0812 2028 8686
08564 77 23 888
0819 3140 9353

Tips Mudah Memelihara Ayam Kapas

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Tips Mudah Memelihara Ayam Kapas

Tips Mudah Memelihara Ayam Kapas

Saat ini ayam kapas mulai menunjukkan kepopulerannya. Ayam kapas adalah salah satu jenis unggas yang berasal dari negara China. Jenis ayam kapas memiliki berbeda dengan jenis ayam lain. Apa yang membuat berbeda dari ayam ini ? Seperti namanya ayam kapas memiliki bulu mirip kapas. Selain itu ayam kapas memiliki 5 jari dan itu sangat berbeda dengan ayam lainnya yang memiliki jari 4. Ada sebagian dari ayam kapas ini yang memiliki bulu sampai di bagian kaki jadi sampai menutup pada bagian kakinya. Namun ada juga ayam kapas yang bulunya tidak sampai kaki. Meskipun berbeda-beda namun ayam kapas tetaplah ayam kapas yang memiliki keunikan dan juga menggemaskan.

Ayam kapas memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Memiliki bermacam-macam variasi bulu seperti putih, cokelat dan hitam
  • Ayam kapas mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru
  • Tahan terhadapt penyakit karena memiliki daya tahan tubuh yang tinggi
  • Ayam kapas jantan dan betina memiliki jambul di kepalanya
  • Memiliki daya tetas telur yang baik
  • Konsumsi pakan ayam kapas relatif sedikit sekitar 80-90 gram.

Ayam Kapas sebagai ayam hias yang memiliki keistimewaan pada bulunya itu dalam pemeliharaannya sebenarnya cukup mudah. Memelihara Ayam Kapas sama halnya saat kita memilih ayam kampung ataupun ayam jenis lainnya. Ayam Kapas dapat dipelihara dengan cara diumbar, menggunakan kandang terbatas atau bahkan kandang khusus sebagai pajangan.

Tips Mudah Memelihara Ayam Kapas

Kandang yang baik untuk ayam kapas

Agar Ayam Kapas selalu sehat penempatan kandang sebaiknya yang cukup mendapatkan sinar matahari, terutama pada saat pagi hari. akan lebih baik lagi jika kandang menghadap ketimur agar sinar matahari pagi masuk ke kandang. Kandang harus dikondisikan kering dan tidak lembab, saat ada kotoran atau sisa makanan segera bersihkan, pemberian ventilasi kandang juga cukup penting untuk kesehatan Ayam Kapas.

Jenis pakan ayam kapas yang bisa Anda berikan

Dalam pemberian pakan juga tidak berbeda dengan ayam kampung atau ayam jenis lain, seperti dedak, nasi, biji-bijian seperti jagung, gabah dan kedelai. untuk Ayam Kapas yang masih usia anakan pemberian berupa Voer atau BR akan membantu pertumbuhan ayam.

Tips Mudah Memelihara Ayam KapasBulu indah sebagai daya tarik Ayam Kapas perawatan memanglah perlu untuk dilakukan. kebersihan kandang tentu mempengaruhi bulu yang dimiliki Ayam Kapas. Maka dari itu kandang sebaiknya selalu bersih agar bulu tampak indah karena kotoran ayam atau sisa makanan yang menempal membuat keindahan bulu Ayam Kapas berkurang.

Perawatan ayam kapas dari anakan sampai usia 3 bulan

Perawatan untuk anakan Ayam Kapas sampai usia 3 bulan masih diperlukan lampu pijar dikandang agar Ayam Kapas tetap merasa hangat. Sediakan makanan dan minuman yang bergizi agar Ayam Kapas tetap sehat. Karena Ayam Kapas anakan masih rentan terkena penyakit. maka perlu dilakukan secara hati-hati untuk perawatannya.

Baca juga : Ternak Ayam Kapas yang Menggemaskan

Hal-hal yang juga harus Anda perhatikan dalam beternak ayam kapas :

  • Pemilihan bibit

Pemilihan bibit ini cukup harus menjadi pertimbangan Anda saat beternak ayam kapas. Pilihlah bibit yang memiliki kualitas unggulan. Dengan memiliki kualitas yang unggul maka juga akan menghasilkan telur yang bagus dan dapat menetas menjadi ayam yang bagus dan sehat.

  • Pemilihan pakan

Pakan ayam kapas sama seperti ayam lainnya namun dengan persamaan tersebut Anda juga tetap harus memperhatikan pakannya. Jangan sekali-kali memberikan pakan dengan kondisi yang buruk atau jelek karena pakan yang buruk akan mempengaruhi kesehatan ayam kapas.

  • Vitamin

Pemberian vitamin juga baik untuk ayam kapas. Namun vitamin yang di berikan harus cocok dengan ayam kapas. Apabila ada gejala yang timbul setelah di berikan vitamin maka hentikan pemakaian sementara.

Ayam kapas memiliki bulu bervariasi

Ayam Kapas memiliki berbagai variasi warna seperti putih, hitam dan coklat. Ayam Kapas putih adalah jenis warna yang paling banyak ditemui. Untuk  perawatan sama saja antara Ayam Kapas warna putih dengan warna Ayam Kapas lainnya.

Pemeliharaan Ayam Kapas memang cukup mudah, namun kita harus rutin untuk menjaga kebersihan. Terutama kebersihan kandang, tempat pakan dan minum. Seperti yang kita ketahui salah satu bagian anggota tubuh Ayam Kapas yang dapat menarik perhatian adalah bulunya. Kebersihan kandang sangat mempengaruhi bulu Ayam Kapas, karena bulu yang kotor tentu akan mengurangi keindahannya.

Tips Mudah Memelihara Ayam Kapas

Apabila Anda tertarik untuk beternak ayam kapas berikut adalah daftar ayam kapas di jualayamhias.com

Harga Ayam Kapas

1 Bln Rp100.000/ekor
2 Bln Rp125.000/ekor
3 Bln Rp150.000/ekor
4 Bln Rp200.000/ekor
5 Bln Rp250.000/ekor
Dewasa Rp300.000/ekor

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kapas, kami menyediakan telur ayam kapas yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagiandayang lebih memilih bibit atau anakan ayam kapas kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kapas juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait:

Ayam Hias, Ayam Kapas, Ternak Ayam Kapas, Peternak Ayam Kapas, Jual Ayam Kapas, Harga Ayam Kapas

*.

 

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: