Ayam Cemani

Ayam Cemani Asli : 7 Cara Mudah Mengenali Keasliannya

Written by

Ayam Cemani, jenis ayam asli Indonesia yang berasal dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ayam ini terkenal karena warna keseluruhan tubuhnya yang berwarna hitam, tetapi dengan popularitas ini muncul masalah adanya jenis ayam cemani palsu atau yang tidak asli.

Penting untuk berhati-hati saat membeli Ayam Cemani, karena dengan ketenarannya muncul pula ayam cemani palsu yang membuat banyak orang merasa tertipu.

Sebagai penikmat atau calon pemilik ayam cemani, Anda perlu memahami perbedaan antara ayam cemani asli dan yang palsu untuk memastikan ayam cemani benar benar dari trah keturunan yang asli.

Dalam pembahasan di bawah ini, kami akan membahas ciri-ciri ayam cemani asli yang bisa memudahkan Anda saat memilih hewan peliharaan yang berkualitas.

Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias
Ayam Cemani saat ini banyak diternakkan untuk dijadikan sebagai hewan hias untuk penghobi ayam hias

Cara Mudah untuk Mengetahui Keaslian Ayam Cemani 

1. Paruh

Ayam cemani memiliki paruh berwarna hitam. Warna hitam ini akan nampak dari Ayam Cemani yang masih kecil. Namun seiring berjalannya waktu ujung paruh akan aus karena untuk mematuk makanan terus menerus dan akan terlihat menjadi warna putih karena aus. Biasanya muncul di ujung paruhnya.

Serba Serbi Tentang dalam Ternak Ayam Cemani
Paruh ayam cemani berwarna hitam

2. Bulu 

Ayam cemani memiliki bulu berwarna hitam. Bila ayam cemani sebelumnya pernah di silangkan dengan ayam lain maka warna hitam dari bulunya tidak bisa mencapai utuh. Hal ini yang menjadikan kita mudah untuk mengetahuinya.

Ayam cemani di kenal dengan sebutan ayam hitam. Alasannya karena semua bagian tubuh ayam cemani berwarna hitam
Ayam cemani di kenal dengan sebutan ayam hitam. Alasannya karena semua bagian bulu ayam cemani berwarna hitam

3. Ketiak atau Kulit

Mendekati angka 100 persen untuk warna ketiak maupun kulit ayam cemani berwarna hitam. Hampir secara keseluruhan tubuh ayam cemani berwarna hitam.

Warna kulit ayam cemani yang secara keseluruhan berwarna hitam
Warna kulit ayam cemani yang secara keseluruhan berwarna hitam

4. Dubur

Ayam cemani memiliki dubur berwarna hitam. Hal ini sangat berbeda dengan jenis ayam lain yang tidak memiliki dubur yang berwarna hitam legam.

Pada dubur Ayam Cemani cenderung berwarna Hitam
Pada dubur Ayam Cemani cenderung berwarna Hitam

5. Kaki 

Bagi yang sudah terbiasa melihat ayam kampung mungkin sering melihat kaki ayam yang berwarna kuning atau kadang juga putih. Namun untuk ayam cemani memiliki kaki yang berwarna hitam. Namun hitam di sini bukan hitam legam karena seperti kita ketahui bersama bahwa kaki ayam bersisik sehingga kalau kering akan berwarna putih.

Sama dengan anggota tubuh lainnya, kaki Ayam Cemani pun juga berwarna hitam
Sama dengan anggota tubuh lainnya, kaki Ayam Cemani pun juga berwarna hitam

6. Tenggorokan dan Lidah

Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih. Walupun begitu Ayam cemani lidah hitam pun masih banyak yang mencarinya. Kebanyakan memang warna lidah ayam cemani ini berwarna abu-abu atau putih, namun saat semakin tua biasanya warna nya secara alami akan memudar memutih.

Lidah Ayam Cemani ayam cemani Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ayam cemani Ayam Cemani Asli : 7 Cara Mudah Mengenali Keasliannya
Tenggorokan ayam cemani berwarna hitam walaupun lidahnya berwarna abu-abu atau malah terkadang putih.

7. Jengger

Ayam cemani mempunyai jengger yang berwarna hitam. Tapi memang saat ayam cemani beranjak semakin dewasa di jengger bagian bawah kadang terlihat warna merah.

Jenger ayam cemani umumnya memang berwarna Hitam, tetapi ketika menginjak usia dewasa jengger tersebut akan berubah warna cenderung ke warna Merah
Jenger ayam cemani umumnya memang berwarna Hitam, tetapi ketika menginjak usia dewasa jengger tersebut akan berubah warna cenderung ke warna Merah

Mengapa darah ayam cemani hitam?

Selama kami berulang kali menyembelih ayam cemani kami belum pernah mendapati darah ayam cemani yang berwaran hitam. Jadi sampai sekarang kami belum pernah menemukan darah cemani yang berwarna hitam.

Hal ini juga kami konfirmasi ke peternak senior yang sudah berusia sekitar 70 tahun pun beliau-beliau belum pernah melihat darah hitam ayam cemani.

Warna darah ayam cemani yakni merah tua seperti warna darah ayam pada umumnya.

Pemeliharaan ayam cemani yang mudah, sama halnya dengan memelihara ayam kampung pada umumnya.
Pemeliharaan ayam cemani yang mudah, sama halnya dengan memelihara ayam kampung pada umumnya.

Layanan Pemesanan Anakan & Indukan Ayam Cemani

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan anakan & indukan ayam cemani berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi nomor kami dibawah ini untuk mengetahui informasi lengkapnya : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0857-2944-1388

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0859-2734-2707

WA ayam cemani Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 ayam cemani Ayam Cemani Asli : 7 Cara Mudah Mengenali Keasliannya

Kata terkait: ayam cemani lidah hitam, cara membuat kandang ayam cemani, cara mengawinkan ayam cemani, daftar harga ayam cemani, daging ayam cemani, darah ayam cemani, harga telur ayam cemani, khasiat ayam cemani, makanan ayam cemani

_Viky Ristiyarti_
*.


4.8/5 - (26 votes)

10 pemikiran pada “Ayam Cemani Asli : 7 Cara Mudah Mengenali Keasliannya”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!