Jenis-jenis Ayam Mutiara yang Paling Populer dan Banyak Dicari Kolektor

Hallo sobat pecinta ayam hias, sudahkah kalian semua tahu apa itu ayam mutiara ? Pasti sudah tidak asing lagi bukan ditelinga sobat pecinta ayam hias ?

Nahhh… jika sudah ada yang tahu dan belum tau mari kita ketahui bareng yuk tentang ayam mutiara dan jenis-jenisnya.

Ayam mutiara ini menjadi salah satu unggas ayam yang memiliki habitat asli di Afrika. Biasanya ayam mutiara ini juga sering dijuluki dengan Guinea Fowl dan merupakan jenis ayam yang tidak dapat terbang terlalu tinggi.

Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1Source: cluckin.net
Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1

Jika kita lihat jenis-jenis ayam mutiara ini memiliki warna yang berbeda-beda loh. Tetapi paling sering kita temukan yakni dengan warna abu-abu tua kehitaman dengan bintik-binti putih yang tumbuh hingga seluruh tubuhnya.

Ayam mutiara ini ternyata memiliki karakter hidup berkelompok atau membentuk koloni besar dan kecil. Biasanya ayam mutiara ini dimanfaatkan untuk diambil daging dan juga telurnya untuk dikonsumsi.

Untuk bobot ayam mutiara jantan maupun betina mulai 700 gram sampai 2 kg/ ekornya dan dominan ayam mutiara betina yang memiliki bobot lebih tingi dibanding ayam mutiara jantan.

Baca juga : Jual Ayam Mutiara dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Ayam mutiara biasanya hidup dengan cara berkoloni atau bergerombol dengan sesama jenisnya | image 2
Ayam mutiara biasanya hidup dengan cara berkoloni atau bergerombol dengan sesama jenisnya | image 2

Rasa daging ayam mutiara ini cenderung memiliki tekstur kering dan jika anda pernah mencicipi daging burung puyuh rasanya ternyata hampir sama. Selain itu daging ayam mutiara juga memiliki banyak gizi dan vitamin sehingga dapat memberikan manfaat pada tubuh.

Tidak hanya daging ayam mutiara saja yang mengandung banyak gizi dan vitamin ternyata telur ayam mutiara pun juga mengandung protein yang tinggi.

Ayam mutiara memiliki beberapa jenis dan warna yang berbeda-beda adapun jenisnya sebagai berikut ini :

Jenis-jenis Ayam Mutiara

Ayam mutiara termasuk jenis ayam hias yang memiliki keunikan berbeda dari jenis ayam pada umumnya. Keunikan ayam mutiara ini terdapat pada warna bulu, corak, kepala dan sifat-sifatnya.

Saat ini banyak masyarakat yang telah memelihara ayam mutiara untuk diternakkan atau sekedar hobi saja. Bahkan ternak ayam mutiara menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan.

Perawatan ayam mutiara cenderung mudah dan tidak terlalu sulit, karena pemeliharaan dapat dilakukan layaknya peternak dalam memperlakukan ayam pada umumnya.

Jenis ayam mutiara yang ada di Indonesia saat ini ada empat jenis, dari keempat jenis tersebut memiliki warna yang beda-beda. Simak pada pembahasan di bawah ini yaa..

1. Ayam Mutiara Hitam

Ayam mutiara hitam memiliki warna yang cukup eksotis. Pada warna dasar bulunya berwarna hitam dan terdapat bintik-bintik mutiara berwarna putih.

Keberadaan ayam mutiara hitam pun saat ini sudah banyak yang membudidayakan, karena ayam mutiara hitam ini memiliki banyak peminat dan tidak pernah surut.

Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 3
Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 3

2. Ayam Mutiara Silver

Ayam muutiara silver memiliki warna abu-abu silver dengan bintik-bintik berwarna putih. Dari bentuk kepala, kaki dan paruh masih pun masih sama seperti jenis ayam mutiara lainnya.

Hanya berbeda pada warna bulunya saja, bahkan ayam mutiara silver ini disebut sebagai ayam mutiara lavender.

Corak warna dari ayam mutiara silver cenderung berwarna abu-abu dengan bintik-bintik berwarna putih | image 4
Corak warna dari ayam mutiara silver cenderung berwarna abu-abu dengan bintik-bintik berwarna putih | image 4

3. Ayam Mutiara Putih

Seperti pada namanya ayam mutiara putih memiliki warna bulu berwarna putih bersih. Jika kita amati warna bintik-bitik putih yang terdapat pada bulunya pun hingga tidak terlihat.

BACA JUGA:  Berapa Lama Penetasan Telur Kalkun ?

Tidak sedikit juga banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai ayam albino karena warna putih pada bulunya. Padahal warna putih ini hanya terdapat pada bagian leher dan bulunya saja.

Ayam Mutiara Putih memiliki warna bulu yang berwarna putih bersih | image 5
Ayam Mutiara Putih memiliki warna bulu yang berwarna putih bersih | image 5

4. Ayam Mutiara Plangkok

Berbeda dari jenis ayam mutiara putih, hitam dan silver, warna bulu pada ayam mutiara plangkok ini terdiri dari 2 warna. Jenis warna tersebut terdiri dari warna hitam dan putih.

Warna bulu pada bagian punggung hingga ekor cenderung berwarna hitam sedangkan bagian dada depan hingga perut berwarna putih.

Ciri-ciri ayam mutiara plangkok yakni memiliki perpaduan warna bulu hitam dengan tambahan warna putih di bagian dada | image 6
Ciri-ciri ayam mutiara plangkok yakni memiliki perpaduan warna bulu hitam dengan tambahan warna putih di bagian dada | image 6

Dengan keunikan ayam mutiara yang tidak dimiliki oleh jenis ayam biasa pada umumnya membuat banyak masyarakat yang mencoba memelihara jenis ayam mutiara atau disebut sebagai ayam api-api ini. Bahkan ayam ini kerap dijadikan hewan penjaga rumah karena memiliki suara yang nyaring.

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam mutiara untuk diternakan atau dibudidayakan. Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam mutiara seperti diatas mulai dari usia anakan satu bulan hingga indukan produktif.

Selain itu kami dapat mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia via kereta, pesawat, bisa dan travel dengan biaya terjangkau sesuai dengan tarif kargo.

Infomasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam mutiara, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi GRATIS bisa langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (6 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: