0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Kalkun Blue Slate Spesies Kalkun Terbaru

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Kalkun Blue Slate Spesies Kalkun Terbaru

Kalkun Blue Slate

Kalkun merupakan salah satu jenis burung yang memiliki ukuran yang besar dan berasal dari ordo Galliformes Genus Melaegris. Ayam kalkun merupakan salah satu unggas yang memilki badan cukup besar. Pada awalnya ayam kalkun ditemukan di Amerika. Tetapi saat ini populasi ayam kalkun semakin banyak dan mulai tersebar di berbagai wilayah teruatama di Indonesia.

Blue Slate
Blue Slate

Di wilayah Indonesia kalkun banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan atau hewan hias.Selain dijadikan sebagai hewan hias/ peliharaan ternyata di Indonesia Ayam kalkun juga digunakan sebagai hewan penghasil daging. Karena, ayam kalkun tersebut memiliki bentuk tubuh yang besar dan memiliki bobot yang cukup tinggi. Maka, ayam kate banyak digunakan masyarakat sebagai ayam pedaging.

Mengenal jenis – jenis Ayam Kalkun di Indonesia

Ayam Kalkun tersebut pertama kali ditemukan di darataran Amerika. Dalam bahasa inggris Ayam Kalkun disebut dengan Turkey. Mengapa dinamakan sebagai Turkey ? Karena ayam kalkun diimport dari Eropa Tengah melalui Turki.

Berbagai Jenis Ayam Kalkun
Berbagai Jenis Ayam Kalkun

Di Indonesia ayam kalkun terdiri dari berbagai jenis, ada yang berwarna putih bahkan ada yang berwarna campuran. Adapun jenis – jenis Ayam Kalkun yang ada di Indoensia diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bronze
  2. Royal Palm
  3. Golden Palm
  4. Black Spanish
  5. Self Buff
  6. White Holland/putih
  7. Bourbon Red
  8. Blue Slate

Mengenal Kalkun Blue Slate

Saat ini ada jenis kalkun yang memiliki warna berbeda dengan ayam lainnya. Dan ternyata kalkun tersebutu merupakan jenis kalkun terbaru dan barus dikenal oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2016. Dikarenakan masih termasuk jenis kalkun spesiaes terbaru maka peternak kalkun tersebut masih cukup langka. Kalkun tersebut dikenal sebagai Kalkun Blue Slate

Anak Kalkun
Anak Kalkun

Di Indonesia peternak kalkun blue slate masih terbatas dan baru beberapa peternak saja yang berhasil menternakkan kalkun tersebut. Tetapi seiring bertambahnya tahun semakin banyak poeternak yang mulai berminat untuk beternak kalkun blue slate.

Ayam Kalkun Blue Slate tersebut memiliki warna yang khas yaitu berwarna Biru keabu – abuaan. Sejak usia anakan pun warna dari bulu ayam kalkun sudah terlihat. Dan tentunya semakin membuat bulu eksotis ketika menginjak usia dewasa.

Anak Kalkun Blue Slate
Anak Kalkun Blue Slate

Dengan warna yang unik dan indah inilah yang membuat para pecinta ayam hias semakin menarik perhatian untuk dipelihara. Pada umumnya memelihara ayam kalkun sama seperti memelihara ayam pada umumnya. Adapun tata cara pemberian pakan dan pakan yang bergizi untuk ayam kalkun terutama untuk ayam kalkun blue slate adalah sebagai berikut :

Pakan yang Baik untuk Ayam Kalkun

Perlu Anda ketahui dalam beternak ayam kalkun peternak harus tetap mengetahui pakan yang baik dan berkulitas untuk diberikan ke ayam kalkun. Dengan pakan yang baik dan bergizi tersebut tentunya sangat mendukung kesehatan pada kalkun blue slate. Untuk mencapai bobot kalkun yang sesuai dengan selera, peternak harus selalu memperhatikan kadar protein yang terdapat didalam pakan. Hal ini dilakukan agar berat badan ternak kalkun bisa maksimal. Berikut pakan tambahan untuk Ayam Kalkun

1.Voer atau BR

Jenis pakan yang satu ini merupakan makanan yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi. Dengan pakan ini biasanya bobot ayam kalkun akan semakin bertambah. Tetapi dalam hal biaya pun juga tidak relatif murah. Biasanya peternak mencampur antara voaer dengan bekatul agar meminimalisisr biaya pengeluaran pakan.

Voer Untuk Pakan Ayam Kalkun
Voer Untuk Pakan Ayam Kalkun

2. Bekatul

Bekatul atau biasa disebut sebagai dedak merupakan bahan pakan unggas yang berasal dari kulit padi yang dihaluskan. Cara mendapatkannya pun cukup mudah dan harganya relatif terjangkau. Dalam pemilihan tekstur dedak/bekatul disarankan agar yang halus saja, dikarenakan dapat mempermudah kalkun dalam mencerna pakan tersebut.

Bekatul untuk pakan Ayam Pegar
Bekatul untuk pakan Ayam Kalkun

3. Nasi Aking

Sisa nasi yang sudah tidak terpakai ternyata juga dapat menjadi pakan alternatif, masyarakat menyebutkannya dengan sebutan Nasi Aking/sego garing. Nasi aking tersebut awalnya dijemur dibawah terik matahari hingga mengering. Dalam pemberiannya untuk pakan ternak nasi aking tersebut direndam menggunakan air panas supaya nasi menjadi lunak.

Nasi Aking
Nasi Aking

Pemberian pakan nasi aking juga dapat diberikan untuk ternak unggas lainnya seperti bebek dan entok. Nasi aking mengandung karbohidrat sehingga sangat baik untuk stamina ayam kalkun.

4. Sayuran dan daun – daunan

Sawi untuk pakan Ayam Kalkun
Sawi untuk pakan Ayam Kalkun

Bahan pangan berupa daun dan sayur – sayuran memang mengandung banyak vitamin dan yang paling banyak digunakan peternak adalah daun pisang. Dengan daun pisang tersebut peternak dapat memberikannya langsung kepada hewan ternak. Namun peternak juga dapat mencampurkan daun pisang tersebut dengan pakan rasum berupa campuran bekatul, nasi aking dan lain sebagainya.

Apabila Anda tertarik dengan jenis ayam kalkun ini, Anda bisa memesan di tempat kami. Dan jika Anda juga ingin mencoba menetaskan telur kalkun, kami menyediakan telur kalkun yang siap ditetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk kalkun dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : ayam kalkun, ayam kalkun terbesar, kalkun blue slate, harga kalkun blue slate, jual ayam kalkun, pakan ayam kalkun,

Nurasikin:)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: