Mengobati Penyakit Cacar Ayam Kalkun Dengan Cara Mudah

Ayam Kalkun merupakan jenis ayam yang berpeluang besar untuk di ternakan. Karena keindahan bulunya ayam kalkun bisa kita kategorikan dalam jenis ayam hias. Namun Anda sebagai penghobi terkadang menemui kendala saat merawatnya. 

Seperti saat ayam kalkun terkena penyakit, peternak pun dituntut harus bisa mememberikan perawatan yang baik ketika ayam sakit. Penyakit yang menyerang ayam kalkun ini biasanya disebabkan oleh virus & bateri. 

Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1
Ayam Kalkun saat ini banyak diternakkan untuk hiasan maupun sebagai penghasil daging | image 1

Adapun untuk jenis penyakit-penyakit ayam kalkun yang sering menyerang diantaranya adalah : 

1. Penyakit Tungau atau Kutu Kalkun
2. Penyakit Cacar
3. Lumpuh Kalkun
4. Hidung Berlendir atau Infectious Bronchitis
5. Penyakit Kolera
6. Flu Burung atau AI

Pada artikel ini kami akan membahas seputar penyakit cacar ayam kalkun, karena penyakit cacar ayam ini bersifat menular. Walaupun hanya menular pada sesama jenis unggas tetapi tentu hal tersebut sangat membahayakan kesehatan kalkun atau unggas yang lainnya. 

Baca juga : Jenis-jenis Penyakit Ayam Kalkun dan Cara Menanggulanginya

Agar tidak terkena penyakit usahakan ayam kalkun mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bervitamin | image 2
Agar tidak terkena penyakit usahakan ayam kalkun mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bervitamin | image 2

Mengenal Penyakit Cacar Ayam Kalkun 

Pada umumnya ayam kalkun yang terserang penyakit cacar ini akan menunjukan gejala-gejala tidak sehat seperti ayam menjadi lesu, nafsu makan berkurang, suhu tubuh menjadi tinggi dan kotoran ayam menjadi encer.

Kebanyakan untuk penyakit cacar yang menyerang ayam kalkun yakni cacar kering tapi tidak menutup kemungkinan juga muncul penyakit cacar basah. Untuk perbedaana antara cacar kering dan basah adalah sebagai berikut ini :

1. Cacar Kering

Tipe cacar kering ini biasanya menyerang bagian kulit ayam kalkun yang tidak berbulu seperti daerah sekitar mata, pangkal paruh, sekitar kloaka, cakar dan kaki. Pada bagian-bagian tersebut biasanya akan muncul benjolan seperti bentuk kutil.

BACA JUGA:  Berapa Lama Penetasan Telur Kalkun ?

Ciri-ciri ayam kalkun atau unggas yang terkena penyakit cacar kering ditandai dengan ayam kalkun dan unggas lainnya menjadi lemas, badan kurus akibat tidak nasfu makan.

Bila kutil tersebut muncul pada bagian paruh, ayam kalkun akan kesulitan mengambil makanan. Lebih parahnya lagi jika cacar tersebut tumbuh di tenggorokan akan mengakibatkan susah bernafas.

Cacar atau Bentol Merah menjadi salah satu penyakit ayam kalkun yang cukup sering menyerang | image 3Source: hobiternak.com
Cacar atau Bentol Merah menjadi salah satu penyakit ayam kalkun yang cukup sering menyerang | image 3

2. Cacar Basah

Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit cacar kering pada ayam kalkun juga berbahaya eferknya jika sudah terjangkit. Begitu pula dengan cacar basah ini tentu akibatnya akan semakin berbahaya.

Apabila penyakit cacar basah ini tidak segera mendapatkan penanganan akan mengakibatkan kematian. Adapaun untuk gejala-gejala jika ayam kalkun terkena penyakit cacar ayam ini seperti adanya selaput lendir pada mulut, tenggorokan, trakhea dan paru-paru.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi ayam kalkun atau unggas lainnya pastikan bahwa peternak selalu memperhatikan kesehatan ayam dengan baik. Seperti memperhatikan kebersihan kandang, pemberian pakan yang berkualitas, vitamin dan pengendalian penyakit.

Pengobatan Penyakit Cacar Ayam Kalkun

Bila kita sebagai peternak menemukan hal seperti ini pada ayam kalkun kita langkah pertama yang harus segera di lakukan adalah dengan segera mengisolasi ayam kalkun yang sakit tadi. Proses mengisolasi ayam kalkun yang sakit akan mengurangi penyebaran penyakit.

Sudah kita ketahui bersama penyakit cacar pada ternak ayam kalkun dapat menular melawati makanan, minuman atau bersentuhan antar ayam kalkun.

Untuk obat nya yang dari pabrik Anda bisa menggunakan produk dari Medion dengan nama obat CIL. Obat ini bisa di dapatkan dengan mudah di toko pakan ternak, poultry shoup maupun toko pakan burung. Tetapi untuk beberapa daerah memang kadang kesulitan mencari produk obat ini.

BACA JUGA:  Mengenal Asal Usul Ayam Kalkun Hitam atau Kalkun Black Spanish Si Ayam Eksotis

Baca juga : Ketahui 8 Hal Ini Sebelum Beternak Ayam Kalkun

Berikut merupakan obat CIL yang direkomendasikan untuk mengobati penyakit cacar ayam | image 4Source: medionfarma.co.id
Berikut merupakan obat CIL yang direkomendasikan untuk mengobati penyakit cacar ayam | image 4

Untuk cara pemakain obat dari PT Medion ini cukup mudah, yakni dengan cara di oleskan di bagian ayam kalkun yang sakit tadi.

Selain menggunkan obat dari pabrikan yang relatih lebih mudah ada solusi lain untuk mengobati penyakit cacar air pada ayam kalkun. Cukup dengan menyiapakan minyak tanah dan oleskan secukupnya sebanyak 2-3 kali sehari. Dan lakukan hal ini teratur hingga luka cacar air tadi kering dan menghilang.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan ternak ayam kalkun kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai jenis ayam kalkun hias siap diternakkan mulai dari usia 1 bulan hingga indukan siap produksi. Harga ayam kalkun dijualayamhias.com relaitf terjangkau dan murah.

Baca juga : Kalkun di Tahun 2022, Simak Daftar Harga Terbarunya !

Silahkan hubungi layanan pelanggan kami berikut ini untuk mendapatkkan informasi lebih lengkapnya :

WHATSAPP/TELP/SMS

CS 1

0856-4772-3888

CS 2

0812-4648-2525

CS 3

0813-6330-7506

Rate this post

2 pemikiran pada “Mengobati Penyakit Cacar Ayam Kalkun Dengan Cara Mudah”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp WA kami sekarang..!
%d blogger menyukai ini: