermentasi pakan ternak.Dengan cara tersebut akan membuat bahan pakan menjadi lebih praktis dan efisien.

Adapun manfaat yang peternak dapatkan dengan cara mengfermentasi pakan adalah sebagai berikut :

  • Dapat mempertahankan pakan tanpa mengurangi jumlah nutrisi
  • Menekan biaya pemeliharaan dan menghemat tenaga karena bahan pakan yang digunakan berasal dari tanaman berserat dan tidak beracun
  • Kotoran pada hewan ternak akan menjadi kebih berkualitas sehingga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik
  • Hewan ternak mejadi tidak mudah sakit
  • Mengurangi bau kotoran hewan sehingga tidak mencemari udara lingkungan
  • Bobot hewan ternak akan cepat bertambah

Fermentasi Pakan Unggas dengan EM4

Produk EM4C merupakan cairan berwarna coklat kekuning – kekuningan dengan ciri berbau asam dan manis. EM4 mempu memperbaiki jasad renik didalam saluran pencernaan ayam sehingga kesehatan ayam akan meningkat, ayam menjadi tidak mudah stress dan kotoran menjadi tidak berbau menyengat. Pemberian pakan EM4 pada pakan dan minum ayam akan meningkatkan nafsu makan karena aroma asam manis yang ditimbulkan pada larutan ini. EM4 merupakan bahan alami yang sangat aman digunakan pada hewan ternak.Fungsi EM4

Kegunaan EM4 bagi ternak Ayam adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan mutu daging ayam
  • Memperbaiki dan meningkatkan kesehatan hewan ternak
  • Menyeimbangkan mikroorganisme yang mengutungkan dalam perut ayam
  • Mengurangi tingkat kematian ayam
  • Memperbaiki tingkat kesuburan ayam
  • Mencegah bau tak sedap pada kandang ayam dan mengurangi stress

Cara Membuat Pakan Fermentasi dengan EM4 adalah sebagi berikut

  1. Siapkan bahan yang akan difermentasikan kepada ayam seperti sayuran, tebon, jagung, rumput kering, dan jerami kering
  2. Kemudian cacah semua bahan menjadi ukuran yang lebih kecil agar mempermudah proses fermentasi
  3. Larutkan bahan fermentasi berupa Prebiotik EM4 dengan larutan gula tebu
  4. Letakan semua bahan yang telah dicacah diatas terpal atau plastik
  5. Campurkan semua bahan tersebut kemudian beri larutan fermentasi yang sudah dicampur
  6. Kemudian simpan bahan campuran bahan tersebut di dalam drum besar kemudian tutup dengan plastik atau terpal agar proses fermentasi menjadi lebih sempurna
  7. Proses fermentasi ini akan memakan waktu kurang lebih selama 14 hari

Dengan menggunakan fermentasi pakan tersebut dapat mempermudah peternak dalam memberikan pakan pada hewan ternaknya. Cara fermentasi sayuran untuk pakan ayam tersebut membuat peternak menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan dana untuk membeli konsumsi pakan ayam pabrikan. Cara tersebut juga dapat dilakukan untuk fermentasi pakan ayam bangkok.

Kata terkait :
cara membuat pakan fermentasi dengan em4,pakan ayam fermentasi kering,cara fermentasi sayuran untuk pakan ayam,fermentasi pakan unggas dengan em4,ampas tahu untuk pakan ayam broiler,cara mengawetkan ampas tahu,fermentasi pakan ayam bangkok,cara membuat pakan ayam dari ampas tahu

Nurasikin:)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: