0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Mengenal Ciri Khas dan Kelebihan Ayam Kate Walik

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Mengenal Ciri Khas dan Kelebihan Ayam Kate Walik

Mengenal Ciri Khas dan Kelebihan Ayam Kate Walik | Cover

Ayam Kate Walik merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia. Ayam bantam yang satu ini memiliki bulu yang eksotis dengan ekor yang melingkar hingga ke depan wajahnya. Jenis Kate Walik ini sebenarnya hampir sama dengan Ayam Kate biasa yang membedakan hanyalah jenis bulunya yang memang terbalik.

Ayam Kate Walik yang asli berasal dari Indonesia ini populasi terbesarnya adalah di daerah Jawa Barat. Bulu tubuh Ayam Kate Walik yang keriting memang menjadi ciri khasnya. Bulu tubuh yang keriting memiliki variasi warna coklat, hitam, putih, merah dan kuning dengan jengger berwarna merah berbentuk tunggal, paruh dan kaki berwarna hitam kekuningan dengan kulit yang berwarna putih kekuningan.

Salah satu jenis ayam kate walik yang kami sediakan, mulai dari usia 1 bulan - dewasa kami juga menyediakan | Ayam Kate Walik
Salah satu jenis ayam kate walik yang kami sediakan, mulai dari usia 1 bulan – dewasa kami juga menyediakan | Ayam Kate Walik

Apa saja ciri khas dari Ayam Kate Walik ? 

Dilihat dari fisiknya Ayam Kate Walik memang sama dengan Ayam Kate biasa. Postur tubuh yang mini dan mungil tentu sama dengan Ayam Kate pada umumnya. Perbedaan antara Ayam Kate dengan Ayam Kate Walik yaitu terlihat dari bulunya yang terbalik dan inilah yang membuat Kate Walik dapat dibedakan dengan Ayam Kate.

Berikut ciri khas dari Ayam Kate Walik :

  1. Hampir bulu diseluruh tubuh keriting
  2. Memiliki berbagai variasi warna bulu seperti hitam, kecoklatan, merah dan kuning
  3. Kaki berwarna kuning
  4. Memproduksi telur sebanyak 10 – 12 butir per periode
  5. Memiliki postur tubuh yang sedang
  6. Jengger berwarna merah dan tebal
  7. Paruh berwarna kuning dan hitam
  8. Berat badan untuk Kate Walik jantan dan betina dewasa sekitar 1-3 kg

Baca juga 

Jika kita amati dengan seksama, saat ini masyarakat cukup jarang memilih ayam Kate Walik untuk diternakkan. Alasan tersebut didasari oleh tubuhnya yang kecil, dengan tubuhnya yang kecil tersebut tentu keturunan yang dihasilkan juga akan berpostur kecil.

Ayam Kate Walik merupakan ayam hias yang memiliki keunikan yang terdapat pada bulunya yang berbentuk terbalik | Bulu Ayam Kate Walik | Ayam Kate Walik Dewasa
Ayam Kate Walik merupakan ayam hias yang memiliki keunikan yang terdapat pada bulunya yang berbentuk terbalik | Bulu Ayam Kate Walik | Ayam Kate Walik Dewasa

Tetapi perlu kita ketahui bahwa ternyata beternak ayam Kate Walik juga mendatangkan keuntungan yang cukup tinggi loh jika ditekuni. Banyak berbagai keuntungan jika kita lihat dari berbagai sisi. Salah satunya adalah dengan tubuhnya yang pendek dan kecil tentu menjadi ciri khas yang unik sehingga dapat menarik daya minat serta perhatian dari masyarakat di Indonesia. Selain itu dri segi pakannya pun juga cukup terjangkau, melihat tubuh ayam kate walik yang mungil tentu pakan yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Sehingga peternak dapat mengemat jumlah pakan yang dikeluarkan. 

Tidak ada salahnya bukan jika kita mengembangkan usaha ternak ayam hias ini. Karena dengan semakin jarangnya peternak ayam Kate Walik maka akan menjadi sebuah peluang usaha bagi kita untuk menarik minat pembeli. 

Apa saja kelebihan dalam beternak Ayam Kate Walik ? 

Meskipun ayam kate walik memiliki postur tubuh yang kecil. Ternyata ayam ini juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis ayam lainnya loh. Apa saja sih kelebihan dari ayam Kate Walik yang unik ini ? Berikut untuk point – poinnya : 

  1. Meski postur tubuhnya lebih kecil dari pada ayam pada umumnya namun produktifitasnya sama dengan ayam kampung biasa yaitu 10-12 butir per masa bertelur.
  2. Postur tubuh yang kecil juga akan lebih menghemat biaya.
Memiliki bulu yang terbalik merupakan salah satu keunikan ayam kate walik yang tidak dimiliki oleh jenis ayam hias lainnya | Ayam Kate Walik Indukan
Memiliki bulu yang terbalik merupakan salah satu keunikan ayam kate walik yang tidak dimiliki oleh jenis ayam hias lainnya | Ayam Kate Walik Indukan

Dilihat dari ciri khas keunikan dan kelebihannya memelihara Ayam Kate Walik sebenarnya juga akan membuahkan hasil yang cukup besar. Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih sedikit karena akan menghemat biaya ternaknya. Selain itu juga tidak kalah produktif dengan ayam biasanya dapat menghasil 10-12 butir telur per periode bertelurnya.

Baca juga 

Untuk peluang usaha beternak ayam kate walik saat ini juga cukup bagus. Seperti yang sudah kami terangkan diatas bahwa ternak ayam hias merupakan kegiatan yang mengasikan. Disambing menjadi kegiatan yang mengasikan serta tidak membosankan, ternak ayam ini juga dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi juga loh. Keuntungan ini dapat Anda dapatkan dengan mengembangbiakan anakan ayam kate walik. Anak ayam kate walik bila dijual juga menghasilkan harga yang cukup tinggi juga loh. 

Anda pasti tidak akan menyianyiakan kesempatan ini bukan. Yuk ternak ayam kate walik sekarang juga dan dapatkan anakan nya di jualayamhias.com

Pakan Ayam Kate Walik 

Agar ayam Kate Walik dalam keadaan sehat maka peternak pelu memberikan pakan yang berkualitas serta begizi tinggi. Pakan tersebut dapat berupa pakan butiran ataupun berupa biji – bijian. Adapun untuk pakan trsebut dapat berupa kacang – kacangan, beras merah, gabah, jagung, konsentrat/ voer dan bekatul.

Pemberian jagung pada Ayam Kate Walik sangat baik untuk pertumbuhan | Jagung
Pemberian jagung pada Ayam Kate Walik sangat baik untuk pertumbuhan | Jagung

Selain memperhatikan pakan yang baik dan berkualitas perternak dapat juga memberikan vitamin atau suplement. Untuk vitamin peternak dapat memberikan vitachick. Vitamin ini biasanya dicampurkan ke dalam wadah minum guna menjaga kesehatan atau daya tahan tubuh si Ayam Kate Walik agar tetap sehat dan aktif. 

Baca juga 

Bagi anda  yang ingin mencoba menetaskan telur Ayam Kate Walik baik menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit Ayam Kate Walik kami menyediakan dari usia anakan hingga indukan siap produksi, kami siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait: Ayam Hias, Ayam Kate Walik, Ternak Ayam Kate Walik, Peternak Ayam Kate Walik, Telur Ayam Kate Walik, Jual Ayam Kate Walik, Harga Ayam Kate Walik
*.

Image Sources:

  • Ayam Kate Walik: Meilani Sawitri
  • Ayam Kate Walik Dewasa: admin
  • Ayam Kate Walik Indukan: admin
  • Jagung: ayamtempur.biz
  • Cover: Pinterest.com

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: