4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Pengiriman Ayam Kalkun

Pengiriman ayam kalkun adalah suatu proses yang memerlukan perhatian khusus, terutama dalam hal persiapan dan perawatan hewan sebelum dikirim.

Salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah pemberian makanan yang cukup kepada ayam kalkun. Hal ini tidak hanya berpengaruh pada kesehatan hewan.

Tetapi juga dapat memastikan bahwa ayam kalkun dalam kondisi terbaik saat tiba di tujuan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai proses pengiriman ayam kalkun.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Pengiriman Ayam Kalkun

1. Pemberian Makan yang Cukup

Remaja Ayam Kalkun Royal Palm sedang makan
Remaja Ayam Kalkun Royal Palm sedang makan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pengiriman ayam hias keluar daerah yaitu memberi makan yang cukup kepada ayam.

Pemberian makan yang cukup merupakan bagian penting dilakukan saat akan melakukan proses pengiriman ayam kalkun. Karena ayam kalkun merupakan salah satu makhluk hidup, yang tentunya membutuhkan makan dan minum.

Sebelum pengiriman, kami lakukan karantina dan diberikan makannan secukupnya. Banyaknya makanan yang diberikan  tentu juga tergantung pada jarak dan lama pengiriman yang akan ditempuh.

Baca juga : 8 Ciri-ciri Ayam Kalkun yang Sehat dan Berkualitas

2. Pemberian Timun Pada Ayam

Ayam kalkun yang dalam proses pengiriman dapat diberikan timun untuk mengganti air agar tidak dehidrasi I image 2
Ayam kalkun yang dalam proses pengiriman dapat diberikan timun untuk mengganti air agar tidak dehidrasi I image 2

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk pengiriman jarak jauh adalah pemberian timun. Timun berfungsi untuk mengurangi rasa haus pada ayam kalkun selama perjalanan.

Sedangkan untuk pengiriman jarak dekat dengan waktu tempuh kurang dari 1 hari, tentunya pemberian makan secukupnya saja dan poer didalam box saja sudah cukup.

BACA JUGA:  Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Timun memiliki kandungan air sekitar 95%, menjadikannya buah yang dapat membantu mengurangi dehidrasi pada ayam.

Memberikan potongan-potongan timun kepada ayam kalkun dapat membantu memastikan asupan cairan yang cukup saat dalam perjalanan.

Potong timun menjadi potongan-potongan yang sesuai untuk memudahkan ayam kalkun mengonsumsinya. Potongan kecil atau irisan tipis mungkin lebih mudah dijangkau dan dikonsumsi oleh hewan.

Pastikan timun yang diberikan dalam kondisi segar dan aman untuk dikonsumsi. Hindari memberikan timun yang telah terlalu lama atau terkontaminasi.

3. Menggunakan Kotak atau Wadah yang Aman

Wadah yang digunakan saat pengiriman ayam kalkun harus nyaman dan memiliki cukup ventilasi I image 3
Wadah yang digunakan saat pengiriman ayam kalkun harus nyaman dan memiliki cukup ventilasi I image 3

Menggunakan kotak atau wadah yang nyaman dan aman adalah salah satu hal penting untuk memastikan kesejahteraan ayam kalkun selama proses pengiriman.

Pilih kotak yang memiliki ukuran yang cukup untuk menampung ayam kalkun dengan nyaman. Pastikan ada ruang yang cukup untuk ayam kalkun berdiri, berbaring, dan bergerak dengan nyaman.

Pastikan kotak memiliki ventilasi yang baik untuk memastikan sirkulasi udara yang cukup. Karena ventilasi dapat  membantu mengurangi stres dan menjaga suhu yang nyaman di dalam kotak.

Pilih kotak dengan pintu yang kokoh dan aman untuk mencegah ayam kalkun melarikan diri selama perjalanan. Pastikan pintu dapat dikunci dengan baik.

Pastikan kotak dapat diikat atau dikencangkan secara aman di dalam kendaraan pengiriman.Tambahkan pegangan yang memungkinkan kotak dapat diangkat dan dipindahkan dengan mudah.

4. Mengetahui Jadwal Transportasi yang Digunakan Pengiriman 

Mengetahui jadwal pemberangkatan transportasi untuk memberikan jeda pada pemberian makan ayam kalkun I image 4
Mengetahui jadwal pemberangkatan transportasi untuk memberikan jeda pada pemberian makan ayam kalkun I image 4

Sebelum pengiriman, kami lakukan karantina dan diberi makanan secukupnya. Banyaknya makanan yang diberikan tentu juga bergantung pada jarak dan lama perjalanan ayam.

Misalnya saja, untuk pengiriman daerah palembang. Sebelumnya, kita harus mengetahui jadwal berangkat bis kapan.

Karena jika baru saja diberi makan dan terlalu kenyang kemudian naik bis, dikhawatirkan ayam akan stres ataupun sakit pencernaan sehingga lemas.

BACA JUGA:  Cara Mudah dalam Pemeiharaan Kalkun Bourbon Red Yang Eksotik

Paling tidak 3 jam sebelum pemberangkatan adalah jam terakhir pemberian makan. Adapun untuk makan berupa poer, dapat diberikan di box agar selama perjalanan ayam kalkun dapat mematok-matok atau istilah jawanya gayemi.

Layanan Pemesanan Ayam Barred Rock

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan ayam barred rock berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap lainnya : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA ayam kalkun Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ayam kalkun 4 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Proses Pengiriman Ayam Kalkun
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!