Mengenal Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama

Ayam Kate

Mengenal Perbedaan Ayam Kate
dan Ayam Serama

 

Ayam kate dan ayam serama adalah ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Awalnya, ayam kate sudah dikenal banyak orang sehingga populasinya sangat banyak. Kemudian ada ayam serama yang memiliki badan dan ekor mirip dengan ayam kate namun berbeda disisi dada dan ukuran tubuhnya. Nah untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah perbedaan ayam kate dengan ayam serama :

"Sepasang

Ayam Kate :

  • Umumnya bentuk badan lebih besar
  • Dadanya lurus  (tidak menonjol)
  • Warna bermacam-macam, ada yang putih
  • Berat badan jantan diatas 500gr
  • Pada umumnya kakinya kecil, mungil, kekinya pendek. Namun ada juga yang panjang kakinya
  • Ciri punggung ayam kate pajang, tidak begitu tegam dan terkesan cebol.
  • Berasal (endemik dari berbagai daerah) setiap daerah memiliki tipe ayam kate yang berbeda.
Ayam Serama Jantan

Ayam Serama Jantan

Ayam Serama :

  • Bentuk badan lebih kecil, untuk ayam serama asli dewasa badannya hanya satu kepalan tangan orang dewasa
  • Berasal dari Malaysia
  • Dada membusung
  • Kepala hampir menyentuh ekor ketika membusung
  • Warna kebanyakan adalah hitam atau merah
  • Berat badan sekitar 350gr – 500gr
  • Kaki kecil, pendek, tapi tidak cebol
  • Ciri serama yang bagus adalah ekor yang cantik, berdada tegak kepak syap lurus ke bawah.
  • Hewan peliharaan yang jinak, manja dan mengenal pemiliknya
  • Mempunyai gelagat yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik dan lucu ketika berjalan membusungkan dada..

Untuk saat ini, ayam serama sering diadakan kontes untuk kota-kota tertentu. Hal ini karena ayam serama memiliki sifat pemberani, yaitu membusungkan dadanya ketika berjalan.

Mengamati perkembangan pecinta ayam kate memang mengalami fase yang naik turun, merkea selalu memburu jenis ayam kate yang bagus tentunya. Harga ayam kate memang relatif cukup mahal tetapi, tidak menyurutkan minat para pecinta ayam kate.Justru dengan adanya hal ini, semakin membuat para pecinta ayam kate berbondong – bondong untuk memiliki ayam kate ini dengan harga yang fantasti.

Baca  juga :

Jika kita sudah pernah memelihara ayam kate untuk makanan ayam kate sendiri tidak begitu rumit bukan?. Betul, cukup memberi makan seperti layaknya ayam pada umumnya. Dan hal ini lah yang menjadikan semangat tersendiri bagi penyuka ayam jenis mungil yang lucu ini.

Tidak adanya lahan yang luas membuat para warga perkotaan menjadi sulit untuk memelihara ayam kate kesayangannya, namun persoalan ini tentu dapat di solusikan dengan tidak memelihara ayam kate terlalu banyak. Anda tinggal menyesuaikan jumlah ayam dengan area sekitar. Memang untuk beberapa penghobi ayam yang tidak memiliki lahan yang luas, memelihara ayam kate merupakan pilihan yang cerdas dan tepat.

Saat Anda melihat ternak Anda mulai bertelur itu akan menjadikan momen kebahagian tersendiri. Ayam kate bertelur biasanya sekitar 8 sampai 15 butir. Ayam kate dapat mengeram dengan baik dan membutuhkan waktu sekitar 21 hari dalam prosesnya.

Anak ayam kate dapat bertahan tanpa makan dan minum selama 1 – 3 hari. Anak ayam kate yang baru menetas harus diberikan tambahan vitamin dan jenis pakan yan baik. Perawatan anak ayam harus dilakukan dengan baik,agar ayam kate dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar. Pakan yang baik untuk anak ayam kate adalah voor yang dicampur dengan biji jagung yang telah ditumbuk halus.

Kenapa di sebut ayam TeMa?

Di beberapa penghobi ayam kate kadang muncul istilah TeMa itu adalah ayam kate serama. Di sebut ayam tema karena berasal dari kata Kate dan Serama sehinga di singkat TeMa. Ayam tema merupakan silangan dari ayam kate dan ayam serama.

Selain ayam TeMa, mucul lagi jenis ayam kate bangkok. Ayam kate bangkok indentik dengan ukuran tubuh yang besar dan jumbo, sedangkan ayam kate identik dengan tubuh yang kecil.

Dengan banyak istilah maupun silangan yang muncul seiring berjalan waktu tadi namun tetap saja ayam kate asli terus di buru.

Berikut beberapa foto ayam kate:

"Sepasang

 

"<yoastmark

 

"<yoastmark

 

"<yoastmark

 

Nah demikianlah perbedaan yang mencolok antara ayam kate dengan ayam serama, agar tidak ada kesalahan sewaktu membeli. Akan lebih baik jika mengajak teman ketika membeli di pasar karena memang sekilas ayam kate dan ayam serama mirip.

Bila anda menginginkan bibit ayam, kami menjual bibit atau anakan ayam kate di jualayamhias.com kami menyediakan, dan jika anda lebih memilih indukan ayam kate bisa anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru diDAFTAR HARGA dan bagi Anda yang ingin memiliki ayam hias serama silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

 

Kata terkait : 

jual ayam kate,harga ayam kate,ayam kate serama,jenis ayam kate yang bagus,makanan ayam kate,kandang ayam kate, anak ayam kate,ayam kate bertelur.

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 61 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Serama
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

2 Responses

  1. pandu.co.id says:

    seramanya bagus banget aku suka sama ayam serama loh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: