Mengenal 4 Penyebab Ayam Sakit & Cara Mudah Penangananya

Ayam yang kelihatannya sehat dapat tiba – tiba terserang penyakit. Paling parahnya lagi ketika ayam sedang sakit tetapi penanganannya terlambat sehingga penyakit pada ayam dapat dengan cepat menular kepada ayam lainnya.

Seperti saat kita membeli ayam baru, jika ayam tersebut dicampur atau dijadikan satu dengan jenis ayam lainnya ternyata dapat beresiko menularkan penyakit.

Untuk ayam baru yang kita beli atau kita dapat dari luar kandang kita sebaiknya memang di karantina terlebih dahulu.

Penyebab ayam sakit ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa fakto diantaranya dengan menjaga kebersihan kandang serta lingkungannya | image 1Source: okutimurpos.disway.id
Penyebab ayam sakit ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa fakto diantaranya dengan menjaga kebersihan kandang serta lingkungannya | image 1

Paling ideal memang karantina ini di lakukan di kandang yang berbeda dan lokasi ruangan yang berbeda. Namun minimal kita bisa memisah kandang nya saja, bila luas kandang yang terbatas.

Kurangnya kebersihan pada kandang, pemberian pakan dan minum yang tidak teratur serta pemberian vitamin yang kurang dapat menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.

Ada beberapa faktor penyebab ayam mudah terjangkit penyakit antara lain :

Penyebab-penyebab Ayam Sakit

1. Lingkungan yang kotor

Saat kita sudah memutuskan untuk memelihara ayam, baik ayam produksi atau ayam hias. Maka peternak harus menyiapkan segala fasilitas-fasilitas kandang dengan baik dan sesuai standar.

Fasilitas kandang yang paling utama yakni pembuatan kandang. Perlu diketahui bahwa kandang yang baik didukung oleh lingkungan sekitar yang mendukung dan dalam kondisi baik.

Selain itu menejemen kandang yang tidak baik akan menyebabkan virus atau bakteri berkembang pesat. Adanya virus atau bakteri tersebut tentunya akan sangat mudah menginfeksi ayam.

Lingkungan kandang yang bersih dapat membuat ayam menjadi nyaman dan terjaga kesehatannya | image 2Source: hipwee.com
Lingkungan kandang yang bersih dapat membuat ayam menjadi nyaman dan terjaga kesehatannya | image 2

Kandang yang baik dapat dilihat dari kebersihkannya, kelembaban udara, sugu kandang, insensitas cahaya matahari yang masuk serta kondisi lingkungan kandang.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Penyakit Ayam di Cuaca Buruk dengan Kapsul Trimezyn

Lingkungan kandang ayam yang kotor, sirkulasi udara yang buruk serta tidak adanya cahaya matahari yang masuk akan membuat bakteri dan virus menjadi mudah berkembang.

2. Kurangnya asupan pakan yang bernutrisi

Kesehatan dan pertumbuhan ayam akan berkembang dengan maksimal jika nutrisi dalam pakan tercukupi. Tidah tercukupinya nutrisi dalam pakan ayam akan membuat ayam menjadi lemah sehingga akan menyebabkan ayam mudah terserang penyakit.

Pemberian pakan pada ayam pun juga harus tepat. Peternak perlu memperhatikan kandungan nutrisi dan bentuk fisik pakan ayam sebelum diberikan.

Pemberian pakan yang berkualitas dapat mencegah ayam terserang penyakit | image 3
Pemberian pakan yang berkualitas dapat mencegah ayam terserang penyakit | image 3

Untuk menjaga pakan ayam agar tetap terjaga kualitasnya peternak juga harus menyimpan makanan agar tetap aman dan berkualitas.

3. Infeksi pada ayam

Pada umumnya infeksi terbesar sering terjadi ketika peralihan musim. Selain itu kualitas booding dan asupan air minum yang buruk pun dapat mempengaruhi stres pada ayam.

Akibatnya bakteri patogen tersebut dengan mudah dapat menginfeksi ayam, terutama ketika memasuki musim penghujan.

Pemberian vaksin sangat penting bagi kesehatan ayam | image 4
Pemberian vaksin sangat penting bagi kesehatan ayam | image 4

Tingginya curah hujan yang tinggi menyebabkan kandang menjadi lembab sehingga bakteri atau virus dapat dengan cepat menginfeksi ayam.

4. Penyakit yang tersembunyi

Ayam yang kelihatannya sakit ternyata dapat sewaktu-waktu terserang penyakit. Hal ini dapat disebabkan oleh penyakit bawaan atau penyakit yang tersebunyi yang diidap oleh ayam.

Pencegahan adanya penyakit tersebunyi tersebut peternak dapat memastikan bahwa indukan dari ayam yang kita beli dalam keadaan sehat-sehat, tidak cacat dan tidak ada penyakit bawaan atau keturunan.

Salah satu jenis ayam yang terkena penyakit snot, lihat pada ciri wajah | image 4Source: troboslivestock.com/
Salah satu jenis ayam yang terkena penyakit snot, lihat pada ciri wajah | image 4

Selain itu peternak juga dapat melakukan tindakan pencegahan penyakit baik penyakit dari dalam maupun luar kandang dengan menerapkan biosecurity.

Tujuan diadakannya biosecurity ini adalah menjauhkan ayam dari serangan bibit penyakit seperti virus, bakteri, jamur, pratozoa dan parasit yang membahayakan ksesehatan unggas.

BACA JUGA:  4 Penyakit yang Sering Menyerang Ayam

Penanganan pada Ayam yang Sakit

Untuk ayam yang sakit segera lakukan isolasi dengan ayam lain yang masih sehat. Pengambilan keputusan untuk mengisolasi ayam yang sakit ini memang perlu di lakukan secepat mungkin.

Karena bila terjadi keterlambatan resiko kematian akan sangat besar. Di banyak kejadian dari beberapa pengalaman peternak kami dalam satu malam ayam bisa langsung mati semua jika tidak ditindaklanjuti dengan segera.

Penggunaan obat herbal untuk ayam mampu menjaga kesehatan bagi ayam yang terkena penyakit | image 5
Penggunaan obat herbal untuk ayam mampu menjaga kesehatan bagi ayam yang terkena penyakit | image 5

Lakukan pemberian obat sesuai indikasi keadaan ayam. Berikan lampu penerangan secukupnya agar kita bisa memberi perhatian lebih terhadap. 

Anda juga bisa baca-baca dan fahami artikel kami tentang Cara Mudah Mengobati Penyakit Pada Ayam Serta Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ayam.

Semoga sukses ternak ayam nya dan kami tunggu kabar baik nya di kolom komentar serta dukungan kepada kami untuk senantiasa menebar manfaat kebaikan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam produksi, ayam petelur, bebek atau ayam hias kami dari jualayamhias.com menyediakan mulai dari usia bibit baru saja menetas hingga indukan.

Untuk pengiriman pun dapat kami jangkau hingga keseluruh wilayah Indonesia via kargo hewan dengan harga terjangkau dan tentunya aman.

Silahkan dapat menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkan daftar harga terbaru, cara pemesanan, cara pengiriman dan informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (4 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: