Cara Mudah Menetaskan Telur Bebek Mengunakan Mesin Penetas Otomatis

Cara penetasan telur bebek peternak sering melakukan secara manual dengan berbagai cara seperti menitipkan telur ke indukan ayam atau menggunakan kardus.

Tentu cara penetasan telur bebek secara manual tidak praktis jika tujuannya ingin memproduksi bibit bebek pedaging atau petelur. Namun, teknologi modern kini menawarkan solusi lebih praktis dan efisien, yaitu mesin penetas telur.

Salah satu penggunaan mesin penetas telur yakni mempermudah peternak untuk memproduksi bibit unggas lebih banyak | image 1
Salah satu cara penetasan telur bebek menggunakan mesin penetas yang dapat memudahkan peternak dan dapat menghasilkan bibit dalam jumlah banyak | image 1

Mesin penetas telur adalah alat yang digunakan oleh peternak untuk menetaskan telur unggas.

Terdapat beberapa jenis mesin, seperti mesin penetas semi otomatis, rak putar, dan otomatis. Kapasitas di setiap mesin penetas pun bervariasi, mulai dari 20 hingga 1000 butir telur. Hal tersebut tergantung dengan tipe mesin penetas yang kita punya. 

Cara Penetasan Telur Bebek dengan Mesin Penetas Otomatis

Hari ke-1

Cara penetasan telur bebek pertama dilakukan dengan cara memasukkan telur dengan posisi miring atau tegak (bagian tumpul diatas) ke dalam mesin penetas setelah proses prewarming (pemanasan) dengan air hangat.

Cara pembilasan dapat di lakukan untuk telur yang kotor saja. Anda bisa menggunakan kain yang di beri air hangat agar sedikit basah dan digunakan untuk mengelap telur yang kotor tersebut.

Pada bagian ventilasi ditutup rapat, dan suhu dikontrol pada 38°C.

Posisikan telur miring atau tegak bagian tumpul diatas | image 2
Posisikan telur miring atau tegak bagian tumpul diatas | image 2

Baca juga : 10 Jenis Ayam Hias Populer yang Cocok Jadi Peliharaan di Rumah

BACA JUGA:  CARA SETING TIMER MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

Hari ke-2

cara penetasan telur bebek dapat dilakukan dengan mesin penetas telur I image 3
cara penetasan telur bebek dapat dilakukan dengan mesin penetas telur I image 3

Biarkan ventilasi tertutup sampai hari ke-3 dengan suhu yang sama yakni 38 derajat C

Hari ke-3

Mulai pembalikan telur minimal 3x sehari-semalam. (jika memungkinkan dipakai dengan rentang waktu setiap 8 jam.

Misalnya pagi pukul 05.00, siang pukul 13.00 dan malam pukul 21.00. Lakukan peneropongan untuk mengidentifikasi embrio yang hidup atau mati.

Telur yang berembrio ditandai dengan adanya bintik hitam seperti mata yang ikut bergoyang ketika digerakkan dan disekitarnya ada serabut-serabut kecil.

Kalau telur tidak ada tanda-tanda seperti itu sebaiknya dikeluarkan saja dan masih layak dikonsumsi. Kontrol suhu Thermostat (38 derajat C) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Proses perkembangan telur unggas selama 28 hari | image 3
Proses perkembangan telur unggas selama 28 hari | image 4

Hari ke-4

Lanjutkan pembalikan telur sesuai jadwal hari ke-3, kemudian buka ventilasi 1/4 bagian.

Hari ke-5

Pembalikan telur harian, buka ventilasi 1/2 bagian dan kontrol suhu Thermostat (38 derajat C).

Hari ke-6

Pembalikan telur harian, buka ventilasi 3/4 bagian. Kontrol suhu (38 derajat C) dan tambahkan air jika perlu jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-7

Lakukan pembalikan telur harian. Lakukan peneropongan telur lagi untuk memantau perkembangan embrio (hidup atau mati). Kemudian buka ventilasi seluruhnya.

Untuk mengetahui telur fertil yakni ditandai dengan adanya serabut-serabut halus di dalam telur ketika dilakukan peneropongan | image 4
Untuk mengetahui telur fertil yakni ditandai dengan adanya serabut-serabut halus di dalam telur ketika dilakukan peneropongan | image 5

Baca juga : Panduan dalam Peneropongan Telur untuk Meningkatkan Prosentase Keberhasilan Proses Penetasan Menggunakan Mesin Penetas Telur

Hari ke-8 sampai ke-13

Lakukan pembalikan telur harian. Kontrol suhu (38 derajat C) dan tambahkan air jika jumlahnya berkurang.

Hari ke-14

Lakukan pembalikan telur harian. Lakukan peneropongan untuk memantau embrio yang hidup atau mati. Telur yang fertil membentuk gambaran yang mulai gelap dengan rongga udara yang jelas.

Hari ke-15 sampai ke-20

Lanjutkan pembalikan telur harian. Naikkan suhu sedikit menjadi 38,5-39°C dan tambahkan air jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

BACA JUGA:  Panduan dalam Peneropongan Telur untuk Meningkatkan Prosentase Keberhasilan Proses Penetasan Menggunakan Mesin Penetas Telur

Hari ke-21

Lanjutkan pembalikan telur harian. Lakukan peneropongan untuk memastikan embrio yang hidup atau mati. Kontrol suhu (38,5-39 derajat C) dan tambahkan air.

Ketika telur sudah menetas biarkan anakanbebek tetap di dalam mesin penetas sampai bulu tubuhnya menjadi kering, setelah kering baru dipindahkan ke dalam kandang boks dengan diberi lampu penghangat | image 4
Ketika telur sudah menetas biarkan anakanbebek tetap di dalam mesin penetas sampai bulu tubuhnya menjadi kering, setelah kering baru dipindahkan ke dalam kandang boks dengan diberi lampu penghangat | image 6

Hari ke-22 sampai ke-25

Teruskan pembalikan telur harian. Kontrol suhu (38,5-39 derajat C) dan tambahkan air jika perlu.

Hari ke-26 sampai ke-27

Hentikan pembalikan telur. Perhatikan kelembaban dan semprot jika diperlukan (dengan semburan yang paling halus). Biasanya ada telur yang mulai menetas di malam hari.

Hari ke-28

Biasnya pada hari ke-28 telur akan menetas. Keluarkan cangkang telur dari rak untuk memberi ruang lebih longgar. Biarkan bulu anak itik kering sebelum diambil dari mesin penetas. 

Demikianlah panduan ringkas tentang menggunakan mesin penetas telur bebek.

Baca juga : DAFTAR HARGA MESIN PENETAS TELUR SEMI OTOMATIS TERBARU

Jenis-jenis mesin penetas yang tersedia di jualayamhias.com | WA : 0856 4772 3888 | image 5
Jenis-jenis mesin penetas yang tersedia di jualayamhias.com | WA : 0856 4772 3888 | image 7

Layanan Pemesanan Bibit Bebek Pedaging dan Bebek Petelur

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit bebek pedaging dan bebek petelur berkualitas di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mengetahui informasi lengkap lainnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0896-0696-2052

WA cara penetasan telur bebek Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 cara penetasan telur bebek Cara Mudah Menetaskan Telur Bebek Mengunakan Mesin Penetas Otomatis
5/5 - (9 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!