Mengenal dan Memelihara Burung Merpati Melati

Mengenal dan Memelihara Burung Merpati Melati

merpati melati burung merpati melati Jual Ayam Hias HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA burung merpati melati Mengenal dan Memelihara Burung Merpati Melati

Burung merpati atau biasa kita sebut dengan burung dara sudah di kenal sejak abad 20 SM. Tepatnya pada masa kerajaan Mesir. Disebutkan, sejarah masuknya burung merpati ke Indonesia yaitu awalnya banyak pedagang asing yang datang ke Indonesia dan membawa beberapa jenis burung, yang salah satunya yaitu burung merpati. Di mulai sejak tahun 1560 burung merpati sudah masuk ke Indonesia.

Burung tersebut setelah masuk di Indonesia, lalu di di lepas dan di pelihara oleh banyak orang sampai sekarang.

Dari sekian banyak burung yang ada di Indonesia, burung merpati menduduki peringkat paling atas di lihat dari sisi populasinya. Banyak tersebar berbagai jenis burung merpati di Indonesia baik impor maupun ekspor. Namun semuanya tetap memiliki keunikan sendiri-sendiri dan tentu peminat sendiri-sendiri.

Merpati salah satu burung yang populasinya banyak di Indonesia

Merpati salah satu burung yang populasinya banyak di Indonesia

Saking banyaknya jenis burung merpati di Indonesia, tentu kita belum banyak mengetahui nama-namanya serta asal dari burung merpati tersebut dari mana. Nahh, di sini kami akan menjelaskan salah satu burung merpati yang memang cukup banyak di cari dan di minati oleh penghobi burung merpati hias. Jenis burung apakah itu??? “Burung merpati melati jabun”

Burung Merpati Melati Jabun

Burung merpati melati jabun ini termasuk salah satu jenis merpati lokal yang sudah di kembangkan oleh masyarakat Indonesia khususnya Jawa. Merpati melati sudah di kembangkan sejak dahulu sampai sekarang oleh masyarakat dan masih terjamin keasliannya. Burung merpati ini  memiliki keunikan sendiri, pada bagian kepalanya terdapat jambul kecil yang tidak melingkar dan mengarah ke satu titik atas di bagian belakang. 

Merpati ini banyak di cari oleh penghobi burung merpati hias, karena bentuknya yang anggun serta bulunya indah. Untuk detailnya akan kami jelaskan ciri-ciri burung merpati melati. 

Merpati melati jabun

Merpati melati jabun

Berikut adalah ciri-ciri burung merpati melati :
  • Mata berwarna merah kehitam-hitaman
  • Kelopak mata berwarna hitam legam
  • Ada jambul di bagian kepala belakang namun kecil
  • Bentuk sayapnya simetris ke belakang dan panjangnya tidak melebihi ekor
  • Ekornya lurus dan mengumpul, pada ujungnya sedikit mengembang ke samping
  • Warna kulit kaki ada yang merah dan ada yang hitam
  • Pada bagian kakiknya ada yang tidak berbulu ada juga yang bulunya sampai kaki
  • Bulunya berwarna putih mulus

Untuk memelihara burung merpati melati ini tidak terlalu susah, karena pada dasarnya semua pemeliharaan burung merpati itu sama. Yang terpenting kita harus ulet dan telaten. Banyak yang sudah memelihara burung merpati di rumah dan hasilnya juga bagus, burung merpati dapat berkembang biak dengan baik. 

Merpati Jabun Kupu ras Jember

Merpati Jabun Kupu ras Jember

Berikut akan kami jelaskan mengenai pemeliharaan burung merpati

1. Mempersiapkan kandang

Contoh kandang burung merpati

Contoh kandang burung merpati

Hal yang paling pertama sebelum Anda membeli burung merpati yaitu menyiapkan kandang. Buatlah kandang yang baik dan senyaman mungkin agar merpati tidak stress. Dalam membuat kandang, pastikan dahulu berapa merpati yang akan Anda pelihara. Semakin banyak merpati yang akan kita pelihara, maka kandang juga harus lebar. Bisa juga di buat dengan sistem kandang baterai jika Anda ingin memelihara beberapa jenis merpati. Contohnya yaitu 1 kandang di gunakan untuk 1 pasang merpati, dan begitu seterusnya. Untuk pembuatan kandang baterai bisa menggunakan bahan dasar bambu yang harganya lebih terjangkau.

Contoh foto kandang baterai untuk burung merpati yang terbuat dari bambu

Contoh foto kandang baterai untuk burung merpati yang terbuat dari bambu

Baca juga : 

 

2. Pakan yang bisa di berikan untuk burung merpati

Makanan kesukaan dari burung merpati yaitu biji-bijian salah satunya jagung

Makanan kesukaan dari burung merpati yaitu biji-bijian salah satunya jagung

Anda bisa memberikan pakan seperti taoge, jagung, beras merah, kacang hijau atau biji-bijan lain. Yang terpenting pilih yang paling mudah di dapat di sekitar rumah Anda. Selain biji-bijian tersebut, Anda juga bisa berikan pakan buatan seperti pur 521. Untuk pemberian pakannya bisa 2 atau 3 kali sehari.

3. Merawat burung merpati

Sesekali merpati harus di jemur sebentar agar tetap mendapat sinar matahari

Sesekali merpati harus di jemur sebentar agar tetap mendapat sinar matahari

Perawatan secara baik dan benar untuk burung merpati ini cukup penting. Kita perlu selalu merawatnya dengan kasih sayang. Contohnya memandikan burung merpati jika sudah terlihat kotor, kandangnya selalu di bersihkan agar merpati tetap nyaman di dalam kandang, memberikan pakan dan minum secara teratur dan juga sesekali menjemur merpati di bawah sinar matahari agar tetap mendapat vitamin.

Itulah beberapa informasi mengenai merpati melati serta pemeliharan burung merpati. Bila Anda belum terlalu paham mengenai pemeliharaan burung merpati dan apa saja yang harus di lakukan Anda bisa menanyakan kepada peternak atau pemelihara burung merpati yang sudah profesional atau bisa juga membaca buku mengenai ternak burung merpati.

Jika Anda sudah paham, selamat mencoba ternak burung merpati ya…. 

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung merpati melati jabun atau jenis burung merpati lainnya kami menyediakan. Selain merpati melati, kami ada jenis merpati jacobin, king jumbo, moven, sattinet, riverswing dan masih banyak lagi. Kami juga siap mengirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan. Untuk info lebih jelasnya silahkan bisa hubungi nomor WA/Telepon di bawah ini :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856-4772-3888

Telkomsel:
0813-6330-7506
0812-4648-2525

Indosat:
0857-2932-3426
0856-4772-3888

XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
merpati jabun, merpati jabun asli, merpati melati jabun, merpati melati, budidaya burung merpati, jual burung merpati, merpati hias, burung merpati, merpati

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: