Rahasia Sukses Mengatasi Kelumpuhan pada Ayam dengan Kapsul Ostelin

Beternak adalah kegiatan yang menyenangkan dan selain sebagai hobi, juga dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Ternak ayam saat ini sangat diminati, terutama ternak ayam hias dan ayam joper (ayam penghasil daging). Ayam joper dikenal sebagai ayam kampung super dengan masa panen singkat.

Masa panen ayam joper hanya berlangsung selama 60 hari dengan bobot antara 0,8 hingga 1,1 kg per ekor.

Penyebab ayam sakit ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa fakto diantaranya dengan menjaga kebersihan kandang serta lingkungannya | image 1
Penyebab ayam sakit ternyata dapat dipengaruhi oleh beberapa fakto diantaranya dengan menjaga kebersihan kandang serta lingkungannya | image 1

Dalam menjalankan bisnis beternak ayam, peternak memiliki kendala-kendala tertentu yang bisa membuat khawatir.

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh peternak adalah kematian ayam akibat terserang virus penyakit. Tidak hanya ayam, tetapi bebek juga dapat terkena penyakit serupa.

Kelumpuhan pada ayam bisa disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.

Kapsul Ostelin Obat Penyakit Lumpuh

Kapsul Ostelin, yang diproduksi oleh EKA FARMA, mengandung vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan ayam dan mencegah kelumpuhan.

Mengatasi kelumpuhan ayam anda bisa memberikan satu butir Kapsul Ostelin per hari sebagai tindakan preventif untuk mencegah kelumpuhan pada ayam. Jika ayam sudah mengalami kelumpuhan, Anda dapat memberikannya tiga kali sehari.

Kapsul Osteline dapat memberikan kesembuhan bagi ayam yang mengalami kelumpuhan | image 4
Kapsul Osteline dapat memberikan kesembuhan bagi ayam yang mengalami kelumpuhan | image 4

Kapsul Ostelin berguna dalam proses penyembuhan kaki ayam yang lumpuh. Sebagai peternak, penting untuk selalu menyediakan berbagai jenis obat dalam kandang sebagai langkah pencegahan.

Harga Kapsul Ostelin terjangkau, berkisar antara Rp. 4.000 – 10.000 per kemasan, dan dapat ditemukan di toko obat hewan terdekat di daerah Anda.

Apa saja penyebab kelumpuhan pada ternak Ayam & Bebek ?

1. Penyakit

Salah satu penyebab kelumpuhan pada kaki ayam atau bebek adalah penyakit, termasuk penyakit seperti Tetelo, yang juga dikenal sebagai ND.

Anda bisa mencegah penyakit Tetelo atau ND ini dengan memberikan vaksin. Vaksinasi dapat meningkatkan daya tahan tubuh ayam, membuatnya lebih kuat dan mampu melawan penyakit.

Namun, ada beberapa kasus di mana ayam dapat bertahan terhadap penyakit Tetelo, tetapi akan mengalami gejala kebingungan dan kemudian kelumpuhan seiring berjalannya waktu.

Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Ayam di Cuaca Buruk dengan Kapsul Trimezyn

2. Keseleo atau terkilir

Kaki keseleo atau terkilir biasaya disebabkan karena kaki ayam terjepit di antara bilah – bilah kau pada kandang. Gejala awal yang biasanya dialami ayam keseleo, yakni ayam menjadi pincang.

Setelah itu lama kelamaan ayam akan menjadi lumpuh. 

Contoh ayam yang sedang megalami kelumpuhan akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas di kandang | image 2
Contoh ayam yang sedang megalami kelumpuhan akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas di kandang | image 2

Untuk mengetahuinya peternak dapat meraba kaki ayam dari jari sampai pangkal paha. Biasanya di daerah kaki ayam yang keseleo akan terasa lebih panas di bandingkan dengan daerah lainnya. 

3. Luka

Ketika ayam terluka terutama pada bagian kaki, biasanya akan menyebabkan ayam menjadi lumpuh. Cara paling mudah untuk mengetahuinya yakni dengan mencari sumber luka pada anggota tubuh si ayam.

Luka pada bagian kaki ayam yang tidak segera diobati akan menyebabkan tumbuhnya bakteri atau virus. Sehingga luka tersebut akan semakin memperparah hingga ayam menjadi lumpuh.

Bubul atau mata ikan terbentuk karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit yang mengakibat penebalan | image 3
Bubul atau mata ikan terbentuk karena tekanan dan gesekan berulang pada kulit yang mengakibat penebalan | image 3

Luka yang menyebabakan ayam menjadi lumpuh biasanya adanya bubul di telapak kaki atau di bagian lutut si ayam. Sehingga bila ada luka sebaginya peternak segera memberikan penangan yang baik.

4. Kekurangan Vitamin

Faktor lain ayam terserang kelumpuhan yakni karena kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin ternyata dapat menyebabkan ayam menjadi lumpuh.

Untuk vitamin yang dapat Anda berikan untuk ternak ayam bisa menggunakan Vitachick.

Vitamin ini dapat memerikan pengaruh yang baik untuk pertumbuhan ayam, terutama untuk menjaga kekebalan ayam yang Anda ternakan. 

Baca juga : Cara Mempercepat Pertumbuhan Ternak Ayam dengan Serbuk Vita Chicks 

Lalu, bagaimana jika ayam sudah terlanjur terkena penyakit lumpuh dan tidak berdiri. Tenang saja bagi ayam yang sudah terlanjur sakit lumpuh tetap dapat disembuhkan dengan menggunakan obat, obat ini bernama kapsul ostelin. 

Penyebab Kelumpuhan pada Ayam & Bebek | image 5
Penyebab Kelumpuhan pada Ayam & Bebek | image 5

Layanan Pemesanan Bibit/ DOC Ayam, DOD Bebek atau Ayam Hias

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di sana, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan bibit ayam, bebek atau ayam hias berkualitas di tempat kami kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi nomor dibawah ini untuk pemesanan dan juga konsultasi : 

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA kapsul ostelin jualayamhias.com Koleksi Ayam Hias Terlengkap kapsul ostelin Rahasia Sukses Mengatasi Kelumpuhan pada Ayam dengan Kapsul Ostelin
4.8/5 - (27 votes)

Satu pemikiran pada “Rahasia Sukses Mengatasi Kelumpuhan pada Ayam dengan Kapsul Ostelin”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!