Ayam Pelung

4 Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang

Written by

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul Sejarah, Harga dan Cara Merawat Ayam Pelung yang Baik. Disini kami akan menjelaskan berbagai makanan ayam pelung yang dapat Anda berikan.

Ayam Pelung adalah unggas khas dari Cianjur, Jawa Barat, yang dikenal dengan suara kokokannya yang panjang.

Untuk menjaga kualitas suaranya, perawatan khusus dan pemilihan pakan yang tepat sangat penting. Kesehatan, gizi, kebersihan kandang, dan jenis pakan yang diberikan berperan dalam suaranya.

Ada banyak pilihan pakan untuk Ayam Pelung, baik alami maupun voer. Yang terpenting adalah memastikan pakan tersebut memenuhi kebutuhan nutrisi ayam pelung selama perkembangan dari 1 hingga 6 bulan.

Baca juga : 6 Ciri-Ciri Ayam Pelung Asli Trah Cianjur yang Berkualitas

Jenis-jenis Pakan Agar Ayam Pelung Berkokok Panjang | image 2
Jenis-jenis Pakan Agar Ayam Pelung Berkokok Panjang | image 2

Jenis-jenis Makanan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang 

1. Kacang Hijau

Pakan yang dapat diberikan untuk ayam pelung yaitu kacang hijau. Kacang hijau memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang cukup besar dan dapat membantu pertumbuhan serta dapat memperkuat tulang ayam pelung.

Kacang hijau sangat aman di konsumsi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

2. Beras Merah

Pemberian pakan ayam pelung juga bisa beras merah dengan kandungan nutrisi yang tinggi, selain itu efek dari pemberian beras merah juga mendukung pita suara ayam ini.

3. Gabah

Pemberian pakan gabah akan menjadikan tubuh ayam menjadi lebih ringan dengan kandungan vitamin nya yang lebih komplek, kandungan kalsium yang lebih tinggi serta harganya yang relatif lebih murah.

BACA JUGA:  Beberapa Informasi Tentang Kandang dan Pemeliharaan Ayam Pelung Putih

4. Jagung

Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi jika dibandingkan dengan beras merah dan gabah.

Selain itu, jagung juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga jenis pakan ini sangat baik terhadap pertumbuhan tulang ayam pelung.

4 Jenis Makanan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang - infografis
4 Jenis Makanan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang – infografis

Pakan Pendukung Ayam Pelung agar Cepat Besar 

Selain keempat jenis pakan agar ayam pelung dapat berkokok panjang. Peternak pun juga harus memperhatikan tumbuh kembang dan kesehatan si ayam pelung.

DedakKangkung
BekatulBayam
VoerSawi
KecambahDaun Pepaya

Sebenarnya pemberian pakan ayam pelung hampir sama seperti pemberian pakan ayam kampung biasa. Tetapi peternak perlu menyesuaikan kembali dengan usia si ayam pelung.

Ternyata belut dipercaya olah masyarakat luas yang dapat menghasilkan suara tinggi dan bersih loh…

Selain dapat diberikan pakan seperti diatas ternyata bahan tambahan dapat diberikan berupa bekicot, kerang dan belut yang sudah dicincang menjadi halus.

Sebagian masyarakat mempercayai bahwa memberikan belut sebagai pakan ayam pelung dapat juga memberikan suara yang bagus | image 3
Sebagian masyarakat mempercayai bahwa memberikan belut sebagai pakan ayam pelung dapat juga memberikan suara yang bagus | image 3

Selain itu peternak pun juga dapat memberikan pakan berupa voer. Karena voer mengandung protein tinggi yang dapat membantu pertumbuhan pada anak ayam. 

Berbeda pada ayam pelung usia dewasa dapat diberikan pakan dengan kandungan konsentrat serta kandungan makanan yang memicu pada telur serta keindahan pada tubuh dan bulu ayam tersebut.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Ayam Pelung

Nafsu makan tinggi adalah kunci pertumbuhan dan kesehatan ayam Pelung. Ayam yang kesulitan makan biasanya kurang sehat dan rentan sakit.

Peternak seringkali menghadapi masalah ini, tetapi sekarang ada solusi dengan obat peningkat nafsu makan ayam Pelung. Ada juga tips alami untuk meningkatkan nafsu makan tanpa efek samping.

Kelebihan yang dimiliki ayam pelung ini terdapat pada suara kokok nya yang panjang | image 5
Kelebihan yang dimiliki ayam pelung ini terdapat pada suara kokok nya yang panjang | image 5

Meningkatkan nafsu makan ayam Pelung bisa dengan memberikan jamu. Campur 2 ibu jahe yang diparut dan 1 kuning telur itik, lalu berikan pada ayam.

BACA JUGA:  3 Hal Penting Dalam Merawat Suara Kokok Ayam Pelung Agar Tetap Merdu

Selain itu, beberapa resep berikut dapat meningkatkan nafsu makan ayam Pelung :

  • Campur 3-4 siung bawang putih dengan pakan ayam setiap pagi untuk 10 ayam dewasa.
  • Campur 10-12 gram bubuk jahe dengan pakan ayam setiap pagi untuk 10 ayam dewasa.

Ayam Pelung unik dan memerlukan perawatan khusus untuk menjaga kualitas suaranya. Perawatan, pakan berkualitas, jamu, dan kenyamanan kandang memainkan peran penting dalam suara yang panjang dan merdu.

Baca juga : 4 Jenis Penyakit Ayam Ini Bisa Sembuh Berkat Kapsul Tetra Chlor

Layanan Pemesanan Bibit/ DOC Ayam, DOD Bebek atau Ayam Hias

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di sana, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit ayam, bebek atau ayam hias berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi nomor dibawah ini untuk pemesanan dan juga konsultasi : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA pakan ayam pelung Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 pakan ayam pelung 4 Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang
4.6/5 - (18 votes)

2 pemikiran pada “4 Jenis Pakan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang”

    • Kalau selama kami ternak yang kami ketahui Ayam Pelung yang sedang birahi atau tidak birahi, hal itu tidak mempengaruhi nafsu makan ayam tersebut. Tapi yangt jelas berpangaruh terhadap nafsu makan adalan kondisi badan ayam pelung yang kurang fit. Kesehatan dan fitalitas ayam sangat mempengaruhi nafsu makannya.

      silahkan like, share dan follow social media kami ya:

      IG : hobi_ternak
      FB : Hobi Ternak
      YouTube : Kandang Utama Jual Ayam Hias

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!