Cara Mengawinkan Ayam Phoenix

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Cara Mengawinkan Ayam Phoenix

Ayam Phoenix Dewasa

Cara Mengawinkan Ayam Phoenik – Ayam phoniex merupakan ayam hias yang keberadaannya di Indonesia belum banyak, ayam ini lebih langka dari pada ayam Onagadori karena jumlah populasinya yang terbatas dan para peternak ayam hias belum banyak yang membudidayakannya. Belakangan ini Ayam Phoenix semakin digemari oleh peminat ayam hias di Indonesia, akan tetapi karena jumlah stok ayam ini di pasaran belum banyak, sehingga mereka mengalami kesulitan dalam mendapatkan Ayam Phoenix ini. Untuk mendapatkan anakan dan melestarikan populasi Ayam Phoenix yang relatif langka maka perlu dilakukan perkawinan yang tepat. Pada prinsipnya reproduksi Ayam Phoenix bertujuan untuk memperoleh anakan yang berkualitas. Cara mengawinkan Ayam Phoenix hendaknya adalah usia pejantan sudah dewasa kelamin dan dewasa tubuh atau berumur 1-1,5 tahun, sedangkan betina berumur minimal 8 bulan.

Ayam Phoenik berasal dari Jerman dan mulai dikembangkan di berbagai negara. Ayam ini memiliki postur tubuh yang tidak jauh berbeda dengan ayam kampung, namun jika melihat dari ekornya yang lurus dan panjangnya akan membuat para pecinta ayam hias tertarik untuk membelinya. Selain ekornya yang panjang ayam phonik mempunyai warna yang bermacam – macam seperti warna hitam kemerahan, putih kehijauan dan warna putih.

Karena ekor pada ayam phoenik sangat panjang peternak harus menyediakan kandang dengan ukuran yang luas dibanding dengan kandang ayam kampung biasa. Di dalam kandang peternak juga harus membuat kayu memanjang yang gunanya untuk bertengger ayam phoenik. Pemberian pakan pada ayam phoenik dapat berupa konsentrat, Voer atau BR. Peternak juga dapat memberikan tambahan pakan berupa dedak dan bekatul ini berguna agar biaya pengeluaran pada konsumsi pakan tidak terlalu banyak.

Baca selanjutnya di : 

Beternak ayam phoenik memang merupakan buidang usaha yang belum banyak orang untuk megembangkannya. Walauapun belum banyak orang dalam mengembangkan tetapi peminat untuk ayam phoenik sangat lah banyak.Dengan keadaan ini peternak harus dapat mengembangiakan ayam phoenik dengan cara dikawinkan. Agar ayam phoenik menghasilkan sebutir telur yang dapat ditetaskan, tentunya akan melewati jalur perkawinan dengan seekor ayam jantan sebagai penghasil sperma. Dengan proses tersebut sperma akan dibuahi oleh indukan betina untuk menghasilkan telur. Kemudian telur tersebut akan dierami oleh indukan betina selama 21 hari untuk memperoleh anakaan yang unggul dan sehat. Berikut adalah tahapan dalam mengawinkan ayam phonik agar mendapatkan anakan yang unggul.

Ready Stok Ayam Hias di Kandang Jualayamhias.com

Ayam Phoenix Dewasa

Ada 2 cara dalam mengawinkan Ayam Phoenix,  yaitu penjodohan dalam kandang dan inseminasi buatan

1. Penjodohan dalam kandang bersama

Penjodohan dalam kandang bersama bisa terdiri dari 1 kandang terdapat 1 pasangan jantan-betina. Biasanya ayam phoniex baik jantan maupun betina berada dalam satu kandang yang sama dengan tempat pakan dan tempat minum yang selalu tersedia dan kandang selalu  bersih dengan alas serbuk gergaji. Perkawinan akan berlangsung apabila pejantan kokok berulang ulang, jengger tegak dan tampak cerah, gagah dan suka menceker-ceker. Setelah perkawinan telur dikumpulkan dan ditetaskan baik dierami atau dengan mesin penetasan.

2. Inseminasi buatan

Metode inseminasi buatan untuk ayam phoenix adalah mengambil sperma pejantan, metode ini memerlukan 2 orang untuk melakukannya. Pejantan yang akan di ambil spermanya yaitu sehat, jinak, berumur 1 tahun dan kandangnya terjauh dari betina. Untuk merangsang keluarnya sperma dilakukan pemijitan pada bagian perut dekat kloaka. Sperma yang akan keluar kemudian ditampung dan diencerkan. Pengencer ini berupa cairan infus (larutan NaCl) dengan pH 7-8. Dengan inseminasi buatan satu induk cukup memerlukan 0,05 ml.Cara perkawinan dan Reproduksi Ayam Phoniex merupakan salah upaya untuk mendapatkan anakan yang berkualitas, untuk mendapatkan anak yang berkualitas diperlukan keuletan dan kesabaran dan melalui proses yang panjang.

Demikianlah artikel kami tentang Cara Mengawinkan Ayam Phoenix . Untuk mendapatkan ayam phoniex berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi kami kapan saja di kontak kami berikut ini:

Silahkan hubungi kami kapan saja:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata terkait :
ayam ekor panjang, ayam phoenix, harga ayam phoenix, ayam bantam phoenix, jual ayam phoenix

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Phoenix
No HP
0812 2028 8686

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: