9 Cara Agar Ayam Anda Aman dari Serangan Hewan Pemangsa

Hewan pemangsa ayam merupakan malapetaka yang bisa menimpa ayam kita bila tidak diantisipasi dengan baik. Seperti musang, ular, dan tikus merupakan contoh pemangsa yang bisa memakan ayam ataupun telurnya.

Sebagai penghobi atau peternak ayam Anda harus tahu cara memeliharanya sekaligus menjaganya tetap sehat, aman, dan terhindar dari predator atau pemangsa.

Anda mungkin harus mengeluarkan biaya tambahan dan memberi waktu lebih untuk memperhatikan hal ini, tetapi hasilnya  ayam Anda akan lebih sehat dan bahagia, jauh dari mata pemangsa mana pun.

Ayam yang diumbar biasanya rawan akan seragan hewan pemangsa ayam, tetapi tidak menutup kemungkinan ayam yang diplihara di dalam kandang ayam juga. Maka dari itu perlu adanya langsah antisipasi dari peternak | image 1Source: hobiternak.com
Ayam yang diumbar biasanya rawan akan seragan hewan pemangsa ayam, tetapi tidak menutup kemungkinan ayam yang diplihara di dalam kandang ayam juga. Maka dari itu perlu adanya langsah antisipasi dari peternak | image 1

Jenis-jenis Hewan Pemangsa Ayam

Sebelum kita lanjutkan apakah ada sudah tahu predator atau hewan pemangsa ayam itu? Bagi Anda yang belum mengetahui nya bisa jadi Anda akan kaget saat membacanya. Berikut daftar predator yang paling umum :

  • Burung Elang atau Alap-Alap
  • Burung hantu
  • Musang
  • Ular
  • Tikus

Beberapa hewan yang disebutkan di atas bisa sangat ganas menunggu kesempatan untuk menyerang. Berikut 9 cara yang bisa Anda lakukan agar ayam Anda terhindar dari pemangsa :

Cara Agar Ayam Terhindari dari Serangan Hewan Pemangsa

1. Kubur Kawat Pagar

Jika Anda menggunakan pagar dengan jenis kawat, sebaiknya kawat tersebut di kubur dengan kedalam sekitar 15 cm.

Salah satu bentuk kandang yang kami rekomendasikan untuk ternak ayam Anda. Anda bisa menanam kawat kandang sedalam 15 cm atau disemen | image 2
Salah satu bentuk kandang yang kami rekomendasikan untuk ternak ayam Anda. Anda bisa menanam kawat kandang sedalam 15 cm atau disemen | image 2

Beberapa hewan pemangsa seperti garangan atau musang misalnya, musang pemakan ayam mampu membuat lobang di tanah. Dan keahlian ini lah yang bisa garangan gunakan untuk menembus kandang ayam dan memangsanya.

Adapun untuk cara membasmi garanangan ini sebagai tambahan pelindung pagar atau pembatas di dalam kandang peternak pun dapat menggunakan jaring paranet.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengobati Penyakit Ayam Serta Mengenal Ciri Ciri Penyakit Ayam

2. Kunci Kandang di waktu yang di Perlukan


Anda bisa juga menggunakan pintu berlapis agar ayam Anda lebih aman. Memang terlihat berlebihan, namun jika koleksi ayam Anda bernilai jutaan atau puluhan juta tentu saja hal ini sangatlah wajar.

Pintu berlapis ini juga jangan lupa untuk memasang kunci sehingga Anda bisa menguncinya saat Anda meninggalkan kandang. 

Salah satu cara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan Anda dapat mengunci kandang | image 3Source: pixabay.com
Salah satu cara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan Anda dapat mengunci kandang | image 3

Malam hari tentunya waktu wajib bagi Anda untuk mengunci pintu kandang agar tidak membuka peluang munculnya hal yang tidak diinginkan. 

Bukan tidak mungkin manusia pencuri juga termasuk pemangsa dalam hal ini. Dan bila kandang tidak di kunci akan memudahkannya menguras isi kandang.

3. Waspadai Ular

Jika Anda pernah melihat ular berada di dalam kandang maupun di area kandang Anda maka Anda sudah harus lebih waspada.

Karena area kandang tersebut kemungkinan berada cukup dekat dengan ekosistem ular yang kapan saja bisa memangsa ayam baik yang kecil maupun besar.

Ular menjadi salah satu predator mematikan bagi peternakan ayam | image 4
Ular menjadi salah satu predator mematikan bagi peternakan ayam | image 4

Ular Oligodon merupakan salah satu jenis ular yang sangat doyan  dengan telur ayam. Ular Oligodon ini memiliki gigi yang sangat tajam untuk memecah telur dan kemudian memakan isinya.

4. Kumpulkan Telur Ayam setiap hari

Dengan mengumpulkan telur ayam setiap hari maka potensi ular atau tikus untuk memakan nya akan kecil. Selain itu bila telur ayam kita biarkan menumpuk maka bau dari telur segar bisa tercium pemangsa telur dari jarak yang cukup jauh.

Nah, disini akan terasa manfaatnya jika Anda menggunakan mesin penetas. Karena telur ayam kalau di ambil setiap hari akan ada potensi ayam akan stres dan tidak mau mengeram.

Alangkah baiknya jika ayam sudah bertelur untuk segera memisahkan telur ayam agar tidak menjadi mangsa bagi predator lain | image 5
Alangkah baiknya jika ayam sudah bertelur untuk segera memisahkan telur ayam agar tidak menjadi mangsa bagi predator lain | image 5

Silahkan WA di 08564 77 23 888 untuk mendapatkan mesin penetas berkualitas. Kami menyediakan mesin dari kapasitas kecil sampai besar.

5. Pasang CCTV

Pemasangan CCTV akan sangat efektif untuk mengevaluasi keamanan kandang kita. Jadi kita akan mudah mengetahui saat hal-hal yang tidak diinginkan muncul.

Sekarang CCTV semakin cangging, misalkan Anda tidak berada di rumah Anda tetap bisa memantau kandang Anda dengan bantuan jaringan internet.

BACA JUGA:  Cara Sukes dalam Penetasan Telur di Awal Waktu Proses Penetasan Telur

Saat membeli CCTV Anda bisa memilih yang memiliki  fasilitas sensor gerak sehingga saat muncul keanehan di kandang Anda bisa ambil tindakan dengan lebih cepat.

Usahakan jika ada makanan sisa di dalam wadah pakan, peternak dapat langsung membersihkannya. Hal ini dilakukan agar tidak mengundang kawanan tikus | image 6
Usahakan jika ada makanan sisa di dalam wadah pakan, peternak dapat langsung membersihkannya. Hal ini dilakukan agar tidak mengundang kawanan tikus | image 6

6. Singkirkan Makanan Sisa untuk Menghindari Tikus

Di sore hari saat Anda melihat makanan sisa sebaiknya dibuang atau disingkirkan. Karena makanan sisa ini berpotensi mengundang datang nya tikus yang akan memakan nya.

Nah, saat tikus sudah masuk ke area kandang maka akan berpeluang memakan telur ayam bahkan tikus juga disebut sebagai hewan pemakan anak ayam juga. Tikus ini biasa disebut sebagai si hewan pemakan ayam di malam hari, karena memang jarang terlihat jika di siang hari.

Cara agar kandang ayam bebas tikus yakni bisa mempertebal kandang dengan tambahan kawat dan membersihkan sisa makanan ayam.

Baca juga : 4 Jenis Makanan Ayam Pelung Agar Berkokok Panjang

7. Bersihkan Kandang

Pembersihan kandang ayam ini maksudnya lebih kepada menghilangkan barang-barang  yang bisa menjadi tempat atau sarang pemangsa seperti ular. 

Potong rumput yang tinggi, tata dan rapikan tumpukan kayu akan membuat ular akan menghindar.

Model kandang yang baik sebaiknya diberikan atap diatasnya agar ayam dapat terhindar dari panah, hujan dan serangan predator | image 7
Model kandang yang baik sebaiknya diberikan atap diatasnya agar ayam dapat terhindar dari panah, hujan dan serangan predator | image 7

8. Tutup Bagian Atas dari Kandang atau Area Umbaran

Penutupan bisa dilakukan dengan memberi jaring kawat. Anda bisa juga menggunakan jaring kandang ayam yang harga nya lebih hemat karena terbuat dari serat nilon.

Penutupan ini tentu saja akan menghalangi elang atau kalau di kampung disebut juga burung Alap-Alap yang akan memangsa ayam yang berukuran kecil.

Memang populasi burung Alap-Alap sudah semakin sedikit namun jangan disepelekan begitu saja misal datang di kandang ayam kita.

Penutup atas ini juga berfungsi agar ular akan sulit untuk masuk ke area kandang. Ular cukup lincah masuk ke kandang dari arah mana saja dan penutupan yang rapat akan memperkecil celah ular untuk memangsa ayam kita.

9. Menutup Celah Lubang Akses Masuk Pemangsa

Garangan si pemangsa ayam cukup lihai untuk masuk melewati celah-celah sempit. Dengan menutup celah yang bisa menjadi akses garangan masuk merupakan antisipasi yang cukup efektif.

BACA JUGA:  Ayam Anda Cacingan?, Obati dengan Cara Ini! Manjur

Di video berikut Anda akan semakin faham bagaimana garangan dalam memangsa ayam.

Untuk penerapan dari 9 cara di atas tentunya disesuaikan dengan anggaran dan nilai ayam. Misalkan ayam Anda merupakan ayam kelas mahal seperti ayam pheasant, ayam brahma, ayam onagadori dan jenis ayam lain yang masuk kategori ayam mahal tentu saja biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan kemanfaatan yang bisa Anda dapatkan.

Semoga sukses ternak ayam nya. Dan silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam hias idaman.

Bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan ayam hias dan mengembangkannya kami dari julayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam hias lokal dan import mulai dari usia anakan hingga indukan.

Kami dapat mengirimkan ayam hias tersebut hingga keseluruh wilayah Indonesia yang terjangkau dengan kargo hewan dengan harga terjangkau dan juga aman.

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai daftar harga terbaru, cara pemesaan, cara pembayaran dan konsultasi GRATIS seputar ternak ayam dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

musang pemakan ayam, cara membasmi garangan, hewan pemakan ayam di malam hari, kandang ayam bebas tikus, hewan pemakan anak ayam, tikus mamalia atau bukan, tikus termasuk hewan, apakah tikus makan ayam, tikus reptil, musang makan ayam

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: