Ayam Mutiara

Jenis-Jenis Pakan Ayam Mutiara yang Paling Disukai

Written by

Ayam mutiara adalah salah satu jenis ayam hias yang sangat populer di Indonesia. Selain memiliki penampilan yang menawan, perawatannya pun relatif mudah.

Salah satu aspek penting dalam merawat Ayam Mutiara adalah memberikan makanan yang tepat dan bergizi agar mereka tetap sehat dan bahagia.

Dalam artikel ini, kita akan membahas jenis pakan yang disukai ayam mutiara, terutama yang mengandung timun, kubis, kangkung, dan daun pepaya, serta penggunaan bekatul untuk menciptakan pakan yang seimbang.

Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1
Salah satu potret keberadaan ayam mutiara di habitat aslinya terlihat sedang minum di pinggir sungai | image 1

1. Timun

Timun adalah salah satu pilihan makanan yang disukai oleh Ayam Mutiara. Selain menyegarkan, timun kaya akan air dan serat, yang penting untuk menjaga kesehatan pencernaan ayam.

Potongan timun segar dapat diberikan langsung kepada ayam sebagai camilan yang sehat, atau bisa diiris tipis dan dicampur dalam pakan utama mereka.

2. Kubis

Kubis mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, dan serat. Nutrisi ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ayam dan menjaga kesehatan tulang mereka.

Untuk memberikan kubis kepada Ayam Mutiara, Anda bisa mengirisnya menjadi potongan kecil atau memotongnya menjadi gumpalan-gumpalan dan campurkan dengan pakan mereka.

Kangkung menjadi pakan ayam mutiara yang mengandung banyak gizi & vitamin yang baik untuk pertumbuhan ternak ayam mutiara | image 2
Kangkung menjadi pakan ayam mutiara yang mengandung banyak gizi & vitamin yang baik untuk pertumbuhan ternak ayam mutiara | image 2

3. Kangkung

Kangkung adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, kalsium, dan vitamin A. Selain itu, kangkung rendah kalori, sehingga baik untuk menjaga berat badan ayam tetap seimbang.

Anda bisa memberikan kangkung segar yang dicuci bersih dan diiris kecil-kecil, atau dicampur dalam bentuk cincangan dengan pakan reguler.

4. Bekatul

Bekatul, yang merupakan sisa dari proses penggilingan beras, juga merupakan tambahan yang bagus untuk pakan Ayam Mutiara.

Ini adalah sumber serat yang baik dan mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin B dan mineral.

Anda dapat mencampurkan bekatul dengan porsi yang seimbang dalam makanan utama ayam atau membuatnya sebagai campuran camilan terpisah.

Dengan mencampurkan salah satu bahan pakan sayuran diatas dengan bekatul dapat menambah gizi serta meningkatkan nasfu makan ayam mutiara | image 3
Dengan mencampurkan salah satu bahan pakan sayuran diatas dengan bekatul dapat menambah gizi serta meningkatkan nasfu makan ayam mutiara | image 3

Cara Memberikan Pakan yang Seimbang

Agar ayam mutiara mendapatkan nutrisi yang seimbang, Anda harus memperhatikan proporsi dan variasi dalam makanan mereka.

Pastikan mereka mendapatkan kombinasi yang tepat dari sayuran, biji-bijian, dan protein hewani. Selain itu, selalu sediakan air bersih dan segar untuk mereka minum.

Salah satu cara yang peternak kami lakukan yakni mencampurkan jenis-jenis pakan diatas tadi dengan bekatul. Caranya yakni dengan mencacah-cacah dahulu salah satu sayur diatas, misalkan mau menggunakan kangkung cacah, timun cacah atau kobis cacah.

Kemudian setelah di cacah peternak dapat mencapurkan dengen bekatul dan diberikan air agar tidak terlalu berserat. Pembagian antara sayuran cacah, bekatul dan air disesuaikan dengan jumlah ternak ayam mutiara tersebut.

Kesimpulan

Memberikan pakan yang tepat dan seimbang sangat penting untuk kesehatan Ayam Mutiara Anda.

Makanan yang mengandung timun, kubis, kangkung, dan daun pepaya akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka. Jangan lupa untuk mencampurkan bekatul sebagai tambahan yang bagus.

Dengan memberikan pakan yang tepat, Anda akan membantu Ayam Mutiara Anda tetap sehat, bahagia, dan tetap menawan dengan penampilan mereka yang memukau. Selamat merawat Ayam Mutiara Anda!

Jenis-jenis ayam mutiara yang tersedia di jualayamhias.com, informasi pemesanan bisa WA ke : 9856-4772-3888 | image 4
Jenis-jenis ayam mutiara yang tersedia di jualayamhias.com, informasi pemesanan bisa WA ke : 9856-4772-3888 | image 4

Bagi Anda yang tertarik untuk memelihara ayam mutiara kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam mutiara seperti ayam mutiara putih, mutiara hitam, mutiara silver dan mutiara plangkok.

Kami menyediakan ayam mutiara mulai dari usia indukan sampai anakan usia 1 bulan. Pengiriman dapat kami jangkau hingga keselurh wilayah Indonesia via travel, bis, kereta dan pesawat.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai daftar harga ayam mutiara dan informasi lengkap lainnya dibawah ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0857-2944-1388

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0859-2734-2707

WA Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 Jenis-Jenis Pakan Ayam Mutiara yang Paling Disukai
Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!