Ayam Mutiara

4 Faktor Kegagalan Ternak Ayam Mutiara yang Harus Diketahui

Written by

Ayam Mutiara atau disebut sebagai Guinea Fowl merupakan jenis unggas yang berasal dari Benua Afrika. Biasanya keberadaan ayam mutiara ini dapat dengan mudah ditemukan pada savana dan semak belukar.

Meskipun tidak bisa terbang tinggi, ayam mutiara ini senang bertengger di ranting pohon.

Kemampuan ayam mutiara dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya membuat persebarannya semakin cepat dan luas. Wilayah persebarannya bahkan sudah mencapai Asia, Amerika dan Eropa.

Keunikan yang dimiliki ayam mutiara yakni pada bulunya yang memiliki totol totol seperti mutiara berwarna putih | image 2
Keunikan yang dimiliki ayam mutiara yakni pada bulunya yang memiliki totol totol seperti mutiara berwarna putih | image 2

Ayam mutiara memiliki sifat kurang terampil dalam mengerami telurnya. Sehingga peternak perlu menyiapkan mesin tetas telur atau indukan ayam yang sedang mengeram untuk dititipkan.

Ternak ayam mutiara merupakan kegiatan yang mengasikan dan menguntungkan bagi peternaknya. Namun disamping itu peternak perlu memperhatikan perawatan serta kesehatan ayam mutiara.

Hal ini dikarenakan tidak sedikit peternak yang mengeluhkan tentang kegagalan ternak ayam mutiara. Apa saja yaa faktor kegagalan ternak ayam mutiara ?

Kegagalan Ternak Ayam Mutiara

Ada 4 faktor yang sering menjadi penyebab kegagalan dalam beternak ayam mutiara, diantaranya :

1. Ayam Mutiara diletakan di kandang baterai

Mungkin di Anda pernah melihat saat ayam mematuk batu atau tembok. Sebenarnya ayam tersebut memakan mikro material dan material tersebut merupakan komponen pembentuk telur bagi ayam mutiara.

Dalam beternak ayam mutiara usahakan agar tidak mengandangkannya dalam kandang baterai | image 2
Dalam beternak ayam mutiara usahakan agar tidak mengandangkannya dalam kandang baterai | image 2

Saat ayam mutiara hidup di dalam kandang panggung atau kandang baterai tentu akan membatasi gerak ayam mutiara untuk menemukan mikro material yang mereka perlukan.

Solusinya memang perlunya melepas ayam mutiara tersebut sehingga ayam mutiara bisa menggunakan nalurinya untuk menceker-ceker tanah dan menemukan makanannya. Secara naluriah, ayam mutiara lebih senang jika diumbar.

BACA JUGA:  Ayam Mutiara yang Eksotis

Baca juga : 6 Langkah Mudah Persiapan Kandang Ayam Mutiara

2. Salah memperkirakan jenis kelamin ayam mutiara

Perlu di ketahui ayam mutiara betina tetap akan bisa bertelur tanpa adanya ayam mutiara jantan. Namun hal ini akan menghasilkan telur yang tidak vertil sehingga saat di erami atau di tetaskan dengan mesin penetas telur yang tidak vertil tersebut akan gagal untuk di tetaskan.

Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina | image 3
Perbedaan ayam mutiara jantan dan betina | image 3

Ayam mutiara jantan mempunyai ciri-ciri pial yang lebih besar dibandingkan betina, postur tubuhnya lebih besar, bagian atas hidung terlihat lebih menonjol, tanduk bagian atas tegak, berisi, lebih gelap dan tumpul, pial bawah berwarna merah terang dan lebar.

Sementara untuk betina bersifat sebaliknya. Salahnya menentukan jenis kelamin ayam mutiara akan menjadi penyebab kegagalan dalam pengembangbiakanya.

3. Kesalahan dalam teknik penetasan

Ketepatan suhu serta pengukuran kelembapan yang tepat kadang terlewati bagi yang mengalami kegalalan dalam menetaskan telur ayam mutiara.

Ayam mutiara memiliki sifat mengeram yang rendah sehingga perlu adanya bantuan peternak untuk menetaskan telurnya menggunakan mesin penetas | image 4
Ayam mutiara memiliki sifat mengeram yang rendah sehingga perlu adanya bantuan peternak untuk menetaskan telurnya menggunakan mesin penetas | image 4

Untuk itu di perlukan kemampuan dalam menentukan suhu yang tepat. Di tempat kami menggunakan suhu 38 derajat selcius namun hal ini sebenarnya tidak bisa menjadi patokan di tempat lain juga bisa menggunakan suhu tersebut.

Eksperimen memang di perlukan dalam mempejari teknik penetasan telur ayam mutiara.

Baca juga : 7 Cara Mudah Merawat Ayam Mutiara | Simak Penjelasannya

4. Usia ayam mutiara masih muda

Faktor usia bisa menjadi tantangan, bukan hanya pada ayam mutiara. Ayam betina yang masih muda kadang mengalami kesulitan saat pertama kali bertelur dan mencoba mengerami telurnya.

Dalam situasi ini, kesabaran peternak sangat diperlukan. Ketika usia menjadi penyebab kegagalan penetasan, ini menjadi ujian bagi peternak.

Ketika akan mengembangbiakan ayam mutiara usahakan agar memilih usia indukan 8 bulan keatas agar produktivitasnya jadi meningkat | image 5
Ketika akan mengembangbiakan ayam mutiara usahakan agar memilih usia indukan 8 bulan keatas agar produktivitasnya jadi meningkat | image 5

Solusinya sebenarnya cukup sederhana. Jika kandang ayam mutiara memiliki campuran jantan dan betina, tunggulah musim bertelur berikutnya dan coba lagi dengan menggunakan mesin penetas.

BACA JUGA:  Cara Menangkap Ayam Mutiara yang Lepas dari Kandang

Ayam mutiara mulai memasuki masa produktifnya sekitar usia 8 bulan, dan dalam satu kandang, idealnya terdapat satu jantan untuk delapan betina.

Demikianah 4 hal yang sering menjadi faktor kegagalan dalam membudidayakan ayam Mutiara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai atau sedang mencoba membudidayakan ayam mutiara ini.

Baca juga : Jual Ayam Mutiara dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Layanan Pemesanan Ayam Mutiara

Untuk kenyamanan Anda, kami telah menyederhanakan proses pemesanan. Sekarang, pesan lebih mudah dan cepat melalui WhatsApp (WA) di nomor 0896-0696-2052.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa temukan produk kami di platform marketplace terkemuka seperti Tokopedia dan Shopee dengan nama Hobiternak Store.

Di akun tersebut, Anda dapat memilih produk impian Anda dengan cepat dan melakukan pembayaran dengan metode yang Anda sukai.

Jadi, jangan ragu lagi! Segera pesan ayam mutiara pilihan Anda atau ayam hias berkualitas lainnya di tempat kami dan mulai usaha beternak Anda.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan dan layanan konsultasi :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0896-0696-2052

CS 3

0812-4648-2525

WA kegagalan ternak ayam mutiara Jual Ayam Hias BERKUALITAS DAN TERPERCAYA SEJAK 1999 kegagalan ternak ayam mutiara 4 Faktor Kegagalan Ternak Ayam Mutiara yang Harus Diketahui
5/5 - (21 votes)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!