0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama

Bagaimana membedakan Ayam Kate dengan Ayam Serama ?

Ayam kate dan ayam serama adalah ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Awalnya, ayam kate sudah dikenal banyak orang sehingga populasinya sangat banyak. Kemudian ada ayam serama yang memiliki badan dan ekor mirip dengan ayam kate namun berbeda disisi dada dan ukuran tubuhnya. Nah untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini tentang perbedaan ayam kate dengan ayam serama :

Ayam Kate :

Ayam Kate
Ayam Kate
  • Umumnya memiliki bentuk badan yang lebih besar.
  • Dadanya lurus (tidak menonjol / membusung).
  • Warnanya bermacam-macam, ada yang berwarna putih.
  • Berat badan ayam kate jantan diatas 500gr.
  • Pada umumnya kakinya kecil, mungil, gendut, dan pendek. Namun ada juga ayam kate yang panjang kakinya.
  • Ciri punggung ayam kate panjang, tidak begitu tegak dan terkesan cebol.
  • Berasal (endemik dari berbagai daerah) setiap daerah memiliki tipe ayam kate yang berbeda.

Ayam Serama :

Ayam Serama
Ayam Serama
  • Bentuk badan lebih kecil, untuk ayam serama asli dewasa badannya hanya sebesar satu kepalan tangan orang dewasa.
  • Berasal dari Negeri Jiran, Malaysia.
  • Dada ayam serama membusung.
  • Kepalanya hampir menyentuh ekor ketika dadanya membusung.
  • Warnanya kebanyakan adalah hitam atau merah.
  • Berat badan sekitar 350gr – 500gr.
  • Kaki kecil, pendek, tapi tidak cebol.
  • Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak, kepak sayap lurus ke bawah.
  • Hewan peliharaan yang jinak, manja, dan mengenal pemiliknya.
  • Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik dan lucu ketika berjalan membusungkan dada.

Untuk saat ini, ayam serama sering diadakan kontes untuk kota-kota tertentu. Hal ini karena ayam serama memiliki sifat pemberani, yaitu membusungkan dadanya ketika berjalan. Ayam serama dapat menegakkan ekornya sampai 90 derajat. Ketika mengikuti kontes dan membusungkan dadanya maka sayap ayam serama akan jatuh lurus ke bawah. Harga ayam serama yang sering diikutkan kontes akan lebih mahal. Apalagi jika ayam serama tersebut sering menang saat unjuk kebolehan. Jadi, memelihara ayam serama selain dijadikan sebagai hobi bisa juga sebagai peluang bisnis dengan mengikutsertakan ayam serama pelirahaan Anda ke dalam kontes.

Ayam Serama juga memiliki beberapa tipe, yaitu :

1. Serama Tipe Slim

Tipe serama slim adalah tipe ayam serama yang pertama kali muncul. Sebelumnya jenis ayam mini hanya ada satu yaitu ayam kate. Namun, setelah ayam ini di temukan maka ada jenis ayam mini lainnya selain ayam kate yaitu yang sekarang kita sebut dengan ayam serama. Pertama kali ayam ini hadir, ayam serama langsung menjadi primadona. Berat ayam serama tipe slim hanya mencapai 600 gram saja.

2. Tipe Serama Apple

Seperti sebutannya ayam serama tipe apple meemiliki bentuk tubuh bulat dan kaki pendek mirip seperti buah apel. Ayam serama tipe apple mulai di kenalkan pada tahun 2003-2004.

3. Serama Ideal

Berbeda dengan 2 tipe ayam serama sebelumnya, bahwa serama ideal adalah jenis ayam serama yang paling sempurna di bandingkan ke dua tipe tersebut. Banyak yang mengatakan ayam serama ideal sebagai serama kontes. Memang benar tipe serama yang satu ini cukup memiliki gaya yang eksotis dan unik. Memiliki berat 300 gram membuat daya tarik bagi para pecinta ayam hias.

Ayam Serama
Ayam Serama

Yukk simak video Ayam Serama di bawah ini :

Mengamati perkembangan pecinta ayam kate memang mengalami fase yang naik turun, mereka selalu memburu jenis ayam kate yang bagus tentunya. Harga ayam kate memang relatif cukup mahal tetapi, tidak menyurutkan minat para pecinta ayam kate. Justru dengan adanya hal ini, semakin membuat para pecinta ayam kate berbondong – bondong untuk memiliki ayam kate ini dengan harga yang fantastis sebagai peliharaan.

Makanan Ayam Kate

Jika kita sudah pernah memelihara ayam kate, tentunya untuk makanan ayam kate sendiri tidak begitu rumit bukan? Betul, cukup memberi makan seperti layaknya ayam pada umumnya. Dan hal ini lah yang menjadikan semangat tersendiri bagi penyuka ayam jenis mungil yang lucu ini.

Ingin memelihara ayam kate namun tidak memiliki lahan yang cukup luas, apakah bisa ?

Tidak adanya lahan yang luas membuat para warga perkotaan menjadi sulit untuk memelihara ayam kate kesayangannya. Namun persoalan ini tentu dapat di atasi dengan tidak memelihara ayam kate terlalu banyak. Anda tinggal menyesuaikan jumlah ayam dengan area sekitar yang tersedia. Memang untuk beberapa penghobi ayam yang tidak memiliki lahan yang luas, memelihara ayam kate merupakan pilihan yang cerdas dan tepat.

Kapan ayam Ayam kate mulai bertelur ?

Saat Anda melihat ternak Anda mulai bertelur itu akan menjadikan momen kebahagian tersendiri. Ayam kate bertelur biasanya sekitar 8 sampai 15 butir. Ayam kate dapat mengeram dengan baik dan membutuhkan waktu sekitar 21 hari dalam prosesnya.

Bagaimna memperlakukan untuk anakan ayam kate baru saja menetas ?

Anak ayam kate yang baru menetas harus diberikan tambahan vitamin dan jenis pakan yan baik. Perawatan anak ayam harus dilakukan dengan baik,agar ayam kate dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar. Ayam kate baru saja menetas bisa di letakkan di dalam bok dan di beri lampu agar ayam tetap dalam keadaan hangat dan tidak merasa kedinginan. Pakan yang baik untuk anak ayam kate adalah voor yang dicampur dengan biji jagung yang telah ditumbuk halus.

Ayam TeMa

Kenapa di sebut ayam TeMa?

Dalam beberapa komunitas penghobi ayam kate kadang muncul istilah TeMa. Ternyata TeMa adalah singkatan dari ayam kate serama. Di sebut ayam TeMa karena berasal dari kata Kate dan Serama dimana ayam kate dan serama di silangkan sehingga menghasilkan keturunan baru dengan nama TeMa.

Selain ayam TeMa, mucul lagi jenis ayam kate bangkok. Ayam kate bangkok indentik dengan ukuran tubuh yang besar dan jumbo, sedangkan ayam kate biasa identik dengan tubuh yang kecil.

Dengan banyaknya istilah maupun silangan yang muncul seiring berjalannya waktu, ayam kate asli tetap menjadi primadona bagi para pecinta ayam hias.

Berikut beberapa foto Ayam Kate:

Nah demikianlah perbedaan yang mencolok antara ayam kate dengan ayam serama. Agar tidak ada kesalahan sewaktu membeli, sebaiknya Anda mengajak teman yang sudah paham. Karena di pasar memang sekilas ayam kate dan ayam serama mirip. Selain itu untuk menghindari kecurangan dari penjual dengan memanfaatkan ketidaktahuan pembeli.


Bila anda menginginkan bibit ayam, kami menjual bibit atau anakan ayam kate di jualayamhias.com kami menyediakan, dan jika anda lebih memilih indukan ayam kate bisa anda pesan di jualayamhias.com. Kami juga menyediakan telur ayam kate dan serama yang siap ditetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan bagi Anda yang ingin memiliki ayam hias kate dan serama silahkan hubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
jual ayam kate,harga ayam kate,ayam kate serama,jenis ayam kate yang bagus,makanan ayam kate,kandang ayam kate, anak ayam kate,ayam kate bertelur.

 

3 Responses

  1. […] Mengenal Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama […]

  2. pandu.co.id says:

    seramanya bagus banget aku suka sama ayam serama loh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: