Ilmu Peternakan Ayam

8 Cara Melindungi Ternak Ayam dari Serangan Musang

Written by

Musang merupakan hewan liar yang cerdas dan gesit, dan dapat menyebabkan kerugian serius bagi peternakan ayam jika tidak ditangani dengan tepat.

Memiliki tubuh yang ramping membuat musang lebih gesit untuk masuk di celah-celah sempit. Musang juga memiliki kaki yang sangat pendek. Biasanya ayam yang dimangsa musang bagian punggung, leher dan kepalanya hilang.

Keberadaan musah disekitar kandang membuat peternak harus waspada, hal ini dikarenakan musang kerap memangsa unggas terutama ayam untuk dijadikan santapan | image 1
Keberadaan musah disekitar kandang membuat peternak harus waspada, hal ini dikarenakan musang kerap memangsa unggas terutama ayam untuk dijadikan santapan | image 1

Tidak seperti kebanyakan seperti hewan pemangsa lainnya yang hanya aktif pada siang atau malam hari, maka musang mempunyai keunikan karena bisa aktif pada siang dan malam hari. Jadi pastikan peternakan ayam anda selalu terlindungi dari si musang ini.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa langkah pencegahan dan tindakan keamanan yang dapat diambil untuk melindungi peternakan ayam dari serangan musang.

Baca juga : 6 Cara Mudah Ternak Ayam Kampung Super agar Cepat Besar

Jenis-jenis Musang yang Sering Memangsa Ternak Ayam 

Salah-satu pemangsa ayam yang keberadaan ada di sekeliling kita adalah musang. Hewan ini termasuk hewan berekor panjang. Ada 3 spesies musang yang dapat dibedakan berdasarkan panjang ekornya.

  1. Musang berekor panjang mempunyai panjang 61 cm
  2. Musang berekor sedang 33 cm
  3. Musang berekor pendek 18 sampai 20 cm

Musang sangat agresif dia bisa memangsa hewan kecil seperti tikus sampai hewan yang berukuran cukup besar, setidaknya jika dibandingkan dengan postur tubuhnya contohnya ayam kalkun juga dapat menjadi mangsa musang.

Walaupun terlihat mengemaskan keberadaan musang terutama pada area peternakan perlu diwaspadai | image 2
Walaupun terlihat mengemaskan keberadaan musang terutama pada area peternakan perlu diwaspadai | image 2

Mencengangkan lagi adalah fakta bahwa musang membunuh tidak hanya untuk dimakan saja tapi menjadikan aktivitas itu untuk berolahraga atau bersenang-senang.

BACA JUGA:  4 Cara Mudah Mengatasi Penyakit Berak Darah pada Ayam

Giginya yang tajam dan tubuhnya yang ramping akan lincah menggigit hewan buruannya bahkan kabelpun dia sanggup untuk memutuskannya.

Baca juga : 10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

Cara Melindungi Ternak Ayam dari Serangan Musang

1. Bangun Pagar atau Tembok Tinggi

Langkah pertama yang harus diambil adalah membangun pagar atau tembok yang tinggi dan kokoh di sekitar peternakan ayam.

Pagar atau tembok ini bertujuan untuk mencegah masuknya musang ke dalam area peternakan. Pastikan tinggi pagar atau tembok cukup agar musang tidak dapat melompati atau memanjatnya dengan mudah.

Penggunaan kawat berduri juga sangat bermanfaat bagi peternakan ayam yakni dapat juga digunakan untuk menghalau musang masuk ke area kandang | image 3
Penggunaan kawat berduri juga sangat bermanfaat bagi peternakan ayam yakni dapat juga digunakan untuk menghalau musang masuk ke area kandang | image 3

2. Tambahkan Kawat Berduri

Selain membangun pagar atau tembok tinggi, tambahkan kawat berduri di atasnya.

Kawat berduri akan membuatnya lebih sulit bagi musang untuk memanjat dan melompati pagar atau tembok. Ini dapat menjadi penghalang efektif bagi musang yang mencoba masuk ke peternakan.

3. Periksa Celah-celah dan Lubang

Lakukan inspeksi menyeluruh di sekitar peternakan untuk mencari celah atau lubang yang mungkin digunakan oleh musang untuk masuk.

Pastikan semua celah dan lubang ditutup dengan rapat agar musang tidak dapat melewati area tersebut.

Usahakan agar peternak mengatur pencahayaan yang cukup di kandang | image 4
Usahakan agar peternak mengatur pencahayaan yang cukup di kandang | image 4

4. Pencahayaan yang Cukup

Musang lebih suka beroperasi di malam hari atau dalam kondisi pencahayaan yang minim. Oleh karena itu, pasanglah lampu di sekitar peternakan untuk menerangi area tersebut pada malam hari.

Pencahayaan yang cukup dapat membantu mencegah kedatangan musang dan juga dapat membantu petugas keamanan untuk mengawasi peternakan.

5. Jaga Kebersihan

Pastikan peternakan tetap bersih dari makanan sisa atau sampah yang dapat menarik perhatian musang.

Jaga kebersihan peternakan dengan membersihkan area makanan ayam secara teratur dan selalu pastikan sisa makanan disimpan di tempat yang aman dan tertutup rapat.

Peternak dapat memang alat pengusir hama seperti berikut ini di luar area kandang atau jalur-jalur yg biasa dilewati oleh musang | image 5
Peternak dapat memang alat pengusir hama seperti berikut ini di luar area kandang atau jalur-jalur yg biasa dilewati oleh musang | image 5

6. Gunakan Alat Pengusir Hama

Gunakan alat pengusir hama yang tersedia di pasaran, seperti lampu sorot gerak atau alat ultrasonik. Alat-alat ini dapat mengusir musang dari area peternakan.

BACA JUGA:  Temukan Peluang dalam Sisi Lain dari Usaha Beternak Ayam

Lampu sorot gerak akan menyala saat ada gerakan di sekitarnya, yang dapat membuat musang merasa terganggu dan pergi dari area tersebut.

Alat ultrasonik menghasilkan suara yang tidak terdengar oleh telinga manusia namun mengganggu musang dan mendorongnya untuk menjauh

Baca juga : 6 Cara Mudah Budidaya dan Ternak Ayam Mutiara Hias

7. Pasang Kamera Pengawas

Pasang kamera pengawas di sekitar peternakan untuk memantau aktivitas di area tersebut. Kamera pengawas dapat membantu mengidentifikasi masalah dan memberikan peringatan dini jika ada musang yang mencoba masuk ke peternakan.

8. Kerjasama dengan Peternak Lain

Jalin kerjasama dengan peternak lain di sekitar Anda. Berbagi pengalaman dan strategi dalam menghadapi masalah serangan musang dapat membantu meningkatkan keamanan peternakan secara keseluruhan.

Usahakan cara-cara mengusir musang seperti yg sudah dijelaskan diatas dapat diterapkan dengan baik agar musang tidak memangsa ternak ayam | image 6
Usahakan cara-cara mengusir musang seperti yg sudah dijelaskan diatas dapat diterapkan dengan baik agar musang tidak memangsa ternak ayam | image 6

Kesimpulan

Melindungi peternakan ayam dari serangan musang adalah tugas yang serius, tetapi dengan mengambil langkah-langkah pencegahan dan tindakan keamanan yang tepat, risiko serangan dapat diminimalkan.

Pagar atau tembok tinggi, kawat berduri, pencahayaan yang cukup, menjaga kebersihan, penggunaan alat pengusir hama, anjing penjaga, kamera pengawas, dan kerjasama dengan peternak lain adalah beberapa cara yang efektif untuk melindungi peternakan ayam Anda dari serangan musang.

Dengan menjaga peternakan aman dan bebas dari ancaman musang, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan keselamatan ayam Anda secara keseluruh.

Layanan Pemesanan Bibit/ DOC Ayam Kampung Super

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

BACA JUGA:  Beternak Ayam Semi Intensif Menjadi Solusi Mudah Dalam Bertenak Ayam Hias dan Unggas Lainya

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit ayam kampung super, bebek atau ayam hias berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0857-2944-1388

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

WA Cara Melindungi Peternakan Ayam Kita dari Serangan Musang Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 Cara Melindungi Peternakan Ayam Kita dari Serangan Musang 8 Cara Melindungi Ternak Ayam dari Serangan Musang
5/5 - (9 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!