14 Jenis Ayam Hias Cantik yang Cocok untuk Dipelihara

Ayam hias merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan dan keindahan sendiri pada anggota tubuhnya yang membuatnya terkesan menarik saat dilihat.

Ayam hias sendiri ada macam-macam jenisnya yang tersebar diberbagai negara di dunia.

Dengan karakter dan ciri khas masing-masing sehingga setiap jenisnya memiliki keunikan dan keindahan yang dapat menarik perhatian orang untuk memeliharanya.

Ayam yang dikategorikan sebagai ayam hias biasanya memiliki keunikan pada anggota tubuhnya seperti suara, postur tubuh, warna dan bulunya.

Ada apa saja jenis ayam hias yang unik untuk dipelihara? Simak pointnya dibawah ini ya :

Jenis-jenis Ayam Hias Unik & Lucu versi jualayamhias.com | image 1
Jenis-jenis Ayam Hias Unik & Lucu versi jualayamhias.com | image 1

Jenis-jenis Ayam Hias Unik & Cantik untuk Dipelihara

1. Ayam Cemani

Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias | image 2
Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias | image 2

Ayam Cemani adalah salah satu ayam asli yang berasal dari Indonesia. Cemani memiliki ciri khas warnanya yang hitam, mulai dari bulu, kulit, dubur sampai kaki sehingga terlihat eksotik saat dipandang.

Meskipun warnanya hitam, daging ayam cemani tetap bisa dikonsumsi meskipun ada sebagian orang yang merasa aneh jika ingin mencoba mengkonsumsinya.

Baca juga : 7 Jenis-jenis Ayam Hias Lokal Asli Indonesia

2. Ayam Kapas

Karena memiliki bulu mirip seperti kapas, maka ayam ini di sebut dengan ayam kapas atau silkie | image 3
Karena memiliki bulu mirip seperti kapas, maka ayam ini di sebut dengan ayam kapas atau silkie | image 3

Ayam Silkie atau yang biasa disebut dengan Ayam Kapas memang  cukup populer di Indonesia, hal ini dikarenakan bulunya yang sangat unik menyerupai kapas.

Konon ayam ini berasal dari negara Cina. Bulunya yang mengembang berdiri sehingga dari kejauhan tampak besar membuat cantik ayam kapas ini.

Bulunya yang mirip seperti kapas ini berfungsi untuk menjaga tubuh agar tetap hangat saat berada di iklim yang ekstrim di Cina.

Keunikan lainnya yaitu jari kakinya yang berjumlah 5 buah berbeda dari ayam pada umumnya yang jari kakinya berjumlah 4 buah.

Selain warna putih jenis ayam kapas ini ada warna lain juga. Ada coklat dan hitam. Namun ayam kapas lebih terkenal dengan yang jenis warna putih atau ayam hias putih.

3. Ayam Pelung

Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 4
Keunikan dari ayam pelung yaitu pada suara kokoknya yang panjang dan mengalun. | image 4

Ayam Pelung ini berasal dari Indonesia tepatnya di daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam ini memiliki tubuh yang besar dan tegap saat berdiri, sehingga tembolok akan terlihat menonjol.

Ayam Pelung memiliki kaki yang panjang dan kuat dengan paha yang tebal. Memang Ayam ini tergolong ayam kampung akan tetapi terdapat perbedaan dari ukuran jengger dan badannya yang besar.

BACA JUGA:  Cara Beternak Ayam Serama Agar Menghasilkan Serama Berkualitas

Salah satu ciri khas dari ayam pelung yang paling istimewa dan unik  adalah suara kokoknya yang merdu dan panjang mengalun, bahkan saat berkokok lehernya bisa sampai menyentuh tanah.

4. Ayam Batik

Ayam batik ada 2 jenis yaitu ayam batik itali dan ayam batik kanada | image 5
Ayam batik ada 2 jenis yaitu ayam batik itali dan ayam batik kanada | image 5

Ayam Sebright atau yang biasa dikenal dengan sebutan Ayam Batik merupakan ayam yang berasal dari Inggris.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari ayam batik adalah bulunya. Bulunya memiliki motif seperti batik, warna bulunya berukir-ukir seperti bersisi yang terlihat jelas dan rapih.

Ayam Batik sendiri memiliki dua jenis untuk warna dasar coklat kemerahan yaitu Ayam Batik Kanada sementara untuk warna dasar putih perak yaitu Ayam Batik Itali.

5. Ayam Poland

Ayam poland si ayam yang memiliki jambul di bagian kepalanya | image 6
Ayam poland si ayam yang memiliki jambul di bagian kepalanya | image 6

Meskipun memiliki nama Poland, ayam ini bukan berasal dari negara Polandia melainkan dari negara Belanda.

Ayam Poland biasa disebut dengan ayam tanduk, ayam jambul maupun ayam mahkota karena memang pada bagian belakang jengger terdapat bulu yang lebat hampir menutupi mata.

Jadi jika Anda lihat dari jarak yang jauh mata poland seperti tertutup oleh jambulnya.

6. Ayam Onagadori

Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 7Source: https://www.toopics.com/
Ciri khas dari ayam onagadori yaitu ekornya panjang dan ikal | image 7

Ayam Onagadori atau yang biasa disebut dengan ayam berekor panjang ini merupakan ayam hias yang berasal dari negara Jepang.

Di negara asalnya panjang ekor ayam ini bisa mencapai 15 meter. Sementara di Indonesia dengan perawatan yang baik ekor ayam ini hanya bisa mencapai 1,5 meter saja dan bentuk ekornya cenderung ikal.

Hal ini dikarenakan memang berbeda suhu jadi ekor ayam onagadori saat di rawat di Indonesia tidak sampai sepanjang seperti yang di luar negeri.

Nama Onagadori berasal dari “o” artinya ekor , “naga” berarti panjang dan “dori” yang berarti unggas. Jadi secara bahasa Jepang berarti unggas dengan ekor yang panjang.

7. Ayam Phoenix

Ciri khas dari ayam phoenix yaitu ekornya panjang dan lurus | image 8
Ciri khas dari ayam phoenix yaitu ekornya panjang dan lurus | image 8

Ayam phoenix hampir sama seperti ayam onagadori karena memang masih termasuk keturunannya. Asal dari ayam phoenix yaitu dari negera Jerman.

Ayam ini adalah hasil persilangan dari ayam onagadori dengan jenis ayam lain. Kalau ekor onagadori panjang dan ikal, namun kalau ayam phoenix ini panjang tapi lurus.

Banyak yang mengira kalau ayam phoenix itu sama seperti ayam onagadori padahal kedua ayam tersebut berbeda. Perbedaan ayam onagadori dengan ayam phoenix terdapat pada asal mula ayam serta bentuk bulu ekornya.

8. Ayam Serama

Ayam serama termasuk ayam terkecli yang ada di dunia | image 9
Ayam serama termasuk ayam terkecli yang ada di dunia | image 9

Ayam Serama merupakan jenis ayam yang memiliki postur tubuh terkecil di dunia yang berasal dari negeri Jiran Malaysia.

Salah satu ciri khas Ayam Serama adalah dadanya yang tegap, jadi meskipun postur tubuhnya kecil ayam ini terlihat gagah. Karena keunikan ayam ini, di Indonesia sering diadakan kontes Ayam Serama.

BACA JUGA:  11 Jenis Ayam Kate yang Unik dan Mempesona

Baca juga : Ayam Tersombong : Mengungkap 5 Fakta Menarik Tentang Ayam Serama

9. Ayam Kalkun

Ayam kalkun memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu kalkun royal palm ini | image 10Source: pixabay.com
Ayam kalkun memiliki banyak jenis, salah satunya yaitu kalkun royal palm ini | image 10

Ayam Kalkun merupakan salah satu ayam hias yang memiliki berbagai jenis seperti Kalkun Bronze, Kalkun Golden Palm, Kalkun Royal Palm, Kalkun Bourbon Red, Kalkun Black Spanish, Kalkun Self Buff, Kalkun White Holland, dll.

Sebenarnya dinegara asalnya berbagai jenis kalkun tersebut biasa dipelihara sebagai kalkun konsumsi, namun keindahan bulu dan postur tubuhnya yang besar ayam ini diberbagai negara di dunia biasa dijadikan sebagai ayam hias.

Tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga jenis ayam kalkun yang bisanya dijadikan sebagai penghasil daging.

Seperti jenis kalkun bronze dan kalkun putih yang sering dijadikan oleh masyaraka sebagai penghasil daging karena harga bibitny yang murah.

10. Ayam Ketawa

Karena memiliki keunikan pada suara kokoknya yang seperti ketawa manusia, jadi ayam ini di sebut "ayam ketawa" | image 11
Karena memiliki keunikan pada suara kokoknya yang seperti ketawa manusia, jadi ayam ini di sebut “ayam ketawa” | image 11

Ayam Ketawa merupakan ayam yang unik, hal ini dikarenakan suara kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa.

Ayam ini berasal dari Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan. Dari bentuk, postur tubuh, tingkah laku memang sama dengan ayam kampung biasa. Perbedaanya hanya dibagian kokoknya yang mirip dengan orang yang sedang tertawa.

Suara kokok ayam ketawa pun terbagi menjadi tiga, yaknni ada suara gretek, gaga dan gogo.

11. Ayam Mutiara

Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 12
Selain postur tubuhnya yang unik, ternyata ayam mutiara ini sangat istimewa yaitu bertelur hanya saat musim hujan saja | image 12

Ayam Mutiara berasal dari daratan Afrika dan biasa hidup bergerombol di sabana dan semak-semak. Ayam hias ini termasuk keluarga burung (aves) yang bisa terbang tinggi.

Namun kemampuan terbang ayam mutiara ini tidaklah setinggi dan jauh seperti burung pada umumnya. Ayam mutiara akan terbang jika merasa terancam seperti pada saat ada serangan predator.

Ayam Mutiara akan bertelur saat musim hujan saja tetapi dalam sekali bertelur bisa menghasilkan 50-100 butir. Sifat ayam mutiara ini ternyata tidak pandai dalam mengerami telurnya.

Ayam Mutiara yang hidup didaerah asalnya biasa mengeramkan telur dengan menutupinya menggunakan ranting-ranting pohon dan dedaunan.

Oleh karena hal tersebut telur mutiara akan tetap terjaga kehangatnya dan kemudian akan menetas menjadi anak mutiara yang sehat.

Ayam mutiara dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan warnanya, diantaranya ayam mutiara hitam, ayam mutiara plangkok, ayam mutiara silver dan putih.

12. Ayam Brahma

Berat ayam brahma usia dewasa atau indukan bisa sampai berkilo-kilo saking besarnya | image 13Source: Pinterest.com
Berat ayam brahma usia dewasa atau indukan bisa sampai berkilo-kilo saking besarnya | image 13

Seperti namanya asal dari ayam brahma yaitu dari kota Brahmaputera, India.

Ayam brahma memiliki cirikhas yaitu memiliki badan yang besar dan gagah. Dahulu, ayam ini sering di peruntukan sebagai ayam pedaging dan petelur karena memang badannya yang besar.

BACA JUGA:  Jual Ayam Onagadori yang Berasal dari Negeri Matahari Terbit

Namun semakin berkembangnya zaman khususnya di negara Indonesia, banyak yang memelihara ayam brahma untuk sebagai ayam hias saja atau ayam koleksi.

Bentuknya yang unik dan bulunya yang hampir menutupi kakinya semakin membuat para pecinta ayam hias tertarik.

13. Ayam Cochin

Postur tubuh ayam cochin bulat dan bulunya sampai ke bagian kaki | image 14
Postur tubuh ayam cochin bulat dan bulunya sampai ke bagian kaki | image 14

Ayam cochin berasal dari Shanghai Tiongkok, China. Jenis ayam ini hampir mirip seperti ayam brahma, bedanya yaitu bentuknya lebih bulat ayam cochin serta ukuran tubuhnya yang pendek & kecil.

Di Indonesia keberadaan ayam cochin masih terbatas populasinya, belum banyak yang mengetahui atau membudidayakan ayam cochin ini.

Ada 2 jenis ayam cochin yang di kenal di Indonesia, yaitu bantam cochin dan giant cochin. Tapi bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam cochin bisa didapatkan di jualayamhias.com.

Baca juga : Bosan di Rumah? Waktunya Pelihara Ayam Hias

13. Ayam Pheasant

Golden pheasant memiliki bulu cantik yang berwarna merah dan gold atau emas | image 15Source: Instagram tomhollandgallery
Golden pheasant memiliki bulu cantik yang berwarna merah dan gold atau emas | image 15

Ayam Pheasant termasuk ayam impor dan di Indonesia memiliki sebutan ayam pegar, ayam Kuau atau ayam Tibet. Karena ke indahan bulunya ayam ini kadang di sebut juga dengan sebutan “ayam dari surga”.

Habitat aslinya ada di dataran tinggi Tibet di Cina. Ada beberapa jenis pheasant yang bisa menjadi hewan kesayangan Anda. Ada Golden Pheasant, Ringnecked Pheasant, Lady Amherst Pheasant, Yellow Pheasant, Red Lady Pheasant, Silver Pheasant, Reeves’s Pheasant dan lain-lain.

Sekilas pheasant terilihat seperti burung namun karena pheasant ini tidak suka terbang maka di masukan ke dalam kategori ayam. Walaupun begitu disaat terancam bahaya pheasant ini dapat terbang tinggi untuk menyelamatkan diri.

Itulah beberapa jenis Ayam Hias yang unik dipelihara, sebenarnya masih banyak ayam hias yang unik dan menarik di tempat Kami. Silahkan buka di Galeri Foto.

Layanan Pemesanan Bibit & Indukan Ayam Hias

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit & indukan ayam hias berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan layanan konsultasi :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA jenis ayam hias Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 jenis ayam hias 14 Jenis Ayam Hias Cantik yang Cocok untuk Dipelihara
5/5 - (24 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!