0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Harga Pakan Ayam Mahal ? Buatlah Pakan Alternatif Ayam Joper Sendiri

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Harga Pakan Ayam Mahal ? Buatlah Pakan Alternatif Ayam Joper Sendiri

Pakan Alternatif Untuk Ayam Joper

Pakan Alternatif Ayam Joper – Pakan adalah hal utama yang sangat diperlukan untuk menentukan keberhasilan beternak Ayam Kampung Super. Dengan memberikan jenis pakan yang baik dan bernutrisi tinggi, maka ayam kampung yang Anda pelihara akan cepat bertumbuh besar dan dapat menghasilkan uang.

Banyak dari para peternak yang mengeluhkan harga pakan ayam yang terus melambung naik dengan harga panen yang tidak seimbang. Dengan demikian banyak yang mengurungkan niat untuk menambah kapasitas ternak dan malah mengurangi jumlah populasi ayam. Selain itu banyak peternak yang berfikir ulang untuk mencoba terjun ke dunia peternakan ayam jawa ini.

Namun tidak sedikit dari para peternak yang mendapatkan keuntungan yang berlimpah dari hasil peternak ayam kampung, dan tidak sedikit di antara mereka yang memiliki rahasia dalam pencapaian kesuksesan beternak ayam ini. Salah satunya adalah dengan membuat pakan alternatif.

Pakan yang mudah dibuat sudah saatnya dipertimbangkan, karena dengan mempertimbangkan dari segi biaya. Berikut beberapa pakan yang mampu meningkatkan produksi telur pada peternakan ayam kampung. 

Berikut adalah beberapa pakan alternatif ayam joper :

1. Talas (umbi dan daunnya)

Menurut para peternak yang sudah lama menggunakan talas sebagai pakan ayam kampung, yang bisa digunakan bagian pohon talas adalah umbinya saja, atau tangkai dan daun atau bisa dikombinasikan keduanya. 

Bahan Lain :

  • Beras Catu, agar biaya yang digunakan lebih murah Anda bisa menggunakan jenis beras ini, namun apabila di daerah Anda tidak terdapat beras dolog, Anda bisa membeli beras yang paling murah atau beras aking juga bisa.
  • Dedak, untuk membudidayakan ayam kampung tidak begitu mempersalahkan dengan kualitas yang sedang digunakan. Dedak yang berkualitas sedang adalah dedak yang tidak terlalu halus.
Daun Talas untuk pakan ayam
Daun Talas untuk pakan ayam

Cara mengolah bahan di atas adalah sebagai berikut :

Cincang talas atau batang dan daun talas menjadi kecil-kecil, tanak semua bahan seperti Anda menanak nasi. Dengan perbandingan 2 kg pakan menggunakan 1 kg umbi talas atau daun talas, ½ kg beras dan ½ kg dedak.

Hasil yang diperoleh dari penggunaan pakan seperti di atas ternyata sangat bagus untuk pertumbuhan ayam dan jumlah telur yang dihasilkan juga sebanding dengan pemberian pakan yang diproduksi di pabrik. Cara seperti ini mampu menekan biaya hingga 50 % daripada menggunakan pakan yang di beli dari pabrik.

Kekurangan dalam penggunaan pakan ini adalah ayam masih sulit beradaptasi dengan jenis pakan ini. Memang pada awal diberikan jenis pakan ini ayam belum mau memakan pakan seperti memakan pelet. Namun hal ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja, untuk melakukan penyesuaian terhadap ayam kampung Anda bisa memaksanya untuk memakan pakan ini dengan tidak memberikan pakan selain yang Anda buat. Anda tidak perlu khawatir ayam akan mati, karena ayam yang kelaparan akan makan pakan tersebut dengan lahap.

Cara yang lain adalah sebagai berikut :

Berikut pakan bentuk self mixed atau campuran dengan komposisi konsentrat pabrik, dedak halus dan jagung giling. Bahan ini mudah di dapat dan lebih praktis.

Dengan perbandingan : Konsentrat 30 %, jagung giling 40 %, dedak padi 30 %

Berikut contoh self mixed dengan menggunakan bahan lain. Bahan yang diperoleh secara terus menerus, jangan sampai Anda kehabisan stok bahan.

Dengan pebandingan : Jagung giling 35 %, tepung gaplek 30 %, dedak padi 5 %, bungkil kedelai 19 %, tepung ikan 4 %, tepung daun lamtoro 3 %, tepung tulang 3 % dan kapur 1 %

Banyak dari peternak yang berhasil mengolah pakan alternatif tersebut, namun tidak sedikit yang perlu waktu untuk memahami dalam praktek pembuatan pakan ini.

Tepung Gaplek
Tepung Gaplek

Masih berkaitan dengan hal pakan, tentunya saat memberikan pakan tersebut untuk ayam kita membutuhkan tempat. Nah, disini akan kami paparkan mengenai tempat pakan beserta tempat minum

Tempat Pakan

Dalam hal pembesaran ayam Joper, tempat pakan adalah salah satu hal yang harus tersedia di dalam kandang utama. Tempat pakan pun dibedakan berdasarkan masa pertumbuhan ayam.

– Tempat Pakan Masa Starter

Saat DOC (anakan) Joper berusia 1 – 5 hari, maka tempat pakan yang digunakan adalah feeder tray. Feeder tray adalah nampan berbahan dasar plastik yang khusus digunakan untuk tempat pakan DOC. Satu buah feeder tray bisa untuk 100 ekor anakan ayam.

Feeder tray
Feeder tray

Setelah anakan ayam berumur 5 sampai 10 hari, maka tempat pakan yang digunakan adalah baby chick feeder. Tempat pakan baby chick feeder berfungsi agar makanan yang terdapat di wadah tidak terinjak-injak oleh anakan ayam. Selain itu juga untuk mengurangi risiko pakan yang tumpah saat dimakan oleh anakan ayam. Satu buah baby chicken feeder bisa untuk digunakan sekitar 70 ekor anakan ayam.

Baby chick feeder
Baby chick feeder

Setelah anakan ayam berusia 10 hari keatas, tempat pakan yang digunakan adalah tempat pakan gantung. Baik itu yang manual ataupun yang otomatis. Tetapi akan lebih baik jika menggunakan tempat pakan gantung manual saat dalam proses pembesaran ayam Joper. Satu buah tempat pakan gantung bisa untuk 50 ekor ayam dengan kapasitas per tempat pakan adalah 5 – 10 kg pakan. Tempat pakan gantung bisa digunakan hingga masa panen tiba. Jika bobot ayam semakin besar, maka gunakan tempat pakan gantung dengan kualitas yang lebih besar pula.

Tempat pakan ayam gantung manual
Tempat pakan ayam gantung manual

– Tempat Pakan Masa Finisher

Untuk masa finisher atau pembesaran, tempat pakan yang digunakan adalah tempat pakan gantung seperti saat ayam berusia 10 hari ke atas.

Tempat Minum

Untuk pembesaran ayam Joper, tempat minum yang digunakan adalah tempat minum manual ataupun otomatis. Tetapi kebanyakan peternak menggunakan tempat minum manual karena harganya lebih terjangkau.

Saat DOC berusia satu sampai 7 hari, tempat minum yang digunakan adalah tempat minum manual tipe galon. Kapasitas dalam satu galon adalah 3,6 liter. Sedangkan satu tempat minum galon dapat digunakan untuk 80 ekor anakan ayam.

Tempat minum ayam ukuran satu galon
Tempat minum ayam ukuran satu galon

Setelah ayam berusia satu minggu hingga panen, tempat minum yang digunakan adalah tempat minum manual tipe ukuran 2 galon. Kapasitas dalam tempat minum manual ukuran 2 galon adalah 7,2 liter. Satu tempat minum ukuran 2 galon dapat digunakan untuk 50 -60 ekor ayam. 

Tempat minum ayam ukuran dua galon
Tempat minum ayam ukuran dua galon

Selain tempat pakan dan minum, juga terdapat peralatan lain seperti ember plastik untuk menampung pakan dari karung pakan. Gayung juga dibutuhkan untuk menuangkan pakan ke dalam wadah pakan di dalam kandang.

Untuk alat kebersihan kandang, anda bisa menyiapkan sapu lidi, mesin steam, selang air, sikat untuk mencuci lantai kandang, alat penyemprot yang dipasang di ujung selang, tempat penampung kotoran atau bisa menggunakan serok. Sedangkan alat untuk membersihkan tempat minum, anda bisa menyiapkan sikat kecil dan lap bersih.

Diatas adalah beberapa informasi mengenai pakan alternatif ayam Joper. 
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat….
Terimakasih….

Kami jualayamhias.com menyediakan bibit atau DOC ayam kampung super / Joper usia baru saja menetas. Dan kami siap mengirimkan DOC ayam Joper untuk wilayah Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa dengan ongkos kirim terjangkau sesuai dengan kargo hewan. Apabila anda ingin berternak ayam Joper, silahkan menghubungi nomor layanan pelanggan kami di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait :
Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, harga pakan br1 dan br2, pakan alternatif ayam kampung super, kebutuhan pakan ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super

 

2 Responses

  1. Ahmad Kartiana says:

    kami sangat tertarik dan berminat untuk budidaya ayam Joper, namun berusaha kumpul modal dulu dan tunggu pensiun . karena supaya fokus, hanya mungkin terkendala jarak, kami tinggal di Kab. Raja Ampat Papua Barat

    • admin says:

      Baik Pak Ahmad, untuk pengiriman DOC atau bibit Joper (ayam kampung super) di daerah papua kami bisa mengirimkan sampai Manowkari, Biak, Sorong, Jayapura dan Timika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: