Cara Mudah Ternak Ayam Kate bagi Pemula

Ayam Kate merupakan salah satu jenis ayam yang memiliki ukuran tubuh kecil, mungil dan unik. Di Indonesia ayam yang mungil dan lucu ini sudah banyak dipelihara oleh masyakarat pecinta ayam hias.

Bahkan ayam kate ini dinilai mudah berdaptasi dengan lingkungan barunya. Sehingga ayam kate ini sangat cocok dipelihara sebagai penghias halaman rumah.

Ayam Kate memiliki postur tubuh yang kecil dan pendek. Keunikan inilah yang membuat masyarakat sangat tertarik untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan | image 1Source: Pinterest.com
Ayam Kate memiliki postur tubuh yang kecil dan pendek. Keunikan inilah yang membuat masyarakat sangat tertarik untuk menjadikannya sebagai hewan peliharaan | image 1

Jenis-jenis ayam kate pun tidak hanya satu ada berbagai jenis ayam kate yang memiliki warna dan bentuk bulu yang cantik.

Bagi Anda sebagai pemula yang ingin mencoba memelihara atau ternak ayam kate cara pemeliharaannya pun cukup mudah dan efisien. Adapun untuk cara ternak ayam kate adalah sebagai berikut ini :

Cara Mudah Ternak Ayam Kate

1. Memilih Indukan yang Berkualitas

Bagi anda yang ingin ternak ayam kate mulai dari usia indukan maupun anakan alangkah baiknya jika memilih indukan yang berkualitas dan sehat.

Dengan memilih indukan yang berkualitas dan sehat tentunya akan menghasilkan anakan yang berkualitas pula.

Untuk menghasilkan anakan yang sehat dan berkualitas pastikan peternak dapat memilih indukan yang berkualitas juga | image 2Source: cemanifarms.com
Untuk menghasilkan anakan yang sehat dan berkualitas pastikan peternak dapat memilih indukan yang berkualitas juga | image 2

Untuk cara memilih indukan ayam kate pastikan indukan jantan memiiki gaya yang gagah, dada moncong kedepan serta kepala yang tegak dan ekor yang melengkung keatatas.

Selain itu peternak dapat memastikan bahwa indukan ayam kate tersebut memiliki sikap aktif dan jengger berwarna merah.

Perhatikan pula pada bulu ayam kate, pastikan bulu ayam kate bersih dan mengkilat.

2. Pakan Ayam Kate

Untuk mendapatkan ayam kate yang tetap sehat dan tampil cantik saat pentas maupun saat dipelihara sebagai hewan hias di rumah. Maka, kita para pemelihara harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh ayam kate tersebut.

BACA JUGA:  2 Metode Dasar Dalam Memelihara Ayam Kate di Sekitar Rumah

Makanan yang kita berikan ke ayam kate tersebut bukan sembarang makanan. Kita harus selalu meperhatikan jenis makanan dan bersih tidaknya makanan tersebut.

Pemberian pakan yang berkualitas dapat mencegah ayam terserang penyakit | image 3
Pemberian pakan yang berkualitas dapat mencegah ayam terserang penyakit | image 3

Agar ayam kate yang kita pelihara tidak mudah sakit dan terserang penyakit pemberian makanan sehat dan vitamin harus selalu diperhatikan.

Untuk makanan yang baik adalah biji – bijian seperti biji jagung yang telah dihaluskas, beras merah dan pemberian voor yang telah dicampur nasi.

Dengan memberikan vitamin/suplemen teratur ke ayam kate, maka kesehatan ayam kate pun akan selalu terjaga, dan ayam kate pun terhindar dari segala virus yang menyerang.

3. Kandang Ayam Kate

Bagi ayam, kandang merupakan tempat tinggal nyaman yang mesti dibuat dengan baik dengan senyaman mungkin. Kandang yang baik akan membuat ayam kate menjadi lebih sehat dan terjaga dari serangan binatang buas.

Bentuk kandang ayam pun ada berbagai macam, ada yang berbentuk umbaran dengan ukuran kandang yang lebih lebar bahkan berbentuk seperti rumah.

Para pecinta ayam kate pun dalam membuat kandang selalau memerhatikan sisi keindahannya, dengan begitu maka setiap orang yang memandang pasti merasa senang.

Pembuatan kandang ternak ayam kate yang bagus dan memperhatikan kenyaman akan membuat tumbuh kembang menjadi bagus | image 4Source: pixabay.com
Pembuatan kandang ternak ayam kate yang bagus dan memperhatikan kenyaman akan membuat tumbuh kembang menjadi bagus | image 4

Ada berbagai cara untuk membuat kandang ayam kate sederhana yang tidak memerlukan biaya mahal. Yakni cukup dengan menggunakan bambu, kayu atau triplek kita dapat membuat kandang ayam yang bagus.

Caranya pun cukup mudah, untuk pembuatan kandang ayam kate satu pasang kita dapat membuatnya dengan ukuran lebar 1 meter, tinggi 2 meter dan panjang 1,5 meter.

Jika kita mempunyai lahan pekarangan yang luas kita dapat membuatnya lebih panjang dari ukuran diatas.

Karena, dengan ukuran yang lebih luas ayam kate akan lebih leluasa dalam bergerak, meloncat – loncat dan terhindar dari stress.

Lingkungan kandang yang bersih dapat membuat ayam menjadi nyaman dan terjaga kesehatannya | image 5Source: hipwee.com
Lingkungan kandang yang bersih dapat membuat ayam menjadi nyaman dan terjaga kesehatannya | image 5

Karena ayam kate termasuk golongan ayam hias, maka alangkah baiknya jika kita membuat bangunan kandang tersebut seperti bangunan rumah.

BACA JUGA:  Apakah Benar Ayam Kalkun Mahal ? Simak Daftar Harga Terbarunya

Dalam memelihara ayam kate peternah harus selalu meperhatikan beberapa aspek yang harus dijaga terutama kesehatan ayam dan keselamatan ayam sampai di tujuan tempat pengiriman.

Karena dengan kesehatan ayam yang terjaga dengan baik,ini akan membuat para customer merasa percaya dengan ayam yang kita jual dalam keadaan sehat dan baik.

Baca juga : Dimana Letak Perbedaan Ayam Kate dan Ayam Serama ?

Bagi para pecinta ayam kate yang ingin memiliki ayam tersebut namun ingin harga yang murah di kantong, maka bisa membelinya ketika masih anakan. Harga ayam kate usia anakan atau pun cenderung murah dan terjangkau.

Harga ayam yang masih anakan ini relatif lebih murah dibanding dengan harga ayam kate yang sudah dewasa. Selain itu Anda bisa lebih mengenal ayam tersebut karena sudah memelihara ayam kate dari kecil.

Ingin ternak ayam kate ? Yuk dapatkan ayam kate berkualitas hanya di julayamhias.com. Kami menyediakan ayam kate mulai dari usia anakan satu bulan hingga indukan siap produksi. Bagi anda yang ingin menetaskan telur ayam kate juga bisa dipesan ditempat kami

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan daftar harga ayam kate, cara pemesanan, cara pengiriman info lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (21 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: