6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Ternak ayam kalkun daat dikatakan masih jarang kita jumpai disekitar kita. Sebagian besar masyarakat Indonesia terutama masyarakat pedesaan memilih menjadi peternak ayam kampung.

Namun seiring berjalannya waktu permintaan akan ayam kalkun dari tahun ketahun terus meningkat. Kini para peternak ayam sudah mulai tertarik untuk beternak ayam kalkun.

Ayam kalkun adalah hewan unggas yang memiliki fisik atau postur tubuh yang  besar. Rentang sayapnya bisa mencapai panjang 1,5-1,8 meter. Tentunya ciri khas ini mempermudah kita untuk mengenali ayam kalkun.

Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1
Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1

Di dunia ayam kalkun sendiri terdapat beberapa jenis kalkun diantaranya, ayam kalkun bronze, ayam kalkun royal palm, ayam kalkun self buff, ayam kalkun burbon red, ayam kalkun black spanish dan ayam kalkun putih dengan berbagai ciri khas dan karakternya masing-masing.

Untuk jenis ayam kalkun sendiri, ayam kalkun black spanish merupakan jenis ayam kalkun yang paling mahal. Dan Ayam kalkun bronze biasanya di pilih menjadi ayam kalkun untuk pedaging.

Dalam nilai jual pun harga kalkun konsumsi yang jenis kalkun bronze ini relatif stabil dari tahun ke tahun. Untuk memulai beternak ayam kalkun kita juga harus mengetahui cara-cara untuk beternak ayam kalkun yang baik dan benar.

Jangan sampai cara-cara yang kita lakukan salah, sehingga dapat merugikan kita sendiri dan juga hewan ternak kita.

Cara Ternak Ayam Kalkun yang Baik dan Benar

1. Pemilihan Bibit

Untuk menghasilkan indukan ayam kalkun yang berkualitas sudah seharusnya kita memilih bibit yang unggul. Usahakan memilih bibit yang sehat, postur tubuh yang tegap dan besar, tubuh yang sempurna tanpa adanya cacat dibagian tubuhnya.

Untuk mendapatkan bibit/ anakan ayam kalkun yang berkualitas peternak perlu memperhatikan kesehatan kalkun sebelum memelihara | image 2
Untuk mendapatkan bibit/ anakan ayam kalkun yang berkualitas peternak perlu memperhatikan kesehatan kalkun sebelum memelihara | image 2

Jangan sampai salah dalam memilih indukan ayam kalkun karena dikhawatirkan akan membawa gen cacat bawaan. Pemilihan bibit yang baik juga bisa dilihat dari warna kotoran indukan kalkun yang baik yakni berwarna putih atau hijau.

BACA JUGA:  Sepasang Ayam Kalkun Bronze di Belakang Kantor jualayamhias.com

2. Pemilihan Lokasi Kandang

Lokasi kandang sangat mempengaruhi tumbuh dan kembangbiaknya ayam kalkun. Alangkah baiknya sebelum memilih lokasi kandang kita mengetahui kenyamanan dan keamanannya.

Pilihlah lokasi kandang yang jauh dari gangguan manusia, gangguan binatang-binatang lainnya, maupun bencana-bencana alam yang mungkin terjadi seperti tanah longsor, banjir dan bencana-bencana lainnya yang bisa membahayakan kehidupan ayam kalkun.

Ayam Kalkun pada umumnya lebih suka diumbar di luar kandang dan pastikan bahwa kandang kalkun memiliki ukuran yang luas | image 3Source: pixabay.com
Ayam Kalkun pada umumnya lebih suka diumbar di luar kandang dan pastikan bahwa kandang kalkun memiliki ukuran yang luas | image 3

Pemilihan lokasi kandang yang baik adalah disekitar sumber air misalnya danau, sungai ataupun sawah. Hal ini bertujuan untuk mempermudah ayam kalkun mencari tambahan makanan.

Namun karena postur tubuhnya yang besar, ayam kalkun lebih memilih untuk diumbar daripada dikandangkan. Karena mereka akan bergerak lebih bebas jika diumbar. Tetapi pembuatan kandang juga berguna untuk berteduh dikala waktu hujan.

Pembuatan kandang juga disarankan menghadap ke timur agar pada saat pagi hari ayam kalkun mendapat sinar matahari pagi sehingga ayam kalkun akan lebih sehat.

4. Persiapan dan Pembuatan Kandang 

Kandang merupakan faktor utama dalam pemeliharaan ayam kalkun. Karena pembuatan kandang yang baik dan sesuai dengan kondisi ayam klkun akan membuat kesehatan ayam kalkun menjadi lebih terjamin.

Letak kandang yang baik sebaiknya membujur dari arah utara ke selatan, hal ini dikarenakan agar sinar matahari lebih leluasa masuk kedalam kandang.

Kandang Ayam Kalkun yang baik harus memiliki perindang di area kandang, agar ayam kalkun dapat merasa nyaman dan aman dari terik matahari | image 4Source: pixabay.com
Kandang Ayam Kalkun yang baik harus memiliki perindang di area kandang, agar ayam kalkun dapat merasa nyaman dan aman dari terik matahari | image 4

Kandang ayam kalkun berfungsi untuk memberikan kenyaman dan keberlangsungan hidup ternak. Mencegah ganguan serangan predator, mencegah strees pada ayam, memudahkan dalam memberikan pakan dan minum serta dapat memantau keadaan ayam yang sehat dan yang sedang sakit.

Buatlah kandang ayam dengan bangunan yang mudah dibersihkan. Buat ruangan yang luas agar kalkun dapat lebih leluasa dalam beraktifitas dan bermain.

5. Pembersihan Kandang

Kandang yang baik harus selalu dalam keadaan yang bersih dan baik. Pembersihan ini meliputi pembersihan kotoran ayam kalkun yang melekat pada alas dan dinding kandang serta pembersihan wadah pakan.

BACA JUGA:  Cara Mempersiapkan Pakan Ayam Kalkun Dewasa

Usahakan agar kandang ayam kalkun selalu terjaga kebersihannya, jika cuaca sedang dingin sebaiknya berikan penghangat menggunakan lampu. Ini berfungsi untuk menghindarkan ayam kalkun kedinginan yang akan menyebabkan sakit pada ayam kalkun.

3. Perawatan Ayam Kalkun

Ayam Kalkun jenis hewan yang mudah untuk dipelihara. Pakan yang diberikan juga mudah, mereka hanya membutuhkan dedak atau katul yang dicampur sayur-sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, dan sayur-sayuran hijau lainnya

Untuk anakan umur 0-1,5 bulan biasanya memerlukan suhu yang hangat dengan ukuran 30-45 derajat celcius. Saat ayam kalkun memasukui usia tersebut ayam kalkun membutuhkan pakan berupa BR-1 dengan ditambahkan campuran air panas dan sayuran seperti sawi ataupun sayuran hijau lainnya.

Agar ayam kalkun tetap dalam keadaan sehat, maka peternak perlu memperhatikan pemeliharaan kalkun dengan baik | image 5Source: pixabay.com
Agar ayam kalkun tetap dalam keadaan sehat, maka peternak perlu memperhatikan pemeliharaan kalkun dengan baik | image 5

Pada umur 1,5-6 bulan, ayam kalkun sudah memasuki usia remaja. Pada masa ini ayam sudah mulai dilepaskan dari kandang.Ketika ayam kalkun memasuki usia lebih dari 6 bulan, jenis kelamin antara jantan dan betina sudah mulai kelihatan sangat jelas.

Cara perawatan yang baik pada masa ini yaitu pisahkan antara ayam kalkun jantan dan betina jika di perlukan. Cara ini untuk menghindari adanya pertengkaran antar sesama jantan maupun betina.

Biasanya ketika ayam kalkun betina sudah siap kawin, ia akan tampak merunduk-runduk dan saat inilah kalkun betina sudah mulai mengawali masa reproduksinya. Pada usia 8 bulan bobot ayam kalkun bisa mencapai 5 kg lebih bila asupan gizinya bisa terpenuhi

6. Pakan Ayam Kalkun

Pakan yang baik adalah pakan yang banyak mengandung gizi yang tinggi. Kandungan gizi tinggi ini terdiri dari lemak, karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

Sayur Sawi menjadi salah satu makanan yang cocok sebagai makanan ayam kalkun | image 6Source: theguardian.com
Sayur Sawi menjadi salah satu makanan yang cocok sebagai makanan ayam kalkun | image 6

Pemberian pakan kalkun harus secara optimal, agar ayam kalkun dapat tumbuh dengan baik. Untuk anakan ayam kalkun sebaiknya diberikan pakan berupa voer. Dan untuk ayam kalkun dewasa dapat diberikan pakan berupa rasum dengan perbandingan sekitar 30%.

BACA JUGA:  Sepasang Ayam Kalkun Bronze Tetap Indah Walau di Lihat dari Belakang

Rasum Pakan Kalkun terdiri dari :

1. Daun Kelor
2. Kedebog Pisang
3. Sawi
4. Dedak
5. Ikan Kecil / Ikan Rucah
6. Keong

Cara pembuatan rasum tersebut sangatlah mudah, rajang sayuran dan bahan lainnya tersebut hingga halus lalu aduk rata tambahkan dedak secukupnya seuaikan dengan banyaknya ayam kalkun yang ada dan campurkan air secukupnya.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur.

Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anak ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Kami juga jual ayam kalkun usia dewasa. Lihat daftar harga ayam kalkun terbaru di website kami atau hubungi kami sekarang di :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

5/5 - (35 votes)

2 pemikiran pada “6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: