Apakah Ayam Kalkun Halal atau Haram ? & Bagaimana Rasa Daging Kalkun ?

Keberadaan ayam kalkun di Negara Indonesia sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Bahkan saat ini sudah banyak masyarakat yang memelihara dan mengembangkan usaha ternak ayam kalkun.

Masyarakat yang mengembangkan usaha ternak ayam kalkun ini kebanyakan menjadikannya sebagai kalkun hias dan kalkun pedaging. Jenis-jenis kalkun hias pun cukup banyak dan terdiri dari warna bulu yang berbeda-beda nan cantik.

Beternak kalkun menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan bagi peternaknya | image 1
Beternak kalkun menjadi salah satu peluang bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan bagi peternaknya | image 1

Selain diunggulkan karena warna kalkun yang banyak ternyata ayam kalkun ini diunggulkan karena produksi dagingnya. Daging kalkun banyak dimanfaatkan masyarakat untuk dikonsumsi sebagai masakan yang lezat.

Tetapi perlu Anda tahu apakah benar daging ayam kalkun ini aman di konsumsi ? Dan apakah daging ayam kalkun ini halal atau malah haram ?

Sebelum Anda benar-benar ingin mencicipi atau mengkonsumsi daging ayam kalkun, ada baiknya jika mengetahui terlebih dahulu kehalalan dan keamanan daging kalkun untuk dikonsumsi. Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mari kita simak bersama..

Baca juga : Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Benarkah Daging Kalkun Halal ?

Jika kita melihat ayam kalkun secara langsung pasti yang tergambar dipikiran yakni ukuran ayam kalkun yang besar dan bogsor. Bobot yang dihasilkan dari ayam kalkun tersebut rata-rata 3-7 kg/ ekornya. Tentu bobot yang cukup besar bukan ?

Tetapi pernahkan terlintas dipikiran Anda bahwa daging ayam kalkun ini apakah berstatus halal atau haram jika dikonsumsi ? Yuk kita bahas

Didalam agama islam daging ayam kalkun halal untuk dikonsumsi dan aman. Islam mengajarkan kita untuk selalu memperhatikan kebersihan dan kesehatan umatnya. Sehingga untuk mengetahui halal haramnya makanan yang akan dikonsumsi pun juga menjadi kajian.

Daging ayam kalkun ternyata dapat dikonsumsi dengan aman dan tentunya halal | image 2Source: kids.grid.id
Daging ayam kalkun ternyata dapat dikonsumsi dengan aman dan tentunya halal | image 2

Ada beberapa kategori tentang macam-macam hewan yang halal untuk dijadikan makanan. Hal ini pun tertuang dalam firman Allah pada Al -quran surat Al-Maidah ayat 3, artinya sebagai berikut:

Surat Al-Maidah Ayat 3

“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala.“

Kandungan dalam ayat tersebut pun menjelaskan tentang makanan-manakan yang diharamkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala karena berbahaya apabila dikonsumsi oleh tubuh manusia.

BACA JUGA:  Jenis-jenis Ayam Mutiara yang Paling Populer dan Banyak Dicari Kolektor

Selain ada makanan yang halal dan tidak diperbolehkan dikonsumsi ada pula hewan yang dihalalkan oleh agama islam. Dalam artian jenis hewan tersebut aman dan menyehatkan untuk diolah oleh tubuh manusia.

Adapun contoh hewan yang halal dikonsumsi oleh manusia diantaranya seperti sapi, kerbau, kambing, ayam pedaging/ petelur, unta, bebek dan lain sebagainya.

Bagaimana Rasa Daging Kalkun ?

Aneka kulineran berbahan dasar daging ayam kalkun kini cukup banyak bisa di dapati di berbagai wilayah di Indonesia. Daging ayam kalkun ini pun cukup mudah ditemukan di berbagai restoran-restoran berbintang tentunya. Walaupun begitu di beberapa tempat warung kaki lima atau warung makan biasa pun juga menyediakan menu makanan dengan bahan ayam kalkun ini.

Biasanya daging ayam kalkun dimasak dengan cara dipangang, hal ini dikarenakan memangang daging ayam kalkun dapat membuat rasa lebih enak serta bumbu lebih merasuk ke dalam.

Daging ayam kalkun halal cocok dimasak dengan cara dipanggang untuk acara keluarga atau pesat | image 3
Daging ayam kalkun halal cocok dimasak dengan cara dipanggang untuk acara keluarga atau pesat | image 3

Daging kalkun terkenal akan citarasa dan kelezatan yang menggugah selera makan. Rasa daging kalkun yakni gurih dan juicy saat dimakan.

Jika dilihat tekstur daging ayam kalkun cenderung berserat, warna kulit yang kesat dan warna daging kalkun putih.

Bagimana tentu Anda tertarik bukan untuk mencicipi daging ayam kalkun yang lezat ini ? Pasti iyaa kan. Perlu diketahui bahwa manfaat daging kalkun sangat baik bagi tubuh manusia.

Berbagai macam vitamin, nutrisi, dan gizi pun juga banyak terkandung di dalam daging ayam kalkun. Harga daging ayam kalkun biasanya berdasarkan bobot, semakin tinggi bobot kalkun maka harga yang ditawarkannya pun akan semakin tinggi.

Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 4Source: jualayamhias.com
Berikut merupakan jenis-jenis ayam kalkun yang tersedia di jualayamhias.com, pemesanan bisa langsung WA ke 0856-4472-3888 | image 4

Bagi Anda yang tertarik membudidayakan ayam kalkun untuk diambil daging atau dijadikan sebagai hewan hias. Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam kalkun mulai dari usia indukan hingga anakan usia 1 bulan.

BACA JUGA:  Pengiriman Ayam Hias Pak Firman dari Cirebon

Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga, cara pemesanan, cara pengiriman dan konsultasi GRATIS! lainnya dapat langsung menghubungi layanan pelanggan kami berikut ini :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Kata terkait :
harga ayam kalkun
ayam kalkun
harga daging kalkun
manfaat daging kalkun
daging kalkun menurut islam
warna daging kalkun
harga daging kalkun utuh

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: