Bebek Petelur

4 Cara Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa Bagi Pemula

Written by

Saat ini beternak bebek merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik masyarakat pedesaaan maupun perkotaan.

DOD bebek petelur atau bibit bebek harus dipilih dengan teliti, karena bibit bebek yang bagus akan menghasilkan indukan dan keturunan yang bagus juga.

Selain itu cara ternak bebek yang baik dan memberikan keuntungan peternak harus mempelajari menejemen pemeliharaan yang tepat dan sesuai. Dimulai dari masa anakan, remaja hingga masa bertelur.

Peternak juga harus selalu memperhatikan dalam hal pemberian pakan. Pakan yang diberikan untuk ternak bebek mojosari juga harus mengandung gizi yang sesuai untuk pertumbuhan.

Lalu bagaimana cara beternak bebek petelur yang baik bagi pemula ? Mari kita pelajari bersama, berikut penjelasannya

Bagi Anda yang mencari Bibit/ DOD Bebek Mojosari Petelur dapat order di jualamhias.com hubungi WA " 0856-4772-3888 | image 1
Bagi Anda yang mencari Bibit/ DOD Bebek Mojosari Petelur dapat order di jualamhias.com hubungi WA ” 0856-4772-3888 | image 1

Cara Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula

1. Perawatan DOD Bebek Petelur Tiba di Kandang

Untuk merawat bebek dengan baik, kita perlu memahami beberapa poin penting dalam perawatan DOD (Day Old Duckling) hingga masa pertumbuhannya.

DOD Bebek petelur memiliki cadangan makanan dan mampu bertahan hingga 3 hari tanpa makan atau minum, namun perawatan segera diperlukan begitu usia anak bebek mencapai satu hari.

Penting untuk memberikan mereka waktu istirahat selama 30 menit setelah tiba di kandang agar dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.

Selanjutnya, kita perlu memberikan ramuan dengan larutan gula jawa dan pakan konsentrat dalam ukuran yang tepat untuk DOD bebek petelur.

Untuk awal-awal masa anakan ini peternak dapat memberikan berupakan pakan konsentrat khusus bebek petelur dengan ukuran pakan yang kecil-kecil.

Tujuannya adalah agar DOD bebek mojosari dapat mencerna makanan tersebut dengan baik.

Baca juga : Mengenal Itik Mojosari Sebagai Itik Petelur Unggul

Salah satu pemeliharaan DOD Bebek Mojosari Petelur di dalam kadang Starter lengkap dengan lampu pemanas | image 2
Salah satu pemeliharaan DOD Bebek Mojosari Petelur di dalam kadang Starter lengkap dengan lampu pemanas | image 2

2. Persiapan Kandang

Dalam persiapan kandang, peternak dapat menggunakan kandang boks atau panggung sebagai pilihannya.

BACA JUGA:  8 Jenis Bebek Petelur yang Unggul untuk di Budidayakan

Dengan menggunakan salah satu jenis kandang diatas, peternak dapat membuat alasnya dengan bahan dengan kawat ram atau bambu.

Tujuan penggunaan lantai beralaskan kawat ram agar kotoran bebek dapat langsung jatuh ke bawah, sehingga kaki bebek tetap bersih.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa merewat DOD bebek petelur juga dapat menggunakan tipe kandang postal. 

Sebelum digunakan, lakukan penyemprotan disinfektan untuk menjaga kebersihan kandang. Penting juga untuk mengatur suhu dalam kandang dengan menggunakan lampu listrik, sesuai dengan usia DOD bebek petelur.

Indikator Kenyamanan DOC ini dapat digunakan juga sebagai patokan untuk DOD Bebek Petelur | image 3
Indikator Kenyamanan DOC ini dapat digunakan juga sebagai patokan untuk DOD Bebek Petelur | image 3

Kemudian peternak bisa meletakan induk buatan dengan alat pemanas dari lampu listrik. Biasanya lampu tersebut berupa lampu bohlam dengan ukuran 5 watt.

Pengunaan lampu listrik usahakan sampai bebek menginjak usia 3 minggu. Karena pada usia tersebut bebek masih rentan terhadap suhu udara yang dingin.

Setelah adanya pemasangan lampu sebagai penghangat, peternak bisa meletakan wadah pakan dan minum didalam kandang.

Usahakan agar peternak dapat mengatur jarak antar tempat pakan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi berkumpulnya anak bebek petelur mojosari dalam satu tempat karena bisa mengakibatkan anak bebek berebut makanan.

3. Pemeliharaan Bebek Remaja – Dewasa

Setelah bebek mencapai usia 5-20 minggu atau sekitar 5 bulan, peternak perlu memindahkannya ke kandang yang lebih besar, yaitu kandang ranch.

Pemeliharaan pada usia ini bertujuan untuk mendapatkan bebek petelur berkualitas. Kandang ranch terbagi menjadi dua bagian yaitu kandang umbaran dan kandang untuk bertelur atau beristirahat.

Lantai bagian kandang yang beratap perlu diberi alas seperti sekam, jerami kering, atau serbuk gergaji. Peternak sebaiknya memberikan campuran pasir dan kapur pada alas ini.

Pemeliharaan bebek Remaja - Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan | image 4
Pemeliharaan bebek Remaja – Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan | image 4

Pasir berfungsi untuk menyerap air sehingga lantai kandang tidak lembab, sedangkan kapur berfungsi untuk menyerap amoniak dari kotoran bebek.

Pemberian alas ini memiliki perbandingan 1:2:5, untuk pasir, kapur, sekam, serbuk gergaji, dan jerami dengan ketebalan 20 cm. Alas kandang sebaiknya dibalik secara teratur agar tetap kering.

BACA JUGA:  Jenis Pakan Bebek yang Berfungsi untuk Memperbanyak Produksi Telur

Bagian kandang yang tertutup digunakan sebagai tempat beristirahat di malam hari dan tempat bertelur di pagi hari serta perlindungan dari sinar matahari saat siang dan hujan.

Sedangkan pada bagian kandang umbaran, tempat bebek minum, makan, dan bermain, perlu diberi kolam atau saluran air sebagai tempat minum dan mencelupkan kepala dan badannya.

Baca juga : 8 Jenis Bebek Petelur yang Unggul untuk di Budidayakan

4. Pemeliharaan Bebek Masa Bertelur 

Pentingnya merawat bebek saat mereka memasuki fase masa remaja yang disebut “maes,” yang dimulai saat bebek belajar bertelur pertama kali hingga gugur bulu pertama.

Bebek mulai berproduksi telur sekitar usia 23 minggu. Kandang ranch cocok untuk bebek siap bertelur, mirip dengan kandang untuk pembesaran dari usia dara ke dewasa.

Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik | image 5
Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik | image 5

Bedanya, kandang untuk masa bertelur dilengkapi tempat bertelur yang berfungsi sebagai sarang, dibuat dari sekam yang tidak merusak telur.

Kebersihan kandang juga penting, termasuk tempat makan, minum, dan lantai. Bebek memasuki masa bertelur biasanya antara pukul 03.00 – 09.00 pagi.

Penting bagi peternak untuk tidak mengeluarkan bebek dari kandang saat waktu tersebut. Setiap bebek memiliki perbedaan dalam memulai masa bertelur.

Produksi telur awalnya belum stabil, misalnya, dari 100 ekor bebek, awalnya dapat menghasilkan 300 butir telur per hari. Namun, setelah sebulan produksi telur meningkat menjadi sekitar 75 – 80 butir per tahun.

Pemberian Pakan Bebek Petelur 

Pakan merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan untuk bebek. Pemberian pakan yang baik serta berkualitas akan menghasilkan hasil ternakkan yang unggul dalam produksi.

Biaya yang dikeluarkan peternak untuk kebutuhan pakan berkisar 60 – 70 %.

Besarnya biaya yang dikeluarkan petenak ini menunjukan bahawa pakan sangat menentukan keberhasilan peternak dalam budidaya bebek.

Salah satu pakan yang bisa di berikan untuk bebek petelur yaitu konsentrat | image 6
Salah satu pakan yang bisa di berikan untuk bebek petelur yaitu konsentrat | image 6

Fungsi utama dari pemberian pakan yakni sebagai sumber penghasil energi. Energi tersebut akan menghasilkan zat -zat gizi yang tentunya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bebek dalam memproduksi telurnya.

Adapun zat – zat gizi yang dibutuhkan untuk bebek diantaranya ada :

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Air
  5. Vitamin
  6. Mineral
BACA JUGA:  3 Tahapan Pemeliharaan Bebek Petelur yang Baik

Secara umum bentuk fisik bahan pakan untuk bebek terbagi menjadi bahan pakan berbentuk butiran seperti kacang – kacngan, jagung, sorgum, gabah dan lain – lain.

Bahan pakan berbentuk tepung ada tepung ikan, tepung tulang, dedak halus, dan lain sebagainya. Selain itu ada juga bahan bahan berbentuk cairan.

Perlu diketahui juga bahwa pemberian pakan pada bebek juga harus disesuaikan dengan usia bebek. Untuk pemberian pakan bebek peteur seperti mojosari ini, dibagi menjadi 3 pola pemberian. Diantaranya sebagai berikut ini.

Baca juga : 3 Tahapan Pemeliharaan Bebek Petelur yang Baik

Jenis PakanUsia
Pemberian pakan fase strater (DOD / Bibit bebek) 1 – 4 minggu
Pemberian pakan fase grower (bebek remaja)5 – 22 minggu
Pemberian pakan fase layer (bebek dewasa)22 – 144 minggu

Pakan dengan kandungan protein tinggi sangat dibutuhkan karena digunakan untuk pertumbuhan jaringan tubuh.

Bila kebutuhan pakan fase strater tidak terpenuhi dengan baik maka pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti : kulit, tulang, daging dan otot akan berjalan dengan baik.

Demikian cara pemeliharaan bebek petelur mulai dari usia bebek DOD hingga masa bertelur. Hal tersebut perlu diketahui bagi peternak agar produktifitas telur bebek dapat meningkat.

Layanan Pemesanan Bibit/ DOD Bebek Pedaging & Petelur

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit bebek pedaging, bebek petelur, ayam kampung super,  atau ayam hias berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan layanan konsultasi :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0857-2944-1388

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

WA DOD bebek petelur Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 DOD bebek petelur 4 Cara Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa Bagi Pemula
5/5 - (18 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!