0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Ringneck Pheasant Jenis Ayam Hias Terpopuler Di Indonesia

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Ringneck Pheasant Jenis Ayam Hias Terpopuler Di Indonesia

Ringneck Pheasant – Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang yang sering dimanfaatkan oleh manusia. Ayam dapat dimanfaatkan dagingnya, diambil telurnya sebagai bahan pangan ataupun yang hanya dipelihara yang dimanfaatkan keunikan serta keindahannya sebagai ayam hias. Ayam yang biasanya dipelihara adalah ayam hias, jenisnya pun berbeda-beda. Mulai dari harganya yang terjangkau hingga harganya yang relatif mahal. Salah satunya Ayam Ringneck Pheasant.

Jual Ringneck Pheasant di Jualayamhias.com
Jual Ringneck Pheasant di Jualayamhias.com

Apakah anda tahu apa itu ayam ringneck pheasant?

Mungkin dari namanya saja kita sudah tau mengenai ayam ringneck. Arti dari ring dan neck yaitu cincin dan leher dengan artian jenis ayam hias yang memiliki warna bulu yang berbeda disekitar lehernya. Bulunya yang tepat mengelilingi bagian lehernya menyerupai cincin alias ring maka tak mengherankan jika ayam ringneck terkenal dengan sebutan ayam pegar kalung. Ringneck pheasant jantan dengan warna bulu dominan coklat di badannya, di lehernya berwarna putih seperti cincin melingkar serta bagian mukanya yang terlihat seperti topeng  berwarna merah, Namun hanya terdapat pada ringneck jantan saja. Sedangkan untuk jenis ayam ringneck betina warna bulunya tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan ringneck jantan.

Ayam pegar kalung atau ringneck pheasant bukanlah asli Indonesia, melainkan berasal dari negeri tirai bambu, Tiongkok, Cina yang habitat aslinya hidup di daerah pegunungan. Keindahan dan keunikan bulu yang dimilikinya menjadikan banyak orang ingin memelihara. Tak mengherankan jika untuk saat ini ringneck pheasant menjadi primadona dan mampu menggeser beberapa jenis ayam hias lainnya.

jual ringneck pheasant
Ringneck Pheasant

Apakah ciri-ciri jenis ayam ringneck pheasant?

Ayam pheasant adalah jenis ayam yang sudah mendunia hingga kini terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk membedakan jenis ayam ringneck pheasant dibandingkan dengan jenis ayam lainnya yaitu bisa dilihat pada warna bulunya. Berikut merupakan ciri-ciri ayam ringneck pheasant :

  • Jenggernya berwarna merah
  • Memiliki ekor panjang
  • Bulunya didominasi warna coklat dihiasi dengan bintik-bintik berwarna hitam
  • Kepalanya berwarna kebiru-biruan
  • Memiliki warna bulu seperti kalung pada bagian lehernya
  • Cenderung lebih agresif
  • Ukuran telurnya sedang dan telurnya berwarna biru keabu-abuan cenderung kecoklatan
  • Termasuk jenis hewan omnivora
  • Memiliki kemampuan terbang walaupun ayam pegar lebih suka hidup di tanah

Untuk ayam pheasant sendiri dapat dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan warna bulunya. Diantaranya :

Berbagai jenis ayam pheasant di jual di Jualayamhias.com
Berbagai jenis ayam pheasant di jual di Jualayamhias.com

1. Golden Pheasant

Dari namanya saja mungkin sudah tahu mengenai ayam golden pheasant atau “Pheasant Cina” yang dikenal dengan nama pegar emas. Jenis ayam yang sangat populer dan memiliki peminat paling banyak untuk wilayah Indonesia. Golden Pheasant mudah beradaptasi dengan lingkungan baru serta mampu hidup di berbagai suhu panas maupun dingin.

2. Lady Amherst Pheasant

Di Indonesia sendiri ayam lady amherst pheasant memang masih jarang kita temukan mengingat harganya relatif mahal. Ayam Lady Amherst Pheasant merupakan jenis spesies yang sangat pemalu, sangat jarang terlihat karena jenis ayam ini bersembunyi di semak bambu maupun semak berduri.

3. Yellow Pheasant

Sesuai dengan namanya ayam yellow pheasant atau ayam pegar kuning memiliki warna kuning di beberapa anggota tubuhnya seperti pada bagian perut, kepala, pinggang serta pada bagian ekornya.  Sementara pada bagian punggung ayam pegar berwarna coklat dan pada bagian kepala belakang hingga leher bagian atas berwarna merah yang berpadu dengan strip-strip berwarna hitam.

4. Silver Pheasant

Postur tubuh ayam silver pheasant cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis ayam golden pheasant dan lady amherst pheasant dan merupakan jenis ayam yang memiliki sifat agresif. Warna bulu dibagian punggung hingga ekornya yang berwarna putih keperakan serta bagian dadanya berwarna hitam dan warna kepalanya merah terang.

5. Red Pheasant

Merupakan jenis ayam pheasant hasil persilangan antara ayam golden pheasant dengan lady amherst pheasant. Jenis ayam ini memang hampir mirip dengan ayam golden hanya saja yang membedakannya ialah warna ring di pundak leher yang berwarna putih.

6. Reeves Pheasant

Jenis ayam ini termasuk dalam jenis longtail pheasant. Bulu ekornya yang panjang hingga mencapai 2 meter lebih dan sering digunakan sebagai aksesoris. Ciri khas yang dimiliki terletak pada bagian mukanya yang seperti memakai topeng.

Dan masih terdapat banyak lagi jenis ayam pheasant lainnya. Sedikit perbedaan ringneck pheasant dibanding jenis ayam pheasant lainnya yakni ringneck pheasant yang hampir sepanjang tahun mampu bertelur sedangkan untuk jenis ayam pheasant lainnya yang masa bertelurnya hanya setahun sekali. Postur tubuhnya pun cenderung lebih besar dibandingkan golden pheasant.

Kandang ayam ringneck pheasant

ringneck pheasant
Kandang Ayam Ringneck Pheasent

Memang seharusnya kandang ayam hias pegar kalung dibuat dengan ukuran yang luas atau besar jika memiliki lahan kosong di pekarangan rumah yang memungkinkan. Mengapa kandang ayam pheasant harus dibuat dengan ukuran yang luas? Tentunya agar ayam merasa nyaman dan terlindung dari panasnya sinar matahari secara langsung. Karena akan berpengaruh terhadap ayam pheasant dari segi warna bulu maupun kesehatannya. Serta akan lebih baik jika dalam kandang disediakan tempat makan dan minum serta ranting pohon maupun batang yang berfungsi sebagai tempat bertengger.

Pemeliharaan kebersihan kandang ayam sebaiknya dilakukan setiap hari dengan membersihkan tempat makan dan minum serta kandang dari sisa pakan maupun kotoran ayam. Hal ini berguna untuk menjaga kondisi kandang agar selalu bersih dan terbebas dari penyakit. Selain itu menjaga kebersihan kandang juga berguna untuk menjaga keindahan bulu ayam tersebut.

Makanan Ayam Ringneck  Pheasant

ringneck pheasant
makanan ringneck pheasant

Dari sekian banyak jenis ayam pheasant, jenis ayam pegar kalung merupakan jenis yang paling cepat perkembangannya dibandingkan dengan jenis pheasant lainnya. Makanan yang diberikan ayam ringneck pheasant memang relatif sama dengan jenis ayam pada umumnya. Karena jenis ayam ringneck merupakan jenis ayam yang dapat memakan segalanya mulai dari tumbuhan hingga binatang. Pakan yang dapat diberikan dedak, bekatul, voer atau BR, jagung halus, beras merah dan lain sebagainya. Namun sesekali juga dapat diberikan pepaya matang karena cukup disenangi oleh ayam pheasant juga dapat digunakan sebagai antibiotik.

Untuk saat ini keberadaan ayam pheasant yang masih jarang kita temukan di pasaran Indonesia serta populasinya masih sedikit dan harganya yang relatif tinggi tidak menyurutkan bagi kalangan penghobi jenis ayam hias untuk memburu ayam pheasant ini. Berikut merupakan daftar harga ayam pheasant :

Harga Ayam Pheasant

Yellow Pheasant Dewasa Rp. 10.500.000/pasang
Red Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang
Lady Amherst’s Pheasant Dewasa Rp. 14.000.000/pasang
Khalij Pheasant Dewasa Rp. 15. 000.000/pasang

Harga Ayam Ringneck Pheasant

Ringneck Pheasant 1 Bulan Rp. 1.200.000/pasang
Ringneck Pheasant 2 Bulan Rp. 1.600.000/pasang
Ringneck Pheasant Remaja Rp. 2.300.000/pasang
Ringneck Pheasant Dewasa Rp. 3.300.000/pasang

Harga Ayam Silver Pheasant

Silver Pheasant Remaja Rp 8.000.000/pasang
Silver Pheasant Dewasa Rp 10.000.000/pasang

Harga Ayam Golden Pheasant

Golden Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Golden Pheasant Dewasa Rp. 10.000.000/pasang

Harga Ayam Ringneck Merah/Ayam Ringneck Pheasant Merah

Red Lady Pheasant Remaja Rp. 8.000.000/pasang
Red Lady Pheasant Indukan Rp. 10.000.000/pasang

Harga Ayam Ringneck Pheasant Hijau/Green Ringneck

Green Ringneck Remaja Rp. 2.500.000/pasang
Green Ringneck Dewasa Rp. 3.700.000/pasang

*Harga sewaktu-waktu bisa berubah dan menyesuaikan dengan stock*

Mengingat pheasant dijual dengan harganya yang relatif tinggi, dalam perkembangbiakannya masih dibudidayakan untuk ditetaskan yang bertujuan untuk memperbanyak jumlah ayam pheasant indonesia. Bagi anda yang lebih memilih bibit ayam pheasant baik itu green pheasant,blue pheasant maupun red pheasant kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pheasant dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di : 

SMS/CALL/WHATSAPP
0856 4772 3888
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
XL:
0819-3140-9353

Kata terkait : 
harga ringneck pheasant, pheasant adalah, pheasant indonesia, pheasant cina, blue pheasant, green pheasant, pheasant dijual, golden pheasant,

_Viky Ristiyarti_
*

 

One Response

  1. […] Ringneck Pheasant Jenis Ayam Hias Terpopuler Di Indonesia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Nomor layanan pelanggan: Indosat: 0856-4772-3888 Telkomsel: 0812-2028-8686 Rekening Bank: A/N: Nunung Setyawan BRI No Rek : 203301001223539 Permata Syariah No Rek : 4121889477 Kami tidak bertanggung jawab atas: 1. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak/individu yang dengan cara apapun mengatasnamakan jualayamhias.com. 2. Kerugian yang disebabkan karena kelalaian mengecek nomor resmi layanan pelanggan kami dan kecocokan nomor rekening yang diberikan dengan nomor rekening resmi kami.
ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: