Jual Ayam Ketawa Mulai dari Anakan Hingga Indukan

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jual Ayam Ketawa Mulai dari Anakan Hingga Indukan

Ayam Ketawa Jantan Dewasa

Ayam ketawa merupakan salah satu ayam asli Indonesia. Ayam Ketawa mempunyai beberapa jenis berdasarkan suara yang dihasilkannya. Jenis ayam ketawa meliputi ketawa Gretek, Dangdut, Slow bahkan Mak Lampir. Jika berdasarkan interval suara, ayam ketawa dibagi menjadi 3 macam yaitu suara kokok dengan interval cepat ( Garetek/ Gretek), suara kokok dengan interval lambat (Gaga) dan suara dengan interval mendayu-dayu (Dodo).

Sejarah ayam ketawa

Pada awalnya, ayam ketawa hanya berada di daerah Sidrap, sekitar 183 km utara kota Makassar di Sulawesi Selatan. Disana ayam jenis ini disebut Manu Gaga. Ayam ketawa banyak diternakkan terutama di daerah Baranti, Panca Rijang, Benteng dan Simpo Arasi’e. Seiring keindahan suaranya yang unik terdengar diketahui banyak orang, banyak banyak yang membawa ayam ketawa hingga keluar wilayah pulau Sulawesi. Kini ayam tersebut banyak dipelihara pehobi ayam hias. Karena perawatan ayam ketawa yang cukup mudah dan banyak nya kontes ayam ketawa di beberapa daerah di Indonesia membuat ayam jenis ini semakin populer dari waktu ke waktu. Yang unik dari ayam ketawa ada penamaan masing-masing jenis kelamin. Ayam ketawa jantan disebut Lai sedangkan ketawa betina disebut Birang. Masing-masing warna jika di Sidrap akan mempunyai nama sendiri-sendiri. Sedangkan ayam ketawa yang telah berada di daerah lain tidak begitu mendetail dalam hal penyebutannya.

Spesifikasi ayam ketawa 

Untuk warna ayam ketawa tidak begitu jauh dengan ayam kampung. Ada putih, hitam, kombinasi merah dan hitam atau warna lainnya. Yang membedakan antara ayam ketawa dan ayam kampung adalah terletak pada pita suaranya. Pita suara yang terdapat pada ayam ketawa terputus, tidak menyambung seperti pita suara ayam lainnya. Suara yang dihasilkannya ternyata mengalami perbedaan.

Ada cerita beberapa waktu yang lalu kami dapati dari seorang peternak ayam ketawa yang baru mulai beternak. Saat itu memang tetangga sekitarnya belum mengetahui jenis ayam unik ini. Dan suatu saat di waktu yang masih gelap ayam ketawa inipun berkokok dengan nada khas nya, karena peternak menaruh kandang di bagian belakang rumahnya yang memang masih di tumbuhi pepohonan besar. Warga sekitar mengira ada kuntilanak yang bersemayam di pohon tersebut ingin menampakan dirinya. Namun setelah peternak tersebut menjelaskan bahwa suara tersebut adalah suara ayam ketawa miliknya, barulah warga faham kalau tidak ada yang namanya hantu kuntilanak yang kadang menakutkan untuk sebagian orang.

Agar tidak penasaran dengan wujud dan suara ayam ketawa Anda bisa menyimak video di bawah ini dan jangan lupa subcribe channel Youtube kami ya…:

Produktivitas ayam ketawa hampir sama seperti ayam kampung, dalam kisaran 8-15 telur dalam sekali masa produksi. Dan telur tersebut seperti ayam lain pada umumnya memerlukan waktu 21 hari untuk masa pengeramanya. Bila Anda ingin ternak ayam ketawa untuk tujuan produksi ada cara mudah dan praktis agar produksi ayam ketawa Anda banyak dan berkualitas.

Berikut tahapan caranya:

  1. Sediakan sedikitnya 3 ekor ayam ketawa betina dewasa siap produksi dan 1 ayam ketawa jantan kualiatas bagus.
  2. Sediakan 3 kandang ayam sistem baterai yang setiap kandangnya kira-kira leluasa untuk di isi 2 ekor ayam dewasa. Kandang ayam sistem baterai yakni seperti kandang ayam petelur yang lantainya di buat miring agar bila ayam bertelur telurnya akan mengelinding dan mudah di ambil.
  3. Sediakan kandang ayam dewasa untuk pejatanya.
  4. Nah, Anda bisa memulai memasukan ayam betina ke masing-masing kandang dan mulai menggilir ayam jantan untuk masuk di kandang betina tersebut. Kemudian setiap minggu ayam jantan di gilir ke ayam ketawa berikutnya.
  5. Saat ayam ketawa mulai bertelur tetap teruskan saja proses menggilir tadi.
  6. Siapkan pula pilihan metode menetaskanya yakni bisa pakai indukan ayam lain yang sedang mengeram atau menggunakan mesin penetas.
  7. Ambil telur kemudian kumpulkan sesuai dengan kapasitas penetasan dan mulai proses penetasan telur.
  8. Bersiaplah menunggu kedatangan ayam ketawa anakan hasil produksi ternak sendiri.

Menyenangkan bukan?, betul proses mengawinkan, menetaskan dan melihat telur mulai menetas merupakan kenikmatan tersendiri sebagai peternak. Baik menggunakan mesin penetas telur atau menggunakan ayam lain yang sedang mengeram dalam proses penetasan nya memiliki kelebihan masing-masing.

Untuk menjaga keaslian ayam ketawa, sebaiknya ayam ketawa hanya dikawinkan dengan sesama ayam ketawa. Jika dikawinkan dengan jenis lain maka akan muncul varietas lain. Dan hal ini bisa saja mengurangi kualitas ayam ketawa itu sendiri.

Ayam Ketawa Super Dewasa

Ayam Ketawa Super Dewasa

Bagaimana agar ayam ketawa bersuara merdu?

Cara merawat ayam ketawa agar mempunyai suara yang merdu perlu dilakukan stimulai seperti memperdengarkan suara ayam ketawa yang sudah jadi agar ayam ketawa akan menirunya. Di samping itu peternak rajin membersihkan kandang agar ayam nyaman dan terjaga kesehatannya. Jangan lupa rutin memandikan ayam setidaknya 3 hari sekali. Setelah dimandikan ayam ketawa dapat dijemur dibawah sinar matahari. Gantungkan dalam kandang seperti kondisi saat kontes.

Seperti halnya manusia, ayam ketawa juga membutuhkan stamina tinggi untuk itu perlu diberikan jamu tradisional yang bisa kita buat sendiri. Bahannya berupa madu, jahe, tomat dan bayam. Tomat dan bayam direbus kemudian dinginkan. Setelah itu diblender bersama madu dan jahe. Setelah jadi adonan yang cair, cara memasukkan ke dalam mulut ayam menggunakan suntikan yang masih baru tanpa menggunkan jarum. Masukkan suntikan ke mulut ayam maka akan dapat mudah mengkonsumsinya.

Baca juga :

Untuk pakan ayam ketawa sendiri kadang peternak menyederhanakan dengan tujuan agar perwatan tidak membutuhkan waktu dan biaya terlalu banyak. Karena pada dasarnya ayam jenis ini memang memiliki gen yang berbeda dengan jenis ayam lain dan terlihat bedanya di suaranya tersebut. Maka dari itu dengan pakan yang cukup sederhana misal jagung, katul dan voer ayam sudah cukup membuat ayam ketawa Anda akan berkokok lantang.

Jual Ayam Ketawa

Ayam Ketawa Umur 2,5 Bulan Sepasang

Penghobi ayam ketawa di Indonesia kini semakin meningkat, suara kokok yang khas dan merdu yang dimiliki ayam ketawa menjadi daya tarik tersendiri bagi penghobinya. Para penghobi sering mengikutkan ayam ketawanya dalam ajang kontes ayam ketawa.

Para peminat ayam ketawa yang semakin banyak ini tentunya membuat permintaan ayam ketawa semakin meningkat. para penjual akan merasa senang jika ayam ketawa menjadi ayam hias yang banyak dicari oleh para penghobinya. Hal ini juga dapat menjadi salah satu upaya untuk melestarikan ayam asli Indonesia karena dipelihara sebagai hobi saja. Selain itu cara memelihara ayam ketawa sama seperti jenis ayam kampung biasa, jadi Anda tidak perlu kebingungan apabila ingin beternak ayam ketawa. Saat ini banyak tempat jual ayam ketawa salah satunya jualayamhias.com

Berkikut daftar harga ayam ketawa di jualayamhias.com :

1 Bln Rp125.000/ekor
2 Bln Rp150.000/ekor
3 Bln Rp200.000/ekor
4 Bln Rp250.000/ekor
5 Bln Rp300.000/ekor
Dewasa Rp450.000/ekor

Jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias termasuk ayam ketawa, kami menyediakan dari berbagai usia mulai dari jual anakan ketawa hingga ketawa indukan.

Dan jika Anda ingin mencoba memelihara ayam ketawa yang berkualitas, kami menyediakan telur ayam ketawa yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam ketawa kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam ketawa dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam ketawaa terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
cara memelihara ayam ketawa, produktivitas ayam ketawa, ketawa gretek, jual anakan ketawa, ketawa indukan, ayam ketawa, tempat jual ayam ketawa

*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 17 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Ketawa
No HP
0856 4772 3888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: