0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

Pembesaran DOD Bebek Petelur Hingga Mencapai Usia Dewasa

Bila Anda ingin membudidayakan bebek petelur, maka ada beberapa tahapan pemeliharaan yang perlu diperhatikan. Mulai dari pemeliharaan anakan umur sehari, perawatan, pembesaran, kandang yang digunakan, pemberian pakan, minuman dan pemasaran pasca panen. Dengan pemeliharaan yang baik dan optimal tentunya akan menunjang pertumbuhan yang baik, sehingga dapat menghasilkan seperti yang diharapkan. Untuk bibit bebek petelur yang digunakan untuk menghasilkan telur biasanya  jenis bebek betina. Ada beberapa jenis bebek petelur yang unggul dalam produktifitasnya. Seperti contoh sebagai berikut ini :

1. Bebek Betina Mojosari
2. Bebek Alabio
3. Bebek Cirebon atau Rambon
4. Bebek Khaki Champabel
5. Bebek Magelang
6. Bebek Tegal
7. Bebek Bali
8. Bebek Buff Duck
9. Bebek Indian Runner

Bebek Buff Duck

Bebek Buff Duck salah satu jenis bebek penghasil telur

Dalam memulai ternak bebek petelur tentunya peternak sendiri yang dapat menentukan jenis bebek manakah yang akan dibudidayakan sebagai penghasil telur. Untuk bebek yang tim hobiternak sarankan sebaiknya beternak bebek petelur jenis betina mojosari. Karena produktifitas telur yang dihasilkan pun relatif tinggi, serta harga bibitnya juga terjangkau. Mendapatkan bibit bebek betian mojosari ini tidaklah sulit, kami dari hobiternak juga menyediakan DOD Bebek Mojosari usia baru saja menetas.

Apa itu Bebek Betina Mojosari ?

Bebek Mojosari merupakan salah satu jenis bebek yang unggul dalam produktifitas telurnya. Asal mula bebek mojosari ini merupakan persilangan antara Bebek Jawa dengan Bebek Liar (mallard) yang berasal dari desa Modopuro, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Untuk penyebaran bebek mojosari tersebut sudah sampai ke seluruh wilayah Indonesia, seperti Pulau Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Jawa, Sumatra dan Papua.

Pada postur tubuh bebek ini memiliki bentuk tubuh yang ramping yang menyerupai botol. Untuk warnanya sendiri berwarna kecoklatan. Sedangkan untuk bobotnya masing – masing jenis  kelamin memiliki standar bobot yang relatif sama yakni berkisar 1, 6 – 1, 7 kg per ekornya. Memiliki jumlah produksi telur sebanyak 90 – 95 % atau sekitar 230 – 250 butir per tahun. Untuk bobot telur per butirnya mencapai 65 – 70 gram.

Bebek Mojosari

Bebek Mojosari jenis bebek petelur yang banyak dipelihara oleh masyarakat di Indonesia

Bebek petelur mojosari ini akan mulai memasuki usia bertelur ketika memasuki 22 – 24 minggu. Dan memiliki lama produksi sekitar 3 tahun. Bebek ini biasanya banyak diternak pada daerah pegunungan yang sejuk dan dingin, tetapi tidak menutup kemungkian dapat diternak di daerah dataran rendah. Cara ternak bebek agar menghasilkan hasil yang maksimal bisa dilakukan dengan dua cara yakni dengan cata intensif dan ekstensif. Tetapi alangkah baiknya jika dalam pemeliharaan bebek petelur ini menggunakan cara ekstensif.

Bebek mojosari apabali dipelihara dengan sistem angon atau dilepas liarkan disawah akan berefek pada produktifitas telurnya. Produkltifitas bebek akan menjadi menurun skitar 130 butir saja per tahunnya. Jadi, sebaiknya peternak tetapa memelihara bebek mojosari dengan sistem instensif yakni tetap dikandangkan agar produktifitas tetap baik rata – rata 265 butir per tahun.

Bagaimana Cara Ternak Bebek Untuk Pemula ?

Saat ini beternak bebek merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat, baik masyarakat pedesaaan maupun perkotaan. Cara ternak bebek yang baik dan memberikan keuntungan peternak harus mempelajari menejemen pemeliharaan yang tepat dan sesuai. Dimulai dari masa anakan, remaja hingga masa bertelur.

Selain itu peternak juga harus selalu memperhatikan dalam hal pemberian pakan. Pakan yang diberikan untuk ternak bebek mojosari juga harus mengandung gizi yang sesuai untuk pertumbuhan. Lalu bagai mana cara beternak bebek yang baik bagi pemula ? Mari kita pelajari bersama, berikut penjelasannya

1.Merawat DOD yang Baru Saja Tiba di Kandang

DOD Bebek atau bibit bebek yang baru saja menetas, ternyata masih memiliki cadangan makanan didalam tubuhnya. DOD Bebek ini dapat tahan makan dan minum selama tiga hari. Anakan bebek yang telah memeasuki usia satu hari keatas harus segera mendapatkan perawatan yang baik. Perawatan ini bertujuab agar bebek terhindar darui serangan penyakit. Setelah DOD Bebek Mojosari Petelur sampai dikandang,istirahatkan sejenak sekitar 30 menit, hal ini bertujuan agar DOD dapat menyesuaikan engan lingkungan barunya.

DOD Mojosari usia baru saja menetas

DOD Mojosari usia baru saja menetas

Setelah beristirahat sejenak, peternak dapat memberikan ramuan atau minuman yang diberi larutan gula jawa. Setelah itu peternak dapat memberikan pakan DOD bebek tersebut.

2.Persiapan Kandang untuk DOD Bebek Petelur

Kandang yang digunakan untuk pemeliharaan DOD dapat berupakan kandang boks atau kandang panggung. Biasanya peternak menggunakan model kandang tersebut dengan berbahan kawat ram. Untuk lantai kandang pun juga demikian, menggunakan kawat ram yang diberikan alas halus. Tujuan penggunaan lantai beralaskan kawat ram ini agar kotoran bebek dapat langsung jatuh ke bawah, sehingga kaki bebek tetap bersih. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa mereawat DOD bebek juga dapat menggunakan tipe kandang postal. 

DOD Mojosari Petelur

DOD Bebek Mojosari yang dipelihara dengan sistem kandang tipe Postal

Sebelum kandang digunakan alagkah baiknya jika dilakukan penyemprotan menggunakan disinfektan. Hal ini bertujuan untuk mematikan kuman dan bakteri. Kemudian peternak bisa meletakan induk buatan dengan alat pemanas dari lampu listrik. Biasanya lampu tersebut berupa lampu bohlam dengan ukuran 5 watt. Pengunaan lampu listrik tersebut diharapkan sampai bebek menginjak usia 3 minggu. Karena pada usia tersebut bebek masih rentan terhadap suhu udara yang dingin.

Aturan Penggunaan Lampu pada DOD Bebek :

  1. Usia bebek minggu pertama dengan suhu 32 derajat
  2. minggu kedua dengan suhu 27 derajat
  3. dan minggu ketiga dengan suhu 21 derajat

Untuk mengetahui suhu yang sesuai dengan anakan bebek, peternak dapat menetahuinya dari penyebaran anak itik dibawah alat pemanas. Apabila suhu didalam kandang terlalu dingin, maka DOD bebek akan mengumpul didbawah alat pemanas atau lampu. DOD bebek akan berdesak – desakan sehingga terlihat bertumpuk. Bila suhu terlalu panas, DOD akan menyebar menjauh dari lampu pemanas. Sedangkan jika keadaan suhu  atau alat pemanas sesuai dengan suhu tubuh, maka DOD akan menyebar secara merata di bawah alat pemanas.

Setelah adanya pemasangan lampu sebagai penghangat, peternak bisa meletakan wadah pakan dan minum didalam kandang. Usahakan agar peternak dapat mengatur jarak antar tempat pakan. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi berkumpulnya anak bebek dalam satu tempat karena bisa mengakibatkan anak bebek berebut makanan.

Kandang Bebek Mojosari

Salah satu contoh bentuk kandang Bebek Mojosari untuk anakan

Kepadatan dalam satu kandang dapat berisi sekitar 20 – 25 ekor per meter persegi untuk usia DOD bebek 0 – 4 minggu. Sedangkan untuk usia bebek 5 – 8 minggu, kepadatan bebek dapat dikurangi menjadi 10 – 15 ekor per meter persegi. Pengurangan jumlah tersebut bertujuan untuk memberikan ruang gerak yang luas bagi pertumbuhan DOD bebek.

Setlah anak bebek berumur 21 hari, kita perlu memindahkan ke kandang yang lebih besar. Kandang yang sesuai adalah kandang ren yang mempunyai penyekat yang bisa dibongkar pasang. Pada umur 2 bulan penyekat sudah dapat dilepaskan dan bebek mulai diumbar dikandang yang lebih besar. Saat berumur 3 bulan bebek dapat diumbar keluar kandang. Saat itu tubuh bebek sudah cukup kuat berjalan mencari makan sendiri. Sebulan kemudian, bebek dikembalikan ke kandang untuk pembesaran dan persiapan memasuki masa bertelur.

3. Pemeliharaan Bebek Dara hingga Bebek Dewasa 

Setelah anak bebek berusia 5 – 20 minggu atau sekitar 5 bulan, peternak perlu memindahkan ke kandang yang lebih besar. Kandang yang sesuai adalah kandang ranch.Pemeliharaan bebek usia dara ini bertujuan untuk memdapatkan bebek petelur yang berkualitas. Bagian dalam kandang ranch ini dibagi menjadi dua bagian, yakni kandang umbaran dan kandang untuk bertelur dan beristirahat.

Pada bagian kandang yang beratap, lantainya perlu diberikan alas berupa sekam, jerami kering, atau serbuk gergaji. Dalam pemberian alas tersebut sebaiknya peternak dapat memberikan campuran pasir dan kapur. Kegunaan pasir tersebut berfungsi untuk menyerap air sehingga lantai kandang tidak menjadi lembab, sedangkan kapur berfungsi untuk menyerap amoniak yang timbul dari kotoran bebek. Pemberian alas tersebut memiliki perbandingan 1:2:5, untuk pasir, kapur, sekam, serbuk, gergaji, dan jerami dengan ketebalan 20 cm. Alas kandang tersebut sebaiknya dilakukan pembalikan secara teratur sehingga lantai kandang tetap dalam keadaan kering dan tidak basar.

Pemeliharaan bebek Remaja - Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan

Pemeliharaan bebek Remaja – Dewasa perlu adanya perhatian khusus dalam hal pemberian pakan

Bagian kandang tertutup digunakan untuk tempat beristirahat dimalam hari dan bertelur dipagi hari Sera berlindung dari sengatan matahari di kala siang dan berlindung dikala hujan. Sedangkan pada bagian kandang umbaran merupakan tempat bebek untuk minum, makan dan bermain. Bagian kandang ini juga perli diberikan kolam atau saluran air sebagai tempat minum atau mencelupkan kepala dan badannya.

4. Memasuki Masa Bertelur 

Pemeliharaan dan perawatan masa remaja pada saat persiapan menjelang masa bertelur merupakan fase yang penting. Masa tersebut disebut sebagai maes. Masa maes bermula saat bebek belajar bertelur pertama kali hingga menjelang gugur bulu yang pertama. Bebek akan mulai berproduksi telur ketika memasuki usia 23 minggu. Tipe kandang yang cocok untuk bebek siap bertelur yakni kandang ranch, sama seperti pemeliharaan bebek dara menuju dewasa. Perbedaannya dengan kandang bebek dara yakni didalam kandang disiapkan tempat untuk bertelur yang berfungsi sebagai sarang.

Pembuatan sarang ini terbuat dari sekam, sekam tersebut bersifat luak dan tidak merusak telur. Perlu diketahui juga bahwa kebersihan kandang juga harus diperhatikan dengan baik. Seperti kebersihan tempat makan, minum dan lantai. Bebek akan memasuki masa – masa bertelur pukul 03.00 – 09.00 pagi. Pada jam – jam tersebut usahakan agar peternak tidak mengeluarkan bebek untuk keluar kandang.

Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik

Produktifitas telur bebek akan semakin meningkat jika menejemen pemeliharaan dalam hal pakan tercukupi dengan baik

Masing – masing bebek ternyata mempunyai perbedaan dalam memulai masa bertelur. Pada awalanya produksi telur belum stabil. Dari pemeliharaan 100 ekor, jumlah produksi 300 butir per hari yang dihasilkan. Tetapi sebulan kemudia produksi telur bebek akan mengalami peningkatan , dari 100 ekor dapat bereproduksi 75 – 80 butir per tahun.

5. Perawatan Bebek Masa Gugur Bulu atau Mabung 

Menjelang gugur bulu yang pertama, peternak dapat mulai menyeleksi bebek yang dapat digunakan untuk petelur. Bebek yang belum pernah bertelur sampai gugur bulu pertama dapat segera dipisahkan dan dapat dijadikan sebagai bebek penghasil daging atau bisa dijual sebagai bebek afkiran. Bebek yang memenuhi syaratlah yang dijadikan sebagai penghasil telur.

Pada saat bebek berumur 10 – 12 bula maka produktifitas telur bebek akan menurun. Hal tersebu akan menjadi tanda bebek akan mengalami masa gugur bulu tahap pertama. Setiap bebek tentu tidak sama dalam melewati masa rontok bulu. Bila peternak menginginakan bebek yang diternakkan bersamaan dalam rontok bulu maka pada saat bebek berusia 10 bulan perlu dipusakan selama 3 hari atau tidak diberikan makan. Selama 3 hari tersebut bebek hanya diberi minuman hingga bebek menjadi lemas dan bulunya mulai rontok.

Gambaran Bebek atau Ituk yang sedang mengalami rontok bulu atau mabung

Gambaran Bebek atau Ituk yang sedang mengalami rontok bulu atau mabung

Setelah memasuki hari ke – 4 barulah bebek dapat diberi pakan sedikit demi sedikit. Jatah pemberian pakan tersebut hanya 1/4 porsi yang bias diberikan, hari ke – 6 sebanyak 3/4 dan hari ke – 7 baru sesuai porsi yang sebenarnya. Kemudian bebek akan kembali gemuk dan bulunya serentak akan rontok.

Selanjutnya pakan bebek dapat ditambahkan karbohidrat sedikit demi sedikit. Contoh pakan yang mengadung karbohidrat ada nasi kering, gabah dan jagung. Setelah berusia 3 minggu dari masa rontok bulu bebek akan mulai memproduksi telur kembali dengan stabil, berkisar 80 – 90 %.Dengan dilakukannya puasa tersebut akan mempercepat masa bertelur kembali. Jika tidak maka bebek bisa bertelur kembali dalam jangka waktu 3 bulan.

Pemberian Pakan yang sesuai untuk ternak Bebek Petelur 

Pakan merupakan kebutuhan utama yang dibutuhkan untuk bebek. Pemberian pakan yang baik serta berkualitas akan menghasilkan hasil ternakkan yang unggul dalam produksi. Tanpa adanya pakan yang cukup, produksi telur bebek juga tidak akan sesuai dengan target maksimal. Biaya yang dikeluarkan peternak untuk kebutuhan pakan berkisar 60 – 70 %. Besarnya biaya yang dikeluarkan petenak ini menunjukan bahawa pakan sangat menentukan keberhasilan peternak dalam budidaya bebek.

Fungsi utama dari pemberian pakan yakni sebagai sumber penghasil energi. Energi tersebut akan menghasilkan zat – zat gizi yang tentunya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bebek dalam memproduksi telurnya. Adapun zat – zat gizi yang dibutuhkan untuk bebek diantaranya ada :

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Lemak
  4. Air
  5. Vitamin
  6. Mineral
BekaBekatul dapat di berikan untuk Bebek bila sudah berusia diatas 1 bulantul dapat di berikan untuk ayam JOPER bila sudah berusia diatas 1 bulan

Bekatul dapat di berikan untuk Bebek bila sudah berusia diatas 1 bulan

Secara umum bentuk fisik bahan pakan untuk bebek terbagi menjadi beberapa point dibawah ini :

  1. Bahan pakan berbentuk butiran : Kacang – kacngan, jagung, sorgum, gabah dan lain – lain
  2. Bahan pakan berbentuk tepung : tepung ikan, tepung tulang, dedak halus, dan lain sebagainya
  3. Bahan bahan berbentuk cairan

Perlu diketahui juga bahwa pemberian pakan pada bebek juga harus disesuaikan dengan usia bebek. Untuk pemberian pakan bebek peteur seperti mojosari ini, dibagi menjadi 3 pola pemberian. Diantaranya adakah sebagai berikut ini

  1. Pemberian pakan fase strater (DOD / Bibit bebek) : 1 – 4 minggu
  2. Pemberian pakan fase grower (bebek remaja) : 5 – 22 minggu
  3. Pemberian pakan fase layer (bebek dewasa) : 22 – 144 minggu
Salah satu pakan yang bisa di berikan untuk bebek petelur yaitu konsentrat

Salah satu pakan yang bisa di berikan untuk bebek petelur yaitu konsentrat

Pakan dengan kandungan protein tinggi sangat dibutuhkan karena digunakan untuk pertumbuhan jaringan tubuh. Bila kebutuhan pakan fase strater tidak terpenuhi dengan baik maka pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh seperti : kulit, tulang, daging dan otot akan berjalan dengan baik.

Demikian cara pemeliharaan bebek petelur mulai dari usia DOD hingga masa bertelur. Hal tersebut perlu diketahui bagi peternak agar produktifitas telur bebek dapat meningkat.

Bagi Anda yang ingin beternak bebek petelur mojsari, kami dari hobiternak.com menyediakan DOD Bebek Peking, Bebek Hibrida, Bebek Lokal Jantan, dan DOD Lokal Mojosari. Kami siap mengirimakan pesanan sampai ke seleuruh wilayah Indonesia via kargo hewan terpecaya dan tentunya dengan harga terjangkau. Untuk pemesanan silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856 4772 3888

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait : Budidaya bebek peking, cara beternak bebek petelur, ukuran kandang bebek pedaging, ciri-ciri bebek yang bisa dijadikan indukan, pakan bebek petelur, tempat membeli bibit bebek petelur, ternak bebek petelur modern, beternak itik petelur, bibit bebek petelur unggul, budidaya ternak bebek petelur, pakan itik petelur, cara merawat bebek petelur, usaha bebek petelur, takaran pakan bebek petelur, budi daya itik petelur, makanan bebek petelur

*Hasti Nurchayati*

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: