6 Cara Mudah Budidaya dan Ternak Ayam Mutiara Hias

Ayam mutiara salah satu jenis ayam hias yang memiliki keunikan pada bentuk tubuh, bulu dan paruhnya. Selain itu jenis-jenis ayam mutiara pun tidak hanya satu.

Perbedaan jenis ayam mutiara tersebut dapat dengan mudah kita kenali dengan melihat warna bulunya. Unggas unik nan cantik ini memiliki empat jenis warna yang berbeda-beda.

Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 1
Ayam mutiara memiliki kebiasaan bertengger di atas pohon. Hal ini berguna untuk menghindari dari serangan predator | image 1

Untuk jenis mutiara tersebut terdiri dari ayam mutiara hitam, ayam mutiara putih, ayam mutiara silver dan ayam mutiara plangkok.

Di Indonesia keberadaan ayam mutiara cukup mudah ditermukan karena pembudidayaan ayam mutiara yang mudah dan efisien. Banyak masyarakat ternak ayam mutiara sekedar untuk hobi atau hiasan dan diambil daging ayam mutiaranya.

Daging ayam mutiara dikenal memiliki manfaat yang bagus serta memberikan kesehatan pada tubuh manusia.

Baca juga : Jenis-jenis Ayam Mutiara yang Paling Populer dan Banyak Dicari Kolektor

Bagaimana Cara Ternak Ayam Mutiara yang Mudah & Efisien ?

Beternak ayam mutiara dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi peternaknya. Karena di era milenial seperti saat ini telah banyak para pecinta ayam hias yang berburu ayam-ayam unik untuk dikoleksi.

Sebenernya berternak ayam mutiara terbilang mudah namun ada juga yang berkomentar bahwa ternak ayam mutiara susah-susah gampang. Padahal jika kita mempelajari tentang perawatan ternak ayam mutiara dengan benar maka akan mudah.

Perlu diingat bahwa ternak ayam mutiara ini sebagaiknya peternak membuat lingkungan ternak dibuat semirip mungkin dengan habibat asli ayam mutiara. Hal ini dikarenakan agar dapat memudahkan ayam mutiara untuk tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Sebelum memutuskan untuk beternak ayam mutiara alangkah baiknya jika peternak menyiapkan hal-hal berikut ini sebagai penunjang kesuksesan dalam beternak

1. Persiapan Kandang

Kandang menjadi salah satu hal penting utama penunjang keberhasilan dalam ternak ayam mutiara. Fungsi dari kandang ayam mutiara yakni sebagai tempat bereproduksi, bereproduksi, berlindung dari cuaca panas, hujan dan serangan predator.

BACA JUGA:  9 Fakta Unik Ayam Kalkun, Si Ayam Besar yang Ternyata Bisa Terbang

Oleh karena itu alangkah baiknya jika Anda ingim memelihara ayam mutiara agar membuat kandang senyaman mungkin. Seperti membuat kandang dengan ukuran yang luas, memberikan tempat bertengger ayam mutiara, memberikan tanaman-tanaman kecil, penyediaan wadah pakan dan minum.

Salah satu bentuk kandang ayam mutiara yang dapat peternak gunakan. Ada space tempat untuk bermain dan berteduh | image 2Source: pixabay.com
Salah satu bentuk kandang ayam mutiara yang dapat peternak gunakan. Ada space tempat untuk bermain dan berteduh | image 2

Dalam pembuatan kandang ayam mutiara terutama pada bagian alas lantai alangkah baiknya jika lantai tersebut berupa tanah.

Karena ayam mutiara memiliki kebiasaan menngaku-ngakur tanah untuk mencari serangga-serangga kecil yang ada di dalam tanah.

Di waktu siang hari biasanya peternak ada yang melepaskan ayam mutiara di luar atau sekitaran kandang dan hal itu tidaklah mengapa.

Tetapi perlu diingat ketika mejelang petang usahakan agar ayam mutiara sudah dimasukkan ke dalam kandang. Hal ini dilakukan agar ayam mutiara tidak mendapat serangan predator atau hewan buas lainnya.

Baca juga : Bagaimana Rasa & Lezatnya Daging Ayam Mutiara ?

2. Pemberikan Pakan Berkualitas

Perkembangan dan pertumbuhan ayam mutiara tentu membutuhkan nutrisi yang bagus. Untuk mendapatkan nutisi tentu berasal dari pemberikan pakan yang berkualitas.

Berat ayam mutiara sekitar 700 gram sampai 1,5 kg/ekor, untuk mencapai bobot normal dan maksimal tentu berasal dari pakan yang berkualitas.

Pakan ayam mutiara harus dipersiapkan dengan baik dan diberikan secara rutin dengan jumlah yang cukup. Biasanya pemberikan pakan ayam mutiara dalam waktu sehari diberkan sebanyak 2-3 kali, antara pagi, siang dan sore harinya.

Pakan adalah salah satu point penting yang harus di perhatikan dalam ternak ayam mutiara| image 3
Pakan adalah salah satu point penting yang harus di perhatikan dalam ternak ayam mutiara| image 3

Ayam mutiara termasuk hewan pemakan segala atau omnivora seperti di tempat asalnya Afrika. Pemberikan pakan ayam mutiara dapat berupa voer, beras merah, gabah, aneka biji-bijian lainnya, cacahan sayuran dan serangga-serangga kecil.

Kalau di peternakan kami di jualayamhias.com biasanya memberikan pakan berupa campuran voer dengan janggung giling atau dengan bekatul basah yang dicampur dengan nasi aking.

3. Perawatan Indukan

Indukan ayam mutiara yang unggul dan sehat menjadi kunci utama dalam beternak ayam mutiara. Karena dengan indukan ayam mutiara yang sehat akan menghasilkan anakan ayam mutiara yang berkualitas dan terhindari dari penyakit bawaan.

BACA JUGA:  Mengenal Asal Usul Ayam Kalkun yang Melegenda | Dari Mana Asalnya ?

Sebelum anda membeli indukan ayam mutiara sebaiknya memilih indukan dalam kondisi bagus dan prima. Peternak bisa melihat dari kondisi tubuh seperti adanya cacat atau tidak dan lincah tidaknya si indukan ayam.

Terlihat anakan ayam mutiara sedang mencari makan bersama indukannya | image 4Source: blog.mcmurrayhatchery.com
Terlihat anakan ayam mutiara sedang mencari makan bersama indukannya | image 4

Bila Anda bingung mencari indukan yang bagus dimana, kami dari julayamhias.com menyediakan indukan siap produksi dan siap mengirimkan pesanan hingga keseluruh wilayah Indonesia.

4. Perawatan Telur

Salah satu keunikan ayam mutiara yakni hanya dapat memproduksi telur pada musim penghujan saja. Produktivitas telur ayam mutiara pun terkenal cukup tinggi.

Jumlah telur ayam mutiara dapat mencapai 50 – 70 butir/ ekor/ tahun. Tetapi perlu diketahui bahwa ayam mutiara ini ternyata tidak pandai dalam mengerami telurnya. Ketika ayam mutiara tersebut mulai memproduksi telur akan ditinggalkan begitu saja.

Jadi peternak harus menggunakan alat bantu berupa indukan ayam lain yang sedang mengeram atau menggunakan mesin penetas.

Anakan ayam mutiara yang sudah menetas dan masih berada di dalam mesin penetas atau inkubator | image 5
Anakan ayam mutiara yang sudah menetas dan masih berada di dalam mesin penetas atau inkubator | image 5

Mesin penetas dikenal akan kemampuan menetaskan telur dengan presentase keberhasilan yang tinggi.

Dengan menggunakan mesin penetas telur ayam tentu peternak akan memiliki peluang tinggi dalam membudidayakan ayam mutiara.

Waktu yang dbutuhkan untuk pengeraman telur ayam mutiara dapat berlangsung selama 28 hari.

5. Perawatan Anakan

Ketika telur ayam mutiara sudah menetas alangkah baiknya jika peternak menyiapkan peralatan dan perawatan yang tepat untuk anakan ayam mutiara.

Karena anakan ayam mutiara baru saja menetas masih dalam keadaan lemah. Itu peternak dapat menyiapkan kandang boks yang didalamnya sudah terdapat litter/ alas. Litter tersebut dapat berupa jerami, sekam atau serbuk kayu.

Selain itu peternak pun juga harus mengatur suhu di kandang boks dengan ukuran yang ideal dan disesuaikan dengan suhu indukan ayam mutiara.

Setelah menetas sebaiknya anakan ayam mutiara ditempatkan pada kandang anakan/ boks dengan lampu penghangat | image 6
Setelah menetas sebaiknya anakan ayam mutiara ditempatkan pada kandang anakan/ boks dengan lampu penghangat | image 6

Dalam pengaturan suhu tersebut biasanya peternak menggunakan lampu bohlam sebagai penghangat. Dengan adanya lampu penghangat tersebut dapat membuat anakan ayam mutiara tumbuh dan berkembang dengan baik.

BACA JUGA:  Daftar Harga Jual Ayam Kalkun Terbaru Tahun Ini

Tidak lupa juga tempat pakan dan minum untuk anakan ayam mutiara juga disiapkan di dalam kandang.

6. Perawatan Ketika Sakit

Ketika melihat ayam yang sedang sakit tentu kita akan merasa sedih, kasihan dan takut. Dalam hal ini peternak diwajibkan telah memiliki skil dalam mengatasi ayam mutiara ketika sakit.

Peternak dapat menyiapkan obat-obatan untuk ayam mutiara yang sedang sakit dan memisahkan ayam mutiara yang sakit ke kandang karantina.

Setelah masuk ke dalam kandang karantina peternak dapat memberikan perawatan yang maksimal agar ayam mutiara lekas pulih.

Jadi bagaimana ? Anda pasti tertarik bukan untuk ternak ayam mutiara yang unik dan lucu ini ?

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan ternak ayam mutiara baik dengan tujuan untuk dibudidayakan atau diternakan sebagai unggas hias Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di jualayamhias.com.

Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam mutiara seperti ayam mutiara hitam, ayam mutiara putih, ayam mutiara silver dan ayam mutiara plangkok. Usia yang kami sediakan mulai dari anakan usia satu bulan hingga indukan.

Untuk informasi lebih lengkapnya seperti daftar harga ayam mutiara terbaru, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi seputar ternak ayam mutiara dengan pakarnya langsung di nomor Whatsaap berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: