Bagaimana Rasa & Lezatnya Daging Ayam Mutiara ?

Hai sobat pecinta ayam hias.. kali ini kami akan membahas tentang ayam mutiara. Ayam mutiara ini merupakan spesies keluarga Numididae yang cukup populer. Habitat asli ayam mutiara ini berasal dari Afrika tepatnya di daerah selatan Sahara.

Perlu anda ketahui bahwa daerah Afrika terutama pada selatan Sahara ini telah dikenal secara luas sebagai tempat dimana banyak satwa.

Keberadaan ayam mutiara ini ternyata sudah banyak dikembangbiakan mulai dari daerah Hindia Barat, Amerika Utara, Australia hingga Eropa.

Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 1
Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 1

Di Indonesia sendiri ayam mutiara banyak di ternakkan sebagai ayam hias karena ayam ini memiliki keunikan yang berbeda dari jenis ayam lainnya.

Selain dijadikan sebagai ayam hias ternyata ayam mutiara ini juga dijadikan untuk diambil daging dan telurnya

Kandungan Gizi Daging Ayam Mutiara

Bobot dari ayam mutiara dapat mencapai sekitar 500 gram hingga 1 kg/ ekornya. Daging ayam mutiara memiliki rasa hampir sepertu daging puyuh dan seperti daging burung pegar.

Dalam daging ayam kalkun mengandung sedikit lemak dan air dibandingkan dengan daging ayam. Selain itu protein yang terkandung dalam daging ayam mutiara lebih jenuh dibanding dengan daging unggas jenis lainnya.

Daging ayam mutiara tergolong aman dikonsumsi oleh orang dewasa dan anakan-anak. Dagingnya pun kaya akan vitamin yang mudah larut dalam air serta mineral.

Baca juga : Jenis-jenis Ayam Mutiara yang Paling Populer dan Banyak Dicari Kolektor

Walaupun warna daging ayam mutiara sedikit keabu-abuan namun kandungan gizinya tinggi | image 2
Walaupun warna daging ayam mutiara sedikit keabu-abuan namun kandungan gizinya tinggi | image 2

Memang benar jika dibandingkan dengan daging ayam pedaging pada umumnya, daging ayam mutiara mengandung sedikit lemak dan berair.

Bahkan dalam 100 gram daging ayam mutiara dapat mengandung beberapa gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram daging ayam mutiara ini adalah sebagai berikut ini :

  • Protein 21 gram
  • Lemak 2,5 gram
  • Karbohidrat 0,6 gram
  • Abu 1,3 gram
  • dan yang lainnya adalah kandungan air sebesar 73 gram
BACA JUGA:  READY STOCK AYAM HIAS TERBARU

Total dari nilai gizi tersebut yakni 110 kkal, bagaimana tinggi bukan gizi dari daging ayam mutiara tersebut.

Bagaimana Rasa Daging Ayam Mutiara ?

Selain diternakkan sebagai ayam hias karena keunikan yang dimiliki ayam mutiara ini. Ternyata tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan daging dan juga telurnya.

Daging dan telur ayam mutiara banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi guna mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari.

Tekstur dari daging ayam mutiara sendiri cenderung seperti daging burung puyuh. Bagi Anda yang pernah memakan daging burung puyuh maka citarasa dan teksturnya sama.

Tekstur daging ayam mutiara cenderung hampir sama dengan daging burung puyuh | image 3
Tekstur daging ayam mutiara cenderung hampir sama dengan daging burung puyuh | image 3

Saking lezatnya daging ayam mutiara sampai-sampai di suatu negara menjadikan daging ayam mutiara ini sebagai santapan di restoran. Alasan yang menjadikan daging ayam mutiara sebagai olahan makanan ini karena daging ayam mutiara juga dikenal oleh aroma kelezatannya.

Daging ayam mutiara ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan terutama dengan resep masakan khas nusantara. Penggolahan daging ayam mutiara pun juga tidak terlalu rumit bahkan tidak jauh berbeda dengan cara pengolahan daging bebek dan daging ayam pada umumnya.

Adapun hasil olahan daging ayam mutiara tersebut diantaranya sebagai berikut :

  • Ayam Mutiara Goreng
  • Ayam Mutiara Crispy
  • Ayam Mutiara Bakar
  • Ayam Mutiara Kuah
  • dan lain-lainnya
Olahan daging ayam mutiara yang paling terkenal yakni dengan cara dipanggang | image 5
Olahan daging ayam mutiara yang paling terkenal yakni dengan cara dipanggang | image 5

Menjaga kesehatan tentu tidak hanya dengan olahraga rutin setiap hari, namun perlu adanya kesadaran diri juga untuk selalu memperhatikan makanan yang masuk kedalam tubuh.

Pada era sekarang ini banyak masyarakat yang lebih suka mengkonsumsi makanan bermicin tanpa melihat efek buruk yang didapatkan.

Oleh karena itu perlu adanya kesadaran diri agar selalu menjaga kesehatan tubuh salah satunya dengan mengkonsumsi daging ayam mutiara karena kandungan gizi didalamnnya yang tinggi.

Baca juga : Jual Ayam Mutiara dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Jenis-jenis Ayam Mutiara yang tersedia di jualayamhias.com. Info pemesanan via WA 0856-4772-3888 | image 6Source: canva.com
Jenis-jenis Ayam Mutiara yang tersedia di jualayamhias.com. Info pemesanan via WA 0856-4772-3888 | image 6

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapakan daging ayam mutiara bisa didapatkan di jualayamhias.com. Kami menyediakan daging ayam mutiara usia indukan dan siap konsumsi.

BACA JUGA:  Galeri Foto Ayam Mutiara Putih Terbaru

Selain itu jika Anda ingin membudidayakan ayam mutiara untuk diternakkan, kami pun juga menyedikan ayam mutiara dari usia anakan satu bulan hingga indukan.

Kami dapat mengirimkan ayam mutiara hingga keseluruh wilayah Indonesia bia bis, travel, kereta dan pesawat dengan biaya ongkos pengiriman terjangkau dan juga aman.

Silahkan dapat menghubungi nomor Whatsaap kami di bawah ini untuk mendapatkan daftar harga ayam mutiara, cara pengiriman, cara pemesanan dan informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: