Sejarah, Harga dan Cara Merawat Ayam Pelung yang Baik

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Sejarah, Harga dan Cara Merawat Ayam Pelung yang Baik

Anakan Ayam Pelung 1 Bulan

Sejarah, Harga dan Cara Merawat Ayam Pelung yang Baik – Apa sih ayam pelung? Ayam pelung adalah jenis ayam ras lokal unggul yang berasal dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Jenis ayam ini dipercaya berasal dari keturunan ayam hutan merah. Ayam hias pelung mulai dijinakkan pada masa kerajaan yang ada di Jawa Barat. Ukuran tubuh ayam ini sekitar 8 kg dan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dibandingkan dengan ayam buras. Ayam hias pelung adalah salah satu jenis ayam yang memiliki suara kokok yang panjang dan merdu.

Sejarah ayam hias pelung

Dahulu menurut cerita masyarakat, sejak pertengahan abad ke-18 jenis ayam pelung sudah ada di Desa Bunikasih kecamatan Warungkondang Cianjur. Jadi, Raden Haji Djarkasih seorang kyai dan Mama Acih seorang petani menemukan anak ayam jantan di dalam kebunnya. Raden Haji Djarkasih lalu mengambil ayam tersebut dan dipelihara olehnya. Anak ayam jantan tersebut dibudidayakan dan dikawin silangkan dengan ayam betina biasa dan hasilnya ayam pelung yang sudah kita kenal saat ini.

Ayam hias pelung memang sudah sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Pernah dahulu ayam ini diminati oleh seorang Putra Kaisar yang bernama Pangeran Naruhito yang berasal dari Jepang. Pangeran tersebut memang dikenal sebagai pemulia ayam ras. Karena ia menaruh simpati dengan jenis ayam ini, jadi ia membawa ayam pelung sampai ke Jepang dan akan mengembangbiakkan lebih lanjut.

Ciri-ciri ayam pelung asli sebagai berikut :

  1. Bulu ayam hias pelung berwarna merah hitam, hijau mengkilat dan putih
  2. Warna jengger dan pialnya berwarna merah
  3. Warna paruh dan kakinya berwarna putih
  4. Dapat menghasilkan telur sekitar 6-10 butir dalam satu periode bertelur
  5. Telurnya memiliki berat 60 gram
  6. Untuk ayam pejantan memiliki tubuh yang terlihat besar
  7. Untuk bobot ayam pelung betina dan jantan 5-6 kg.
Ayam Pelung

Ayam Pelung Betina Usia 5 Bulan

Ayam Pelung Umur 1 Bulan

Ayam Pelung Umur 1 Bulan

Jenis jenis ayam hias pelung :

Untuk jenis ayam hias pelung sebenarnya tidak ada, maksudnya tidak ada variasi untuk ayam hias pelung. Namun hanya saja orang-orang biasanya menyebut ayam ini berdasarkan asal daerahnya. Contohnya seperti ayam pelung cianjur, ayam pelung cirebon dan masih banyak lagi.

Cara merawat ayam pelung :

  • Perawatan Kandang

Kandang merupakan hal yang paling penting bagi hewan ternak. Kandang harus selalu dirawat dan dibersihkan. Bersihkan kandang dalam 2 hari sekali atau agar lebih baiknya bisa setiap hari, agar ayam terhindar dari serangan penyakit-penyakit yang berbahaya. Kandang bersih juga sangat mempengaruhi bagi ayam ini karena apabila ayam merasa nyaman ayam hias pelung akan mengeluarkan kokoknya yang merdu. Selain kebersihan kandang, usahakan didalam kandang dibuat tempat bertengger. Kenapa begitu ? Karena jenis ayam hias ini senang bertengger.

  • Pemberian makanan

Makanan ayam pelung ternyata tidak susah dan banyak terdapat disekitar kita. Anda dapat memberikan pakan seperti kacang hijau, beras merah dan gabah. Agar ayam hias jenis ini memiliki kokok yang lebih merdu, Anda juga bisa berikan buah-buahan seperti pisang, jeruk, tomat dan juga pepaya. Pakan-pakan tersebut memiliki harga yang tidak terlalu mahal. Jadi, apabila Anda berminat untuk memelihara ayam ini Anda tidak perlu khawatir karena pakannya tidak susah dan mahal.

Ayam Pelung

Beras Merah untuk pakan ayam pelung

  • Pemberian Vitamin

Pemberian vitamin sangat bermanfaat bagi ayam hias pelung. Vitamin dapat menjaga suara kokoknya yang merdu dan dapat menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Sedangkan untuk ayam hias pelung yang sering diikutkan kontes biasanya diberikan ramuan herbal atau jejamuan yang bisa membuat suara kokok pelung semakin merdu.

Ayam hias pelung sebagai hobi

Namun, ada juga yang memelihara ayam hias pelung ini  hanya sebagai hobi saja sehingga mereka hanya mengkoleksi beberapa jenis ayam hias untuk dipelihara dirumah. Ayam jenis pelung yang mereka pilih umumnya yang masih anakan umur 3 bulan dan akan megetahui proses pertumbuhannya, biasanya memilih pada usia ini adalah para penghobi yang sudah lama mengkoleksi beberapa jenis ayam hias. Tetapi untuk para penghobi pemula usia yang paling tepat untuk memilih ayam pelung yaitu pada umur 1 bulan.

Penghobi ayam pelung semakin banyak

Para peminat atau penghobi ayam hias jenis pelung ini di Indonesia semakin banyak. Dari tahun ke tahun peminat ayam jenis pelung terus meningkat. Banyak sedikitnya para peminat ayam ini menjadi acuan naik turunnya harga ayam pelung. Semakin banyak peminat ayam pelung maka semakin tinggilah daya jual ayam pelung.

Indukan Ayam Pelung Jantan

Indukan Ayam Pelung Jantan

Suara kokok ayam hais pelung  yang panjang mengalun menjadi keunikan diantara ayam-ayam jenis lainnya. Ayam ini memiliki  postur tubuh yang tinggi. Ayam jenis pelung merupakan ayam lokal Indonesia yang mempunyai karakteristik yang khas seperti badan yang besar, jengger besar, kaki yang berwarna hitam, memilki beberapa jenis warna pada bulunya yaitu, campuran warna merah dan hitam, putih dan kuning atau campuran warna hijau yang mengkilat, memiliki suara kokok yang lebih panjang.

Pada umumnya para peminat ayam hias ingin memelihara ayam ini karena ingin di ikutkan dalam kontes ayam hias pelung. Biasanya mereka memilih ayam jenis pelung yang badannya besar karena ayam pelung yang postur tubuhnya lebih tinggi dan besar, suara kokok yang dihasilkan juga akan lebih merdu dan berirama. Mereka juga akan memilih ayam yang sudah dewasa.

Baca juga !

Contoh gambar ayam pelung :

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

 

Ayam Pelung

Ayam Pelung Putih Usia 4 Bulan

Harga untuk ayam hias jenis pelung hingga ratusan ribu untuk per ekornya. Harga ini termasuk harga untuk yang anakan atau bibit hingga dewasa. Di jualayamhias.com kami menyediakan pelung untuk yang berumur 1 bulan hingga dewasa dengan harga sesuai yang tertera di website kami.

Namun apabila pelung sudah pernah diikutkan kontes dan menang, maka harga ayam tersebut akan semakin mahal. Harga yang mahal disebabkan oleh  suara ayam pelung yang merdu dan panjang. Selain suaranya yang merdu, postur tubuh ayam tersebut pasti bagus dan besar.

 Berikut daftar harga ayam pelung  dari pelung anakan sampai dewasa :

Harga Ayam Hias Pelung Per Ekor :

1 Bulan  @  Rp200,000
 2 Bulan   @ Rp225,000
 3 Bulan   @ Rp250,000
 4 Bulan   @ Rp275.000
 5 Bulan   @ Rp325.000
 Dewasa   @ Rp550,000

 

Berikut adalah contoh suara kokok ayam pelung :

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam hias pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi Anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :
harga ayam pelung, makanan ayam pelung, ayam pelung putih, ayam pelung betina, suara ayam pelung, ayam pelung asli, jenis jenis ayam pelung

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 13 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Pelung
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: