Apakah Daging Kalkun Bisa Dimakan ?

Keberadaan ayam kalkun di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi. Saat ini banyak masyarakat yang sudah mulai tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kalkun.

Peternak yang mengembangkan usaha ternak ayam kalkun ini biasanya mulai ternak dari indukan, karena dengan indukan tersebut akan menghasilkan anakan-anakan kalkun yang berkualitas. Tetapi tidak menutup kemungkinan budidaya kalkun dapat dimulai sejak usia anakan.

Ternak ayam kalkun menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi peternaknya. | image 1Source: pixabay.com
Ternak ayam kalkun menjadi salah satu kegiatan menyenangkan dan dapat mendatangkan keuntungan bagi peternaknya. | image 1

Ayam kalkun banyak diternak untuk dijadikan sebagai ayam hias dan ayam pedaging. Mengkonsumsi daging ayam kalkun dipercaya dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daging kalkun pun sangat banyak karena di dalam daging ayam kalkun mengandung berbagai gizi, nutrisi, vitamin dan protein yang baik untuk pertumbuhan.

Apakah Daging Kalkun Bisa Dimakan ?

Membahas pertanyaan ini, tidak sedikit loh masyarakat yang menanyakan tentang “apakah daging kalkun bisa dimakan ?”. Selin itu banyak juga yang menanyakan status kehalalan ayam kalkun dan aman tidaknya mengkonsumsi daging kalkun sebagai makanan.

Perlu diketahui bahwa daging ayam kalkun bisa dimakan, selain itu juga daging kalkun menurut islam halal dikonsumsi oleh masyarakat luas. Bahkan kandungan daging kalkun seperti gizi, nutrisi, vitamin dan protein yang ada di dalam daging ayam kalkun sangat banyak.

Daging ayam kalkun ternyata mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Warna daging kalkun cenderung putih kemerahan seperti daging unggas pada umumnya | image 2Source: almadenahmarket.com
Daging ayam kalkun ternyata mengandung gizi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Warna daging kalkun cenderung putih kemerahan seperti daging unggas pada umumnya | image 2

Untuk mendapatkan daging kalkun Anda bisa membelinya di supermarket terdekat atau di peternak-peternak ayam kalkun. Harga daging ayam kalkun hidup pun cukup terjangkau dan murah.

Harga daging ayam kalun per kg biasanya ditentukan dengan jumlah bobot dari ayam kalkun. Semakin berat bobot ayam kalkun maka akan semakin tinggi harga daging ayam kalkun.

Baca juga : Kalkun di Tahun 2022, Simak Daftar Harga Terbarunya !

Bagaimana Rasa Daging Ayam Kalkun ?

Secara sekilas bentuk ayam kalkun memang sama seperti ayam pedaging kampung maupun ayam pedaging negeri. Perbedaannya yakni terletak pada ukuran tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan ayam biasa.

BACA JUGA:  6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Jika dari segi rasa dan teksur untuk ayam kalkun ini memiliki rasa yang gurih. Tetapi jika diperhatikan dari kejauhan tekstur daging kalkun tampak lebih lembut dan juicy. Untuk teksur daging ayam kalkun berserat, terlihat kesat dan warna dagingnya putih

Daging ayam kalkun bisa dimakan dan diolah menjadi makanan lezat seperti dijadikan menu kalkun crispy, steak kalkun, kalkun barbeque, kalkun panggang, sup panggang dan masih banyak lagi santapan lezat lainnya.

Daging ayam kalkun terkenal dengan citarasa yang lezat dan disukai oleh masyarakat di seluruh dunia | image 3Source: Pinterest.com
Daging ayam kalkun terkenal dengan citarasa yang lezat dan disukai oleh masyarakat di seluruh dunia | image 3

Saat ini daging ayam kalkun banyak dijadikan makanan kuliner yang mengugah selera masyarakat. Seperti yang kita dapati ada beberapa restaurant yang menyediakan aneka macam olahan daging kalkun.

Bobot ayam kalkun mampu mencapai 5-8 kg/ ekornya jadi dapat diamati bahwa ukuran dagingnya lebih besar dan gemuk. Harga daging kalkun utuh biasanya tergantung dari bobot ayam kalkun tersebut. Semakin tinggi bobot ayam kalkun maka akan semakun tinggi pula harga ayam kalkun yang dijual.

Oleh karena kandungan nutisinya yang banyak ini tentu akan memberikan efek yang baik pada tubuh terutama pada peningkatan kesehatan. Manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi daging ayam kalkun ini diantaranya sebagai berikut ini :

Apa Saja Manfaat Daging Ayam Kalkun untuk Kesehatan ?

Walaupun daging ayam kalkun tidak sepopuler seperti daging ayam negeri, daging ayam kampung, atau jenis unggas lainnya tetapi kandungan gizinya pun tidak kalah banyaknya.

Menurut beberapa sumber dan informasi yang kami dapatkan bahwa kandungan gizi yang ada di dalam daging kalkun seperti mineral dan vitamin B3, B6, B12, kolin dan zinc.

Untuk manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi daging ayam kalkun secara rutin dan tidak berlebihan sebagai berikut ini :

  1. Dapat menurunkan berat badan menjadi ideal
  2. Memelihara dan membentuk jaringan tubuh
  3. Dapat menggantikan daging merah
  4. Menambah energi dalam tubuh
  5. Membuat mood menjadi lebih stabil
BACA JUGA:  Mengobati Penyakit Cacar Ayam Kalkun Dengan Cara Mudah

Baca juga : Manfaat Daging Ayam Kalkun untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu dari manfaat daging kalkun bagi kesehatan manusia yakni dapat menurunkan berat badan | image 4Source: health.kompas.com
Salah satu dari manfaat daging kalkun bagi kesehatan manusia yakni dapat menurunkan berat badan | image 4

Mengkonsumsi daging ayam kalkun secara rutin dan tidak berlebihan akan mendapatkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Nah bagaimana Anda pasti tertarik bukan untuk mengkonsumsi daging ayam kalkun ini ?

Bagi Anda yang tertarik untuk mengembangkan usaha ternak ayam kalkun pedaging atau hias bisa dimulai dari usia indukan ataupun anakan usia 1 bulan. Melihat prospek atau peluang ternak ayam kalkun yang bagus ini tentu akan membuat banyak masyarakat mulai tertarik dengan ayam kalkun.

Baca juga : 6 Hal Penting Ternak Ayam Kalkun yang Baik

Yuk kembangkan usaha ternak ayam kalkun mulai dari sekarang, kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam kalkun populer mulai dari usia anakan hingga indukan. Harga jual ayam kalkun pun cukup terjangkau dan murah.

Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 5Source: jualayamhias.com
Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 5

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai ayam kalkun ini silahkan dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: