Manfaat Daging Ayam Kalkun untuk Kesehatan Tubuh

Ayam Kalkun yang berasal dari negara Amerika dan Eropa ini memang dikenal sebagai santapan yang cukup populer di negara tersebut. Namun perlu kita ketahui daging ayam kalkun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa menjadi pilihan sebagai protein hewani.

Seperti yang dilansir dari Boldsky, Daging ayam kalkun merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit kanker karena mengandung antioksidan dalam dagingnya. Kaya protein dan asam amino yang dapat meningkatkan kerja sistem imun dan memenuhi kebutuhan protein harian.

Banyak masyarakat yang mulai mengembangkan usaha ternak ayam kalkun untuk dijadikan sebagai penghasil daging. Salah satu jenis ayam kalkun yang banyak dijadikan sebagai penghasil daging yakni ayam kalkun bronze dan ayam kalkun putih.

Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1
Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1

Apa Saja Manfaat Daging Kalkun ?

Ayam kalkun yang selama ini kita kenal sebagai ayam hias ternyata memiliki kandungan gizi serta vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Walaupun daging ayam kalkun tersebut tidak sepopuler seperti daging ayam broiler, ayam kampung, daging bebek, atau unggas yang lainnya, tetapi daging ayam kalkun cukup banyak dicari dan dimanfaatkan.

Berbagai macam olahan daging ayam kalkun pun sudah banyak menyebar di wilayah nusantara seperti kalkun panggang, dan aneka masakan khas lainnya.

Menurut beberapa informasi yang didapatkan bahwa kandungan zat gizi daging kalkun yang banyak, ternyata sejumlah vitamin dan mineral terkandung didalamnya juga. Seperti vitamin B3, B6,B12, selenium, kolin dan zinc.

Daging ayam kalkun ternyata mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Warna daging kalkun cenderung putih kemerahan seperti daging unggas pada umumnya | image 2Source: almadenahmarket.com
Daging ayam kalkun ternyata mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Warna daging kalkun cenderung putih kemerahan seperti daging unggas pada umumnya | image 2

Bagaimana cukup banyak bukan kandungan nutrisi, gizi maupun vitamin dalam daging kalkun ini ? Nah adapun untuk manfaat dari daging ayam kalkun jika dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan sebagai berikut ini :

  1. Dapat menurunkan berat badan
  2. Memelihara serta membentuk jaringan tubuh
  3. Sebagai pengganti daging merah
  4. Memberikan tambahan energi bagi tubuh
  5. Dapat menstabilkan mood
BACA JUGA:  Daftar Harga Jual Ayam Kalkun Terbaru Tahun Ini

Ayam kalkun juga kaya protein dan asam amino yang meningkatkan kinerja sistem imun dan memenuhi kebutuhan protein harian. Selain itu daging kalkun mengandung mineral selenium berguna bagi kesehatan fungsi kelenjar tiroid dan sistem imun, sumber vitamin yang baik terutama Vitamin B3 dan B6 yang dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh.

Kandungan lemak jenuhnya juga baik dikonsumsi dalam memenuhi kebutuhan harian, namun untuk konsumsi kulitnya sebaiknya agar tidak berlebihan

Dengan mengkonsumsi daging ayam kalkun merupakan salah satu cara yang baik dalam menjaga kesehatan organ hati, karena mengkonsumsi daging ini mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga : Daftar Harga Jual Ayam Kalkun Terbaru Tahun Ini

Salah satu olahan daging ayam kalkun yang banyak digemari oleh masayarakat | image 3
Salah satu olahan daging ayam kalkun yang banyak digemari oleh masayarakat | image 3

Daging kalkun juga baik dikonsumsi bagi penderita diabetes karena Glycemic Index yang rendah. GI berfungsi meregulasi tingkat insulin dalam darah. Daging Kalkun dalam memasaknya memang cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama.

Menurut beberapa Chef yang ahli di dunia kulinari. Proses marinate perlu di lakukan dalam memasak daging kalkun.

Proses ini dapat  dilakukan dengan cara merendam daging dengan bumbu rempah-rempah yang ditambah parutan kulit lemon dan sari buah lemon (Lemon Juice). Hal ini dilakukan agar bumbu tersebur dapat meresap ke dalam tekstur daging kalkun yang tebal.

Proses Pengolahan Daging Ayam Kalkun

Proses Marinate bertujuan untuk menghilangkan bau lengur dan sekaligus memberi rasa.  Namun jika tidak ada lemon bisa diganti dengan jeruk nipis dan pada bagian perut bisa ditambahkan sayur sebagai penambah aroma saat proses memasak.

Saat proses marinate bumbu dibalurkan sampai kedalam kulit tidak hanya dibagian luar saja. proses memasak daging kalkun yang utuh biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam, setelah daging dipotong untuk dibuat hidangan sesuai selera.

BACA JUGA:  6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Manfaat dari marinate daging ayam kalkun bertujuan untuk menghilangkan bau lengur pada daging ayam kalkun dan sekaligus memberi rasa yang lebih enak.

Lemon atau Jeruk Nipis mampu memberikan aroma serta rasa yang lezat untuk olahan daging ayam kalkun | image 4Source: jawapos.com
Lemon atau Jeruk Nipis mampu memberikan aroma serta rasa yang lezat untuk olahan daging ayam kalkun | image 4

Jika tidak ada lemon, bisa juga diganti dengan jeruk nipis. Kemudian pada bagian dalam perut juga bisa ditambahkan sayuran untuk menambah aroma ketika proses memasak.

Ketika proses marinate, usahakan bumbu dibalurkan hingga ke dalam kulit bukan hanya di bagian luarnya. Memasak ayam kalkun dalam keadaan utuh biasanya membutuhkan waktu sekitar 5-6 jam, baru kemudian dipotong untuk diproses sesuai keinginan.

Daging Kalkun di oven dengan waktu 4 jam dan suhu 200 derajat celcius. Jika hanya di goreng atau dipanggang saja dalam wajan daging kalkun akan lebih sulit matang karena daging yang jauh lebih tebal dari daging ayam biasa.

Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam kalkun, kami menyediakan berbagai jenis ayam kalkun cantik dengan harga terjangkau | image 5Source: hobiternak.com
Bagi Anda yang tertarik untuk ternak ayam kalkun, kami menyediakan berbagai jenis ayam kalkun cantik dengan harga terjangkau | image 5

Baca juga : Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Proses dalam memasak daging kalkun dalam wajan hanya ditujukan untuk menambah warna pada dagingnya. Selain tebal daging ayam ini juga lebih gurih.

Harga daging ayam kalkun biasanya tergantung pada bobot yang dihasilkan ayam kalkun tersebut. Semakin tinggi bobot ayam kalkun maka akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan.

Bagi anda yang ingin memelihara ayam kalkun baik untuk dibudidayakan maupun dikonsumsi kami menyediakan berbagai jenis ayam kalkun mulai dari usia anakan hingga usia dewasa siap produksi.

Kami siap mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk pemesanan, daftar harga kalkun, telur ayam kalkun dan informasi lengkaplainnya hubungi kami kapan saja di :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: